9 Manfaat Mengkonsumsi Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh

15.29
Habbatussauda

Habbatussauda atau Nigella sativa (jintan hitam) merupakan tumbuhan yang bijinya telah sering dikonsumsi. Karena diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Umat muslim menganggap jintan hitam merupakan hal yang spesial sebab terdapat hadits yang menyebutnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Nah, berikut adalah 9 manfaat mengkonsumsi habbatussauda untuk kesehatan.

1. Membantu Pencernaan

Kandungan minyak atsiri yang ada di habbatussauda mampu memperbaiki gangguan pada sistem pencernaan. Maka tidak heran apabila ekstrak jintan hitam kerap digunakan saat sakit perut. Tujuannya guna mengurangi gas yang ada dalam perut sekaligus meredakan rasa kembung.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan analisa dari 17 studi yang telah dipublikasi dalam jurnal Pharmacological Research tahun 2016. Diketahui bahwa habbatussauda mampu membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam darah. Menariknya peneliti menemukan jika minyak jintan hitam lebih memiliki efek yang kuat. Khususnya untuk menurunkan kolesterol daripada jintan hitam bubuk.

3. Membantu Melawan Bakteri Jahat

Jintan hitam pun pernah diteliti untuk mengatasi methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Itu adalah sejenis jenis bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Berdasarkan laporan dalam Journal of Ayub Medical College Abbottabad tahun 2008 membuktikannya. Jika komponen jintan hitam mampu menghambat pertumbuhan MRSA.

4. Bersifat Antikanker

Walaupun memerlukan studi lebih lanjut, beberapa peneliti menemukan jika jintan hitam bisa mempunyai sifat antikanker. Tes terhadap tikus laboratorium yang dilaporkan dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines tahun 2011. Diperoleh hasil jika komponen jintan hitam efektif mengatasi kanker pankreas, serviks, prostat, paru-paru, kulit, bahkan usus.

5. Baik untuk Otak

Kandungan asam linoleat pada jintan hitam mampu merangsang sel pada saraf otak. Sehingga bisa meningkatkan daya ingat memori sekaligus membantu agar dapat lebih berkonsentrasi.

6. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat jintan hitam untuk mengendalikan gula darah menjadi kabar baik untuk pasien diabetes. Analisa dari 7 studi dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine tahun 2017 mengamati konsumsi suplemen jintan hitam. Terbukti mampu memperbaiki kondisi gula darah puasa serta gula darah rata-rata.

7. Membantu Mencegah Munculnya Jerawat

Ramuan minyak jintan hitam serta jeruk nipis mampu dimanfaatkan guna mencegah jerawat timbul. Hal ini sebab jintan hitam disebut oleh beberapa penelitian memiliki sifat kuat guna meredakan inflamasi.

Gunakan ramuan minyak jintan hitam guna mengatasi jerawat. Caranya cukup mengoleskannya di kulit sebanyak dua kali sehari.

8. Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan luka yang terjadi di dinding lambung. Penyebabnya adalah terkikis oleh asam. Nah, berdasarkan studi di Journal of College of Physicians and Surgeons Pakistan tahun 2011. Mengkonsumsi jintan hitam dapat bermanfaat melindungi dinding lambung sekaligus mencegah terjadinya luka.

Tes terhadap 83 persen tikus laboratorium bahkan menunjukkan jintan hitam membantu tahap penyembuhan luka.

9. Penawar Racun

Kandungan saponin pada habbatussauda dipercaya bermanfaat untuk menangkal racun dalam tubuh serta darah. Penelitian dalam International Journal of Health Sciences tahun 2008 melihat jintan hitam. Secara keseluruhan membantu fungsi hati mengelola zat toksik yang ada dalam tubuh

Dilihat dari segi medis faktanya beberapa studi telah membuktikan manfaat habbatussauda bagi kesehatan. Di dalam jintan hitam terkandung vitamin, saponin, asam amino, minyak atsiri, asam linoleat, protein. Bahkan kalsium, natrium, kalium serta masih banyak lagi zat lainnya. Jadi, makanan ini sangat bermanfaat bagi tubuh bukan?

0 komentar