Beberapa Cara Merawat Gigi agar Terhindar dari Resiko Masalah Kesehatan Gigi

22.56

Gigi adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menghaluskan makanan dengan cara mengunyah. Tanpa dikunyah, makanan akan menjadi lebih sulit untuk dicerna ataupun ditelan. Namun faktanya, banyak orang yang mengalami masalah pada gigi seperti berlubang, karies, infeksi, dan lain sebagainya.

Padahal cara merawat gigi sangatlah mudah dan tidak memerlukan perawatan yang ribet. Dengan perawatan yang tepat, gigi akan lebih terjaga kesehatannya dan menghindarkan Anda dari sakit gigi yang menyiksa.

Cara Merawat Gigi agar Tetap Sehat

Banyaknya masalah kesehatan yang bisa terjadi pada gigi, alangkah baiknya jika Anda mencegah gangguan tersebut sebelum muncul gejala. Di bawah ini ada beberapa cara perawatan yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahan.

1. Sikat Gigi 2x Sehari

Mulut memiliki suhu 37 derajat celsius dengan kondisi hangat dan basah yang sangat rawan dijadikan sarang bakteri. Kondisi seperti ini menjadi lingkungan tepat yang memudahkan munculnya plak di permukaan gigi. Untuk menghindarinya, pastikan menyikat gigi 2x sehari sehabis makan dan di pagi hari saat bangun tidur. Hal ini untuk mengurangi terbentuknya plak dan resiko terjadinya pengerasan.

2. Jangan Menyikat secara Berlebihan

Sangat penting menyikat gigi 2x sehari kurang dari 4 menit tanpa berlebihan. Semakin sering Anda menyikat gigi bukannya permukaan menjadi bersih, tetapi justru lapisan permukaan gigi menjadi hilang. Inilah salah satu penyebab gigi menjadi lebih sensitif dan mudah terasa ngilu.

3. Batasi Minuman Bersoda

Cara merawat gigi selanjutnya yaitu dengan membatasi konsumsi minuman bersoda. Pasalnya di dalam minuman ini terkandung asam tinggi yang mampu menyerang gigi. Efeknya adalah mampu membuat gigi berlubang, muncul noda, hingga terjadinya pengikisan gigi.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. Ketahuilah bahwa Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih, terutama setelah makan. Air putih mampu menghilangkan bakteri dan sisa makanan hang menempel di sela gigi ataupun dalam mulut.

5. Konsumsi Jenis Makanan Segar dan Sedikit Keras

Mengonsumsi makanan segar dan menyehatkan mampu membantu menghilangkan efek negatif dari beberapa jenis makanan dan minuman. Contohnya saja makanan dengan tekstur lengket dan asam di dalam mulut yang tidak baik bagi gigi. Tak lupa juga, konsumsilah jenis makanan yang bertekstur agak keras untuk melatih kekuatan gigi.

6. Gunakan Pasta Gigi Flouride

Flouride menjadi salah satu elemen pasta gigi yang mampu melindungi gigi dari kerusakan. Menggunakan pasta gigi berbahan flouride ini efektif untuk membunuh bakteri yang menempel di gigi.

7. Sikat Gigi Menjelang Tidur

Menggosok gigi sebelum tidur efektif dalam membasmi kuman dan plak yang menempel pada gigi selama seharian. Terlebih jika sepanjang hari Anda sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat bagi gigi, seperti minuman asam dan manis.

8. Hindari Menyikat Gigi terlalu Keras 

Tak kalah pentingnya, Anda perlu menyikat gigi secara lembut untuk menghindarkan penekanan keras pada gigi. Terlalu keras menyikat bisa merusak dan membuat enamel gigi semakin menipis.

Menerapkan cara merawat gigi secara rutin sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apabila Anda merasakan gejala pada gigi dan mulut, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter gigi terpercaya. Salah satu rekomendasi pemeriksaan gigi yang tepat adalah Mydents Dental Care Pamulang.

Anda bisa berkonsultasi secara langsung ataupun via online melalui Halodoc. Layanan klinik kesehatan gigi bersama Halodoc bisa Anda manfaatkan untuk konsultasi dan informasi seputar kesehatan gigi.

0 komentar