5 Wisata Waduk Yang Pemandangannya Terindah di Jawa

lensaterkini.web.id - Traveling mengunjungi tempat-tempat yang indah gak harus mahal lho. Ternyata Pulau Jawa punya banyak Waduk sebagai destinasi wisata yang pemandangannya bagus banget.

Waduk Gajah Mungkur

Terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Waduk Gajah Mungkur ini konon merupakan Waduk yang terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 8.800 hektar. Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan mengairi persawahan di daerah sekitarnya, Waduk Gajah Mungkur juga difungsikan sebagai obyek wisata.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti berkeliling waduk dengan menggunakan perahu, memancing hingga menikmati pertunjukan seni seperti orkes melayu. Selain itu, menikmati kamu juga bisa menikmati sunset yang indah menjelang sore hari.

Embung Kledung

Waduk Mini yang terletak di Desa Kledung, Kabupaten Jawa Tengah ini hanya mempunyai kedalaman 3 meter dan panjang 83 meter di setiap sisinya. Selain dapat mengairi persawahan, waduk mini ini juga mempunyai panorama yang menawan lho. Jika cuaca cerah, kamu dapat menikmati pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dari kawasan ini.

Embung Batara Srinten

Terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Embung Batara Srinten ini merupakan waduk kecil yang terletak di puncak tertinggi Gunungkidul. Awalnya, waduk ini dibuat oleh pemerintahan setempat guna menampung air hujan di saat kemarau, sehingga kebutuhan air bagi masyarakat sekitar tetap terpenuhi.

BACA JUGA : 5 Jalan Memiliki Pemandangan Terindah di Indonesia

Namun, akhir-akhir ini Embung Batara Srinten justru menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan karena keindahannya. Di siang hari, sembari menghirup udara yang sejuk, kamu bisa menikmati pemandangan kabupaten Gunungkidul dari ketinggian atau menikmati sunset di sini juga bagus banget!

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran sebenarnya adalah waduk yang dibuat untuk mengairi perkebunan buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Sejak diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono, waduk mini yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini langsung menjadi salah satu pusat perhatian bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di Embung Nglanggeran ini, kamu menikmati keindahannya sembari bersantai atau menyesap kopi hangat di beberapa Gazebo yang tersedia di sana.

Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang yang terletak di Kabupaten Wonosobo juga mempunyai pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan waduk-waduk lain yang ada di pulau jawa. Waduk ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini, seperti memancing maupun menyusuri waduk dengan menyewa perahu kecil. Tidak jarang, beberapa wisatawan menjadikan waduk ini sebagai tempat favorit untuk camping lho!

Nah, terbukti kan kalau waduk-waduk di Pulau Jawa ini mempunyai pemandangan yang bagus-bagus banget?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola