Manfaat Omega 3 untuk Asam Urat dalam Minyak Ikan

21.12
Manfaat Omega 3 untuk Asam Urat dalam Minyak Ikan

Pada umumnya, para penderita asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat purin karena bisa menyebabkan penumpukan asam urat. Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari adalah daging merah, makanan laut dan lainnya.

Menurut penelitian dari Ervi Diantari dan Ayu Candra Kusumastuti Pada Journal of Nutrition College Vol. 2, No. 1, PP. 44-49, Jan. 2013, menyebutkan jika meningkatnya  kadar asam urat pada tubuh dipengaruhi asupan makanan karena tinggi purin. Namun Anda masih bisa mengonsumsi ikan cod sebagai ikan dengan rendah purin daripada ikan lainnya.

Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Asam Urat

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai manfaat omega 3 untuk asam urat.

Minyak Ikan dengan Omega 3 untuk Asam Urat

Minyak ikan bisa dikonsumsi untuk mengurangi peradangan yang ada di penyakit sendi karena peningkatan asam urat. Minyak ikan sendiri banyak mengandung omega 3. Kandungan tersebut tentunya sangat baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Minyak ikan juga dapat Anda konsumsi dengan rutin dengan tujuan untuk pencegahan peradangan yang kambuh.

Rasio Omega 3 dan Omega Enam Pada Minyak Ikan

Rasio tepat dari dua kandungan yakni asam lemak omega  3 serta omega 6 asam lemak, dan jenis lain dapat membantu mengendalikan peradangan pada tubuh. Mengonsumsi minyak ikan juga bisa membantu memperbaiki ketidakseimbangan serta mengurangi peradangan, jadi juga dapat menurunkan rasa nyeri, bengkak, kemerahan serta kerusakan sendi.

Purin dalam Minyak Ikan

Hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan minyak ikan dengan kandungan omega  3 untuk asam asam urat adalah isi dari purin yang ada di minyak ikan. Purin merupakan zat yang ditemukan pada beberapa jenis makanan, termasuk juga dengan ikan berlemak. Pada saat Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin, kondisi tubuh bisa membentuk asam urat.

Di atas adalah penjelasan singkat mengenai minyak ikan dengan kandungan omega 3. Ikan cod sendiri termasuk ikan yang rendah akan zat purin dibandingkan dengan ikan lainnya. Dengan begitu maka manfaat omega 3 untuk asam urat adalah sebagai suplemen yang rendah akan purin.

0 komentar