Gigi Suka Nyilu, Berikut 3 Penyebabnya Sepele Yang Harus Kamu Ketahui

lensaterkini.web.id - Sering kali saat sedang hangouts bersama teman-teman, kalian suka memesan es krim beraneka rasa. Saat sedang asyik ngobrol dan makan es krim, tiba-tiba gigi terasa ngilu yang bikin momen kebersamaan jadi terganggu. Apakah hal ini sering terjadi juga kepadamu? Jika iya, mungkin kamu mengalami gigi sensitif, lho.

Gigi sensitif adalah rasa ngilu pada gigi yang dirasakan saat mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa orang berpikir jika makan makanan dingin atau panas adalah penyebabnya, padahal makanan tersebut merupakan salah satu pemicu saja. Berikut ini adalah deretan penyebab gigi sensitif yang belum banyak diketahui.

Cara Menggosok Gigi yang Salah

Tanpa disadari, bisa jadi cara menggosok gigi yang selama ini kamu terapkan ternyata kurang tepat. Menggosok gigi dengan cepat dan gesekan yang keras tidak membuat gigi semakin bersih. Justru, gerakan keras yang kamu buat saat menggosok gigi bisa menyebabkan lapisan terluar gigi rusak. Padahal lapisan terluar gigi ini berfungsi sebagai pelindung. Hal ini kemudian mengakibatkan dentin (bagian dalam gigi yang lebih lembut) terbuka atau terpapar dari luar.

Sering Mengonsumsi Minuman Asam atau Bersoda

Lemon, yogurt atau minuman bersoda memang sangat menyegarkan saat dinikmati saat siang hari. Tapi, kebiasaan ini tanpa kamu sadari berakibat buruk pada gigi. Minuman asam dan bersoda dapat menyebabkan abrasi atau penipisan permukaan gigi.

Sering Menggeretakkan Gigi

Beberapa orang memiliki kebiasaan unik ketika tidur, yakni sering menggeretakkan gigi. Kebiasaan ini tidak hanya mengganggu orang yang ada di sekitar, tapi juga memberikan dampak buruk bagi gigi. Bagi kamu yang memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi berisiko mengalami erosi enamel karena gesekan gigi yang terlalu keras. Hal ini mengakibatkan dentin terpapar dan timbullah gigi sensitif.

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Cepat Rusak

Itulah beberapa penyebab gigi sensitif yang belum banyak diketahui. Untuk mengatasinya, mulailah dengan menggosok gigi dengan cara yang benar dan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut. Kontrol juga kebiasaan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa asam atau soda. Kamu juga bisa menghentikan kebiasaan menggeretakkan gigi mulai dari sekarang.

Jangan sepelekan masalah gigi sensitif karena rasa ngilunya bisa mengganggu momen kebersamaan dengan orang terdekat. Saat rasa ngilu itu muncul, sensasi ‘nyut’ di gigi yang nggak nyaman akan segera muncul. Gigi sensitif ini juga bukan kondisi yang bisa sembuh sendiri. Kalau nggak mendapatkan penanganan yang tepat, rasa ngilu ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Kebayang dong gimana nggak enaknya kalau mengalami kondisi ini saat sedang menikmati momen bersama orang terdekat.

Penanganan gigi sensitif bisa dilakukan dengan mudah kok, salah satunya adalah menggunakan pasta gigi yang memiliki formula khusus untuk mengatasi gigi sensitif. Seperti yang ditawarkan oleh Sensodyne Repair & Protect yang bekerja efektif memberikan perlindungan lebih untuk gigi sensitif, sehingga membantu mengatasi rasa ngilu biar nggak datang lagi.

Lakukan perawatan untuk mengatasi gigi sensitif secara rutin dengan Sensodyne Repair & Protect agar kegiatan sehari-hari nggak terganggu oleh rasa ngilu yang muncul mendadak. Pastikan jaga kebersihan gigi kamu dengan Sensodyne Repair & Protect, yuk! 

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola