Manfaat Olahraga untuk Asam Urat

21.09
Manfaat Olahraga untuk Asam Urat

Dalam Penelitian dari Teguh Susanto pada Repositori Riset Kesehatan Nasional tahun 2013, menyebutkan jika penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang cukup membahayakan, karena bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti gangguan jantung, hipertensi, gangguan stroke, diabetes melitus, ostoporosis, gangguan tenggorokan dan gangguan penglihatan.

Sama halnya dengan penyakit lainnya, asam urat juga bisa dikurangi dampaknya dengan olahraga. Dimana manfaat olahraga untuk asam urat  adalah menurunkan kadar asam dan juga mengurangi rasa nyeri. Di bawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba untuk mengurangi sakit karena asam urat:

Jalan Kaki

Berjalan kaki termasuk salah satu olahraga yang sederhana, namun tidak boleh disepelekan begitu saja ya, sebab ternyata ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan. Dengan berjalan kaki Anda bisa menurunkan kadar asam urat secara alami.  Anda bisa berjalan kaki yang di setiap minggu dengan rutin serta konsisten supaya kadar asam urat dalam tubuh bisa cepat turun.

Baca juga: Manfaat Okra Hijau Untuk Asam Urat

Bersepeda

Manfaat olahraga untuk asam urat bisa Anda rasakan dengan rutin bersepeda. Jika Anda adalah pecinta olahraga satu ini, maka tidak ada salahnya mencoba. Lakukan bersepeda santai saja, sebab hal tersebut bisa membantu pergerakan dari sendi. Anda tidak perlu terburu-buru dan hanya diharuskan melakukan rutin saja paling tidak satu kali dalam satu minggu.

Yoga

Pada awalnya, mungkin Anda akan kurang tertarik dengan olahraga satu ini. Namun jika asam uratnya sudah cukup tinggi dan Anda ingin kadarnya bisa turun secara alami dan perlahan, maka bisa mencoba Yoga. Yoga sendiri merupakan latihan yang mana bisa dicoba. Selain memberikan relaksasi pada tubuh menggunakan gerakan-gerakan kadar asam urat pun akan turun.

Gerakan yoga menjadikan otot dan sendi aktif dan Anda pun tidak akan merasakan terbebani. Dengan begitu kadar asam urat tinggi dan sebelumnya membuat sendi terasa nyeri juga berkurang nantinya.

Di atas adalah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba untuk mengurangi asam urat. Dengan begitu maka manfaat olahraga untuk asam urat adalah mengurangi kadar asam yang tinggi sehingga rasa nyeri tidak akan terlalu membuat Anda tidak  nyaman.

0 komentar