Cara Mengatasi Bintik Merah di Wajah ala SehatQ.com

02.51

Bintik merah di wajah atau yang biasa dikenal dengan sebutan ruam wajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak kalangan masyarakat. Tidak jarang ada bayi yang sudah mengalami ruam wajah, sama halnya dengan orang dewasa yang mudah terkena bintik merah di wajah ini. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti yang sudah diinformasikan pada laman SehatQ bahwa ruam wajah bisa terjadi karena iritasi, alergi, infeksi kulit, dan masih banyak faktor penyebab lainnya.

Ruam wajah memang bukanlah sebuah penyakit yang mematikan, tetapi perlu untuk ditangani secepatnya apalagi jika bayi Anda yang menderitanya. Nah oleh karena itu, untuk mengetahui apa saja informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi bintik merah, yuk simak informasi berikut ini.

4 Penyebab Bintik Merah di Wajah

Penyakit bintik-bintik merah di wajah ternyata memiliki penyebab yang lumayan banyak, beberapa penyebab berikut ini harus ada ketahui dan jadikan sebagai bahan acuan agar tidak terkena ruam wajah.

1. Alergi

Alergi bisa disebabkan karena banyak hal pula, dan tentunya setiap orang memiliki alergi yang berbeda. Ada yang alergi pada debu, makanan atau minuman tertentu, dan ada juga yang alergi karena bahan dari produk kosmetik tertentu. Oleh karena itu, pencegahan awal yang harus anda lakukan adalah berhati-hati dalam mengonsumsi segala jenis pemakaian.

2. Iritasi

Iritasi bisa terjadi karena bahan kimia dari produk kosmetik atau perawatan wajah yang Anda gunakan dan bisa juga karena biang keringat. Pastikan menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan sesuai dengan wajah Anda, dan seringlah mengeringkan waja jika keringat sudah menghampiri.

3. Dermatitis

Dermatitis adalah peradangan kulit yang menjadi salah satu penyebab ruam wajah, bisa terjadi karena beberapa penyebab tergantung kulit wajah Anda.

4. Jerawat Hormon

Jerawat hormon atau yang biasa disebut dengan bruntusan bisa menjadi penyebab bintik merah di wajah. Bruntusan dapat diobati dengan bahan kimia maupun dengan herbal, tergantung jenis kulit Anda.

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang mengakibatkan bintik merah di wajah, sekarang giliran Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ruam wajah.

4 Cara Mengatasi Bintik Merah di Wajah ala SehatQ.com

Beberapa cara mengatasi ruam wajah berikut ini merupakan informasi yang telah dirangkum dari forum tanya jawab pada laman sehatq.com.

1. Kompres Bagian Bintik Merah di Wajah dengan Kain Dingin

Cara menghilangkan bintik merah di wajah yang pertama bisa dilakukan dengan mengompres bagian ruam menggunakan kain dingin. Hal ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatan hasil yang maksimal dan ruam tidak muncul lagi.

2. Pastikan Suhu Ruangan Sejuk

Suhu ruangan memiliki pengaruh yang sangat penting bagi kondisi ruam di wajah Anda, dengan berada disekitar ruangan yang sejuk wajah Anda tidak akan berkeringat dan tidak mengeluarkan minyak berlebih pula. Hal ini akan membuat ruam di wajah cepat kering dan hilang.

3. Gunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan bintik merah di wajah dengan bahan alami. Gel lidah buaya ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan kulit, salah satunya mengurangi ruam di wajah.

4. Hindari Mengkonsumsi Sesuatu yang Bisa Memicu Alergi

Alergi bisa disebabkan karena banyak hal, oleh karena itu pastikan Anda menghindari sesuatu yang bisa menyebabkan alergi Anda kambuh. Baik itu makanan, minuman, produk kosmetik, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi bintik merah di wajah. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi ruam di wajah.

0 komentar