Faktor yang Menyebabkan Penurunan Metabolisme Tubuh pada Lansia

16.51


Lansia menjadi masa yang cukup mendebarkan bagi hampir semua orang. Saat masa itu, terdapat banyak pantangan dan larangan yang harus Anda patuhi. Hal tersebut bertujuan untuk mengupayakan kehidupan yang lebih sehat. Salah satu hal yang harus Anda antisipasi saat memasuki usia lansia yaitu penurunan metabolisme.

Penyebab Penurunan Metabolisme Tubuh pada Lansia

Metabolisme yang menurun bisa terjadi karena faktor usia. Semakin tua usia seseorang, maka potensi metabolisme lansia menurun cukup besar. Untuk mencegah terjadinya penurunan metabolisme, Anda bisa mengupayakan kehidupan yang lebih sehat. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan penurunan metabolisme:

1. Usia

Pertambahan usia pada diri seseorang menyebabkan kinerja otot mengalami penurunan. Selain itu, usia yang semakin bertambah juga berpengaruh pada imunitas tubuh. Faktor inilah yang menyebabkan metabolisme pada lansia kerap mengalami penurunan secara drastis.

Meskipun demikian, seseorang bisa menghambat penurunan metabolisme dengan melakukan aktivitas. Hal ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan energi dalam tubuh sehingga kinerja lebih optimal.

2. Kurang Aktif 

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan metabolisme lansia yaitu rendahnya hormon tiroid. Hormon tersebut bisa bekerja lebih optimal jika Anda aktif dalam pergerakan. Salah satu hal yang kerap orang tempuh untuk meningkatkan hormon tiroid yaitu berolahraga.

Selain itu, lansia juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain asalkan tidak berlebihan. Pasalnya lansia yang terlalu banyak beraktivitas justru menyebabkan metabolisme mengalami penurunan. Oleh sebab itu, lansia sangat pas jika beraktivitas sewajarnya atau sesuai porsinya.

3. Pola Hidup

Makanan menjadi indikator pertama yang menentukan kesehatan dan kekuatan metabolisme tubuh. Pola makan yang tidak teratur justru menjadi pemicu utama penurunan metabolisme pada lansia. Hal ini terjadi lantaran lansia kerap mengalami penurunan nafsu makan.

Untuk merangsang nafsu makan, lansia bisa mengonsumsi produk suplemen. Selain makanan, pola hidup yang tidak sehat juga menyebabkan penurunan metabolisme lansia. Salah satu bentuk pola hidup tidak sehat yaitu makan sembarangan, istirahat tidak cukup, mengonsumsi alkohol dan masih banyak lagi.

Penurunan metabolisme tubuh pada lansia terjadi karena pengaruh usia. Lansia harus menerapkan pola hidup sehat agar penurunan metabolisme bisa terhambat. Penerapan pola hidup sehat mampu meningkatkan hormon tiroid yang berperan baik bagi metabolisme.

0 komentar