5 Pembalap Debutan Yang Bakal Meramaikan MotorGp 2018

lensaterkini.web.id - Jika sebelumnya MotoGP dipastikan akan diramaikan empat rider debutan, maka kini sedikit ada perubahan. Keputusan mendadak Jonas Folger untuk absen total musim ini, justru membuat MotoGP 2018 akan diramaikan oleh lima rider debutan. Wah, ada apa ya?

Keputusan Folger ini membuat Monster Yamaha Tech 3 harus pusing tujuh keliling mencari penggantinya. Meski begitu, akhirnya sang pimpinan tim, Herve Poncharal menjatuhkan pilihannya kepada rider Moto2, Hafizh Syahrin. Rider Malaysia ini otomatis tergabung dalam deretan para rookie.

Mengendarai Yamaha YZR-M1, Syahrin pun akan bersaing ketat memperebutkan gelar debutan terbaik bersama Thomas Luthi, Takaaki Nakagami, Xavier Simeon dan tentunya juara dunia Moto2 2017, Franco Morbidelli, yang punya keunggulan masing-masing. Nah, mari kita mengenal lebih dalam kelima rookie MotoGP 2018 berikut ini.

Xavier Simeon (Reale Avintia Racing)

Rider Belgia berusia 2018 ini memiliki segudang pengalaman dan merupakan salah satu rider yang dikenal mudah beradaptasi dengan motor apapun. Simeon juga merupakan salah satu dari empat rider dengan pengalaman Moto2 terbanyak, meraih kemenangan di Sachsenring, Jerman pada 2015 dan merupakan eks juara FIM Superstock 1000.

Thomas Luthi (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS)

Meski sempat cedera engkel dan harus melewatkan dua uji coba akhir musim lalu, Luthi tetap mendapatkan kepercayaan diri tinggi dari Marc VDS berkat statistiknya tak bisa berbohong. Luthi merupakan juara dunia GP125 2005 dan merupakan rider paling berpengalaman dalam sejarah Moto2.

Hanya Marc Marquez, Johann Zarco dan Tito Rabat yang meraih kemenangan Moto2 lebih banyak darinya. Saat menjalani balapan di Qatar nanti, ia akan menjadi rider Swiss pertama di GP500/MotoGP usai 20 tahun lamanya.

Franco Morbidelli (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS)

Sebagai anak didik Valentino Rossi, tentu Morbidelli mendapat sorotan paling banyak dari semua debutan. Di Qatar nanti, ia akan menjadi anggota VR46 Riders Academy pertama yang turun di MotoGP usai merebut gelar dunia Moto2 tahun lalu. Eks juara FIM Superstock 600 ini menjalani debut Grand Prix pada 2013 lalu, dan akhirnya menemukan lingkungan yang cocok di Marc VDS. Bersama tim asal Belgia tersebut sejak 2016, ia sukses merebut delapan kemenangan dan 20 podium.

Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech 3)

Usai Folger memutuskan absen total musim ini, Syahrin pun langsung mendapatkan lampu hijau dari Tech 3 dan Yamaha untuk menjadi penggantinya. MotoGP jelas sangat populer di Asia Tenggara, dan Syahrin merupakan salah satu rider yang paling dikenal berkat tiga podium yang ia raih di Moto2. Rider berjuluk Pescao ini pun diperkirakan akan menjalani adaptasi dengan mudah di atas YZR-M1.

Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

Nakagami merupakan salah satu rider muda paling berpengalaman di Grand Prix, setidaknya telah menjalani 100 start balapan di Moto2, meraih dua kemenangan dan 14 podium, serta konsisten bertarung di papan atas.

Membela LCR Honda yang dikenal ramah dengan para rider muda, ia juga mendapat bimbingan langsung dari Cal Crutchlow. Selama uji coba pramusim, ia juga kerap menjadi debutan terbaik dan bahkan kerap mengalahkan Morbidelli. Gelar debutan terbaik, bukannya mustahil untuk diraih oleh rider Jepang ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...