5 Makanan Ini Tak Baik Dimakan Sebelum Olahraga, Malah Bikin Kamu Jadi Sakit

lensaterkini.web.id - Sebelum berolahraga dianjurkan untuk ngunyah makanan ringan sekadar untuk mengganjal perut. Sebab perut yang kosong membuat lesu dan malas. Lebih dari itu untuk mendapatkan energi dengan menambah gula dalam darah. Akan tetapi tidak semua makanan baik dikonsumsi sebelum melakukan latihan fisik.

Memasukkan asupan yang salah justru bisa memberi dampak buruk seperti kram perut, kembung, atau membuat cepat lelah. Makanan-makanan ini perlu dihindari karena gerak saat berolahraga memengaruihi proses pencernaannya. Nah beberapa makanan yang tak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum olahraga antara lain adalah sebagai berikut.

Susu

Meski menyehatkan, namun sebaiknya dihindari ketika kamu akan berolahraga. Segala produk berbasis susu seperti keju dan yogurt pun perlu dihindari. Kamu berpotensi mengalami kram usus saat mengonsumsinya sebelum berolahraga.

BACA JUGA : 5 Makanan Yang Dapat Dimakan Mesti Sudah Kadaluwarsa

Sayur dan kacang-kacangan

Sayuran hijau dapat memberi serat pada tubuh. Namun tidak baik jika dikonsumsi sebelum olahraga karena menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan belerang di dalamnya.

Minuman berkarbonasi

Minuman mengandung kola dan soda tidak dianjurkan dikonsumsi sebelum berolahraga karena dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, jus buah kemasan juga perlu dihindari sebelum berolahraga karena tingginya kandungan fruktosa di dalamnya tidak mudah dicerna.

Dessert

Makanan penutup selain mengandung banyak kalori juga sulit untuk diubah menjadi energi. Gula di dalamnya biasanya sarat dengan karbohidrat sehingga bisa mengacaukan kadar gula darah dalam tubuh. Dessert bisa membuat gula darah melonjak dan menurun secara tiba-tiba. Gerak aktif tubuh saat berolahraga dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

Gorengan

Gorengan mengandung lemak jenuh yang harus dihindari. Terlebih saat berolahraga, makanan berminyak seperti kentang goreng, tempe goreng dan lainnya semakin sulit untuk dicerna. Ini bisa menyebabkan perut melilit dan kram saat berolahraga.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola