5 Perilaku Orang Tua Malah Bikin Anak Jadi Sulit Makan

lensaterkini.web.id - Melihat anak yang lahap makan, terutama saat mengonsumsi makanan sehat tentu saja menjadi pemandangan yang membanggakan bagi para orang tua. Oleh karena itu orang tua berjuang dengan keras dan melakukan serangkaian cara kreatif untuk mengolah sayur atau buah agar anak bisa mengonsumsinya tanpa pilih-pilih.

Sayangnya, menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, ada beberapa perilaku yang justru dilakukan oleh orang tua yang bisa membuat anak jadi enggan untuk makan. Perilaku apa sajakah itu?

Membiarkan anak ngemil di sela waktu makan utama

Jika Anda berpikiran bahwa membiarkan anak untuk ngemil di sela waktu atau jam makan utama adalah hal yang normal, maka pemahaman tersebut salah. Apalagi jika Anda membiarkan buah hati untuk ngemil kue manis, cokelat, atau es krim.

Alasannya, makanan tersebut cenderung akan membuat mereka merasa mudah kenyang. "Asupan kalori pada anak-anak jumlahnya lebih sedikit daripada orang dewasa. Mereka membutuhkan 1000 kalori per hari dan makanan seperti contoh tersebut berjumlah 300-400 kalori. Sehingga dengan jelas mereka akan merasa mudah untuk kenyang dan tak lagi berselera dengan makanan yang disajikan di jam makan utama," terang penelitian ini.

Memberikan makanan dengan kuantitas yang banyak

Dengan pemikiran bahwa mumpung anak doyan makan, maka orang tua memberikan makanan dengan jumlah yang banyak. Padahal kelebihan makan bisa menyebabkan kelebihan asupan kalori yang membuat sistem metabolisme melambat dan perut jadi kembung serta nafsu makan berkurang.

Tidak memberikan jam makan dengan benar

Idealnya, jam makan anak adalah 3 kali jam makan utama dan 2 kali jam makanan ringan. Dan para orang tua harus disiplin dengan hal tersebut. Sebab, jika Anda mengacaukannya maka sistem pencernaan mereka pun jadi kacau dan akhirnya mereka enggan untuk makan.

Sembarangan dalam memberikan makanan

Tak hanya untuk membuat kenyang, makanan yang diberikan pada buah hati juga harus sehat. Jangan tertipu dengan label makanan sehat dalam makanan kemasan. Sebab makanan kemasan tetaplah mengandung zat tambahan, berbeda dengan bahan makanan alami.

BACA JUGA : 4 Negara Dengan Kondisi Anak - Anak Paling Miris di Dunia

Salah satu contohnya adalah makanan yang diolah dengan sarat gula dan jumlahnya melebihi asupan kalori harian anak bisa membuatnya lesu dan hilangnya nafsu makan.

Tidak memberi waktu jeda makan

Selain memperhatikan jam makan, Anda juga harus memberi jeda waktu makan dan pilihan makanan yang seimbang untuk menu sarapan, makan siang, makan malam, dan cemilan.

Jika Anda tidak memberikan waktu jeda makan, akan terjadi gangguan metabolisme yang akhirnya menghambat kerja pencernaan.

Itulah beberapa contoh perilaku yang dilakukan orang tua yang ternyata bisa membuat nafsu makan anak berkurang. Apakah Anda melakukan salah satu di antaranya?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola