4 Barang Dari Korea Utara Ternyata Digilai Dunia

lensaterkini.web.id - Negeri “Ginseng Merah” Korea Utara, dunia lebih mengenalnya dengan kekuatan militer yang luar biasa dan pemimpinnya yang tergila-gila oleh senjata nuklir. Bahkan timbul pertanyaan, bagaimana sekecil itu bisa punya kekuatan sebesar itu? Alhasil timbullah berbagai  perkiraan-perkiraan nyeleneh mengenai sumber dana negara itu. Mulai dari perbudakkan koleksi nuklir, dan hal aneh lainnya.

Sejatinya, ternyata banyak loh barang atau usaha asli Korea Utara yang sudah mendunia,  namun jarang kita ketahui, padahal barang tersebut ada di depan mata. Meski bukan negara industri, ternyata komoditas tak terbayangkan seperti kuliner dan buku jadi penghasilan negara itu. Lalu barang apa saja sih yang jadi andalan Korut yang dicintai dunia dan jadi pembiayaan negara itu? Simak ulasan berikut.

Gak melulu senjata nuklir, masakan Korea Utara juga bikin gempar dunia

Siapa sangka salah satu sumber dana negara milik Kim Jong Un ini ternyata juga berasal dari kulinernya. Ya, Pyongyang Restoran, rumah makan besutan Korea Utara, kini tersebar di lebih dari seratus negara, termasuk Indonesia. Di tempat makan milik khas negara itu, kita bisa mendapatkan cita rasa masakan bersama segala kebudayaan asli di sana. Lalu apa yang spesial dari restoran ini, ternyata banyak orang tertarik ke sana lantaran selain menyuguhkan masakan yang unik bakal ada para pelayan asli negara itu yang siap melayani. Belum lagi harganya juga lumayan menarik.

Usut punya usut, penghasilan dari restoran ini, dikembalikan lagi pada pemerintah dan sebagai pembiayaan kedutaan yang ada di negara tersebut. Rumornya sih para pegawai di restoran itu, keluarganya disandera di Korut, sebagai pencegahan agar tidak kabur atau menyeleweng saat bertugas di suatu negara, tapi cuma isu semata sih.

Rahasia produk China, ternyata mereka bekerja sama dengan Korea Utara

Kita mungkin mengenal China sebagai salah satu negara industri terbesar di dunia. Namun siapa sangka di balik kebesaran industri China itu, ada campur tangan dari Korea Utara loh, terutama industri tekstil. Tepatnya di Distrik Dandong, perbatasan Korut-China, menjadi pusat kegiatan ekonomi kerjasama kedua negara. Hal unik dari tekstil Korut ini selain jumlahnya yang banyak, kualitasnya juga sangat bagus. Alhasil jadilah barang tekstil yang diambil dari China itu  yang memiliki kualitas terbaik.

Ternyata, barang tekstil yang dibuat di Korut itu di ekspor ke China dalam keadaan “Made in China”. Setelah itu oleh negeri tirai bambu sebagian langsung di ekspor namun beberapa diolah kembali dalam bentuk lain. Jadi secara tidak langsung produk Korut dalam bentuk tekstil sudah jadi barang ekspor yang mendunia.

Buku-buku Korea utara ternyata jadi buruan beberapa negara di Afrika

Mungkin jarang diketahui, namun siapa sangka buku, majalah dan gambar asal negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini laku dijual di beberapa negara. Dilansir dari Trending Economic, ternyata beberapa negara Afrika sempat mengadakan kerja sama dengan Korea Utara. Dan jangan kaget, di salah satu negara itu, Burkina Faso tepatnya, mengimpor barang nyeleneh asal Korut. Alasan utama selain kerja sama antara kedua negara, juga karena poster dan buku bergambar di sana menarik dan murah, jadi wajar kalau negara banyak emas, Burkina Faso memilih Korut.

Ya, buku, majalah dan barang asal Korut jadi barang impor paling banyak kedua yang dibeli dari Korut. Hal ini menjadi bukti kalau negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini sejatinya gak hanya di Asia saja punya nama, bahkan benua hitam Afrika juga mengaguminya.

China bukan produsen batu bara terbesar, ada Korut di baliknya

Selama ini mungkin kita menganggap kalau China adalah salah satu produsen batu bara terbesar di dunia. Namun siapa sangka, serupa dengan tekstil ada Korea Utara yang berperan besar di baliknya. Ternyata China menjadi pengimpor terbesar batu bara dari negara Kim Jong Un  itu, namun siapa sangka meskipun sudah ekspor besar-besaran dengan negeri tirai bambu, Korut masih bisa mengirim komoditi tambang itu ke negara lain.

Hal ini membuktikan betapa melimpahnya sumber daya batu bara di Korut. Selain itu, jika kita mengimpor Batubara China secara tidak langsung juga menggunakan sumber daya asal Korea Utara. Begitu bergantungnya China pada negara Kim Jong Un itu adalah ditunjukkan dari fakta kalau 85 persen pengekspor Korut adalah negara tirai bambu.

Banyaknya barang asal Korut yang ternyata dicintai oleh beberapa negara di dunia ini membuktikan kalau sejatinya tidak hanya gahar dalam urusan militer, mereka sejatinya negara yang mandiri. Jadi jangan kaget lagi kalau negara sekecil itu bisa menaklukan banyak negara dengan punya senjata nuklir dan militer melimpah ruah, bisnisnya saja ada di mana-mana.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola