5 Cara Selamatkan Dirimu Dari Serangan Tawon Jumlahnya Ribuan Ekor

lensaterkini.web.id - Beberapa waktu yang lalu Tawon sempat jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Ya, pasalnya serangga penyengat yang satu ini ternyata merenggut satu nyawa di Solo. Usut punya usut serangan tawon itu terjadi saat salah satu warga berusaha membetulkan genting namun nahas tawon di sana merasa terganggu dan menyerangnya. Sudah keburu panik, pria tersebut akhirnya jatuh dari tangga dan tewas.

Berkaca dari cerita di atas, kita paham memang tawon ini dikenal sebagai salah satu hewan yang ganas. Namun demikian, pasti ada cara untuk selamat dari serangga yang satu ini. Dilansir dari Wikihow dan Livescience, berikut adalah cara paling ampuh dari para serdadu penyengat ini.

Tetap tenang, dan gunakan jurus seribu langkah

Berbeda dengan lebah, ternyata tawon memang memiliki sifat yang lebih agresif, terutama pada siang hari. Oleh sebab itu binatang ini akan mengejar terus siapapun yang mencoba mengganggu dirinya atau sarangnya. Jika hanya satu atau dua ekor sih gak ada masalah, tapi kalau sampai puluhan itu lain cerita. Jangan mencoba uji kekebalan kalau lawan tawon, yang jelas percuma.

Pasalnya di balik sengatannya yang pedih itu, ternyata tersimpan sedikit racun yang bikin nyeri. Oleh sebab itu segera kabur adalah satu-satunya cara utama. Kalau mereka tidak mengejar yang Alhamdulillah, tapi kalau ternyata masih mengikuti yang lain lagi ceritanya.

Membunuh satu ekor hanya akan menarik tawon-tawon yang lain

Hanya dengan tangan kosong atau alat sederhana, jangan pernah membunuh tawon yang ada di sekitar sarangnya. Pasalnya bintang bersengat yang satu ini akan mengeluarkan sebuah senyawa dari badanya sebagai peringatan untuk yang lain kalau sedang ada ancaman. Alhasil, makin diserang atau dipukul tawon dekat  sarang, bakal makin banyak yang datang dan kelakuan tambah beringas.

BACA JUGA : 5 Cara CIA Kontrol Pikiran Orang Agar Jadi Menurut

Menghindarlah dengan cara apapun asalkan tidak membuat para tawon jadi lebih marah, misal menjauh secara cepat hingga bersembunyi dari  serangga yang sedang marah ini. Namun kembali lagi, tetap tenang adalah kunci utama meskipun dalam bahaya, ketimbang nyawa melayang karena salah langkah.

Lindungi kepala, karena bagi mereka  itu sebuah samsak berjalan

Tawon bukanlah serangga biasa, mereka sadar akan titik lemah kita, terutama bagian kepala. Ya, mulai mata, lubang hidung dan lain-lain merupakan sasaran empuk buat mereka, oleh sebab perlu kita lindungi. Dan itu pula lah yang menjadi alasan mengapa beberapa spesies tawon di Indonesia dijuluki “Tawon Ndas ( kepala)” karena memang hanya bagian itu yang diincar.

Utamakan untuk cari kain hitam buat menutupi karena serangga ini tidak terlalu menghiraukan warna tersebut. Namun hal ini tidak akan berlaku jika berhadapan dengan lebah pembunuh, bukan kain hitam, justru kain putihlah yang dipakai.

Meloncat dalam air adalah cara yang diajarkan TV, benar namun tidak selamanya ampuh

Kita mungkin sering melihat di kartun-kartun mengenai cara selamat dari serangan tawon atau lebah. Ya, melompat ke sebuah kolam atau sungai. Cara tersebut memang masuk akal, mengingat serangga tidak bisa bertahan di air. Namun sayang tidak semua  tawon dan lebah seperti itu, pasalnya beberapa spesies akan menunggumu berjam-jam hingga muncul ke permukaan. Alhasil bisa celaka juga bila kita terus-terusan di bawah air.

Oleh sebab itu jika melakukan cara ini perhatikanlah apakah tawon dan lebah yang dihadapi adalah jenis yang disebutkan tadi atau bukan. Umumnya saat mengetahui kita berada di air, dalam satu sampai lima menit tawon atau lebah biasa akan pergi, namun jika mereka tetap berseliweran dalam waktu lama, berarti itu bahaya. Kita bisa mengecohnya dengan baju yang dihanyutkan, namun kalau ternyata gagal, ya tinggal berdoa pada yang kuasa.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati

Kebanyakan dari kasus penyerangan tawon yang terjadi adalah karena kita tanpa sengaja mengganggu sarangnya. Kalau kecil sih tidak masalah, namun kalau yang sudah besar itu berbahaya. Kita mesti lebih awas, jika mereka bersarang di sekitar kita jangan sampai tunggu sarangnya membesar, bakal kerepotan jadinya.

Bukannya ingin mengusik kehidupannya, hanya ingin menaruhnya di tempat yang lebih minim resikonya. Kita bisa menggunakan asal untuk mengusir mereka dari sarang, kemudian dengan karung goni semacamnya bisa membawanya ke tempat lain yang jauh dari manusia.

Mungkin memang tawon dianggap serangga yang berbahaya karena dikenal agresif dan menyerang secara keroyokan. Namun di balik itu semua jangan lupa manfaatnya. Ya, tawon memberikan sumbangsih besar pada penyerbukan. Selain itu tawon-tawon ini juga memakan hama seperti ulat dan lainnya. Ya, meskipun berbahaya, namun mereka gak akan menyerang kok asal kita juga jaga diri dan tidak mengganggu.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola