Fakta Unik Isuzu Panther yang Belum Banyak Diketahui

13.40


Nama suzuki Panther rasanya sudah mendarah daging di Indonesia karena sudah ada sejak 1991. Jenis mobil ini juga menjadi kendaraan MPV fenomenal, bahkan sampai dijuluki rasa diesel.

Harga Isuzu Panther berada di kisaran antara 284 juta hingga 343 juta rupiah. Perbedaan ini tergantung dari model namun dari sisi konsumsi bahan bakar secara keseluruhan dikenal irit

Selain irit mobil ini juga dikenal sangat tangguh dan punya performa bagus. Lalu apa fakta lain yang ada di mobil Panther ini? Berikut Penjelasannya

18 Tahun Tak Berganti Model

Pada mobil lain yang kekinian perubahan model selalu di update dan disesuaikan dengan zaman sekarang. Namun berbeda dengan Isuzu Panther yang dari tahun 2000 hingga sekarang tidak pernah berganti.

Jadi sejak generasi pertama hingga sekarang tidak ada perubahan yang signifikan pada mobil ini. Bentuk perubahan kecilnya hanya pada pembaruan ringan dimana dibuat lebih lebar dengan kemampuan angkut hingga 7 penumpang.

Mesin Masih Berstandar Emii Euro

Dari dulu hingga sekarang ini mobil ini masih menggunakan mesin diesel berkode 4JAIL dengan 4 silinder. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan Direct Injection Turuba yang mampu menghasilkan tenaga hingga 86 dk dengan torsi 191 Nm.

Dengan kekuatan tersebut jelas jika mobil ini masih setia menggunakan mesin berstandar emisi Euro 2. Jenis mesin ini padahal sudah terbilang jadul dan di mobil kekinian rata-rata sudah meninggalkan mesin tersebut.

Penjualan Turun Drastis

Dengan tampilan yang masih menggunakan model lama, Isuzu mengalami penurunan penjualan dari tahun ke tahun. Salah satu contohnya di tahun 2017 penjualan mencapai 1.182 unit dan menurun menjadi 290 unit di tahun 2018.

Dari data tersebut jelas mobil ini tidak mampu melewati penjualan Toyota Kijang Innova. Jenis mobil ini dalam satu bulan saja sudah mampu menyamai penjualan Panther selama 1 tahun.

Salah satu faktor menurunnya penjualan juga tidak terlepas dari banyak faktor. Misalnya model yang belum di upgrade, penggunaan mesin dan beberapa faktor penting lainnya.

Belum Berencana Ganti Model

Menurut Presiden dari PT Isuzu Astra Motor, Panther belum ada rencana untuk berganti model. Dengan demikian untuk generasi selanjutnya model yang digunakan tetap sama. Jika ada perubahan mungkin dari fitur ada beberapa interior yang ada di dalam mobil.

Penjualannya di Filipina Sudah di Stop

Filipina termasuk negara yang mendulang kesuksesan dari Isuzu Panther dari waktu ke waktu. Salah satu faktor penyebab didukung oleh negara tersebut karena ada model yang menggunakan setir kiri.

Namun di negara tersebut, mobil ini bukan bernama Panther tetapi Isuzu Crosswind. Setelah melalui tahap uji mobil ini kini penjualan sudah dihentikan karena tak lulus uji emisi di negara tersebut.

Penjualan mobil ini dihentikan pada pertengahan tahun 2018 yang lalu. Padahal mobil ini sebelumnya sudah ekses di Filipina selama kurun waktu 16 tahun. Namun di tahun tersebut penjualannya di stop dan tidak lagi diproduksi.

Dengan harga baru yang mencapai ratusan juta rupiah tetapi dari segi model mobil ini tidak ada perubahan yang signifikan. Hanya saja dari segi ketangguhan memang bisa diandalkan sekaligus irit bahan bakar

Meski menggunakan model jadul hingga kini pihak direksi belum ada keinginan untuk berganti model. Karena masih menganut tipe lama inilah mungkin yang membuat mobil ini penjualannya merosot di tahun 2017 hingga 2018.  

0 komentar