5 Cara Mencegah Rambut Rontok secara Alami

18.24


Rambut yang kuat tentu menjadi idaman setiap orang khususnya wanita yang memiliki rambut panjang. Namun ini semua perlu dirawat agar rambut tidak rontok dengan berbagai cara.

Dikutip dari Indo Times, rambut yang rontok bisa membuat seseorang kurang percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk itu rambut rontok perlu dicegah dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan.

Jika kamu sudah terlanjur punya rambut rontok tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk mencegahnya. Dengan obat-obat ini rambut kamu akan terlindungi dan pencegahannya bisa dari luar dan dalam kulit.

Keramas secara Teratur

Dengan keramas secara teratur bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi rambut rontok. Selain itu, keramas juga mampu menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih dan akhirnya rambut pun terlindungi dari kerontokan.

Namun hal yang perlu diketahui adalah keramas terlalu sering juga punya dampak buruk bagi kulit kepala dan rambut. Maka dari itu gunakan sampo yang bahannya ringan dengan formula yang tidak berlebihan.

Sampo yang bahannya berlebihan bisa membuat rambut kamu mudah patah dan cepat kering. Jika sudah demikian maka bisa menjadi perantara rambut kamu akan mengalami kerontokan.

Gunakan Minyak Zaitun

Opsi lain yang bisa dilakukan agar terhindar dari kerontokan bisa juga dengan minyak zaitun. Jenis minyak ini memiliki fungsi melindungi rambut dari berbagai masalah seperti kerontokan dan rambut kering.

Tidak hanya itu, minyak ini juga mampu memperlambat proses kerontokan rambut. Untuk proses pemakaiannya cukup mudah dimana tinggal oleskan saja pada rambut dengan takaran beberapa sendok saja.

Ketika proses di atas sudah selesai maka kamu diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk membilasnya kamu cukup pakai air bersih saja atau gunakan sampo berbahan ringan,

Konsumsi Protein

Protein yang tinggi pada makanan bisa membuat rambut kamu tetap sehat dan terhindar dari kerontokan. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan pada 100 orang di negara India dan rata-rata penyebabnya adalah kekurangan protein.

Selain itu penelitian di Amerika pun juga menyebutkan jika mengkonsumsi protein bisa membuat rambut tidak mudah rontok. Banyak sekali makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, susu rendah lemak dan yang lainnya.

Suplemen Multivitamin

Cara pencegahan lain untuk masalah rambut rontok bisa juga mengkonsumsi suplemen multivitamin secara teratur. Untuk jenis vitamin yang bagus untuk rambut diantaranya Vitamin A, B, C dan D. Semua vitamin tersebut bisa membantu dalam proses pertumbuhan rambut.

Selain vitamin seperti di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium, seng dan zat besi. Banyak sekali makanan yang di dalamnya mengandung gizi seperti di atas.

Sedangkan untuk multivitamin yang berbentuk cair atau kapsul bisa didapatkan di apotek. Jika perlu, kamu bisa datang ke dokter untuk meminta resep terkait masalah rambut rontok ini.

Minyak Kelapa

Untuk pencegahan yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak dari buah kelapa. Jenis minyak ini menurut penelitian memiliki fungsi untuk melindungi sekaligus mencegah rambut dari paparan sinar matahari.

Untuk proses penggunaaan cukup dengan dioleskan lalu sambil dipijat di bagian kepala. Dengan cara seperti ini pertumbuhan rambut bisa berkembang dan aliran darah juga semakin lancar.

Jadi cara efektif mencegah rambut rontok bisa dilakukan dengan banyak cara. Jika kamu ingin yang lebih mudah bisa dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Keduanya ini sering digunakan oleh orang terdahulu dan terbukti membuat rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

0 komentar