5 Benda Aneh Ini Pernah Kena Sita KPK Hingga Ternak Babi Pun Diangkut

lensaterkini.web.id - Bukan rahasia lagi jika di tanah air kasus korupsi seolah tak ada habis-habisnya. Satu tersangka tertangkap, beberapa lainnya menyusul. Dan kasus korupsi tidak hanya soal uang puluhan miliar, tapi juga tentang barang-barang gratifikasi yang diberikan mulai dari benda mewah sampai makanan sekalipun. Jika benda tersebut dihadiahkan guna memuluskan keinginan pribadi, maka masuk pada benda gratifikasi.

Kalau baru-baru ini masyarakat sedang heboh dengan lelang mobil dengan harga miring bekas para koruptor, sebelumnya juga ada lelang serupa. Bedanya, benda yang dilelang bukan mobil melainkan barang-barang mulai dari koleksi pribadi hingga makanan milik koruptor.

Peternakan Babi

Tersangka korupsi APBD Tomohon tahun anggaran 2008-2012 ditangkap serta dilakukan penyitaan pada peternakannya di daerah Manado, Sulawesi Utara. Akhirnya KPK melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado melelang tanah sekaligus peternakan milik tersangka Jefferson Soleiman Montesqieu Rumajar tersebut. Tanah dan peternakan babi ini dibuka dari harga Rp 1,34 miliar dengan uang jaminan sebesar Rp 270 juta.

Keris Antik

Banyak dari pejabat di Indonesia yang memang gemar mengoleksi benda antik seperti keris, tombak, cincin kuno, dan sejenisnya. Seperti yang disita KPK pada kasus yang menyangkut Perwira Ditjen Hubla di Gunung sahari, pihak KPK menyita temuan sejumlah 5 buah keris, 1 tombak, jam tangan, 20 cincin dan batuh akik dengan ikatan emas putih dan kuning.

BACA JUGA : 6 Barang Aneh Ditemukan Dalam Koper Jamaah Haji Indonesia

Keris-keris lain juga ditemukan di rumah para koruptor lainnya. Nah, kerispun menjadi salah satu barang yang dilelang dan diincar kolektor karena harganya sangat miring.

Stick Golf, Parfum, Hingga Sabuk

Pada Festival Anti Korupsi yang dilakukan pada 9 Desember 2014 silam, KPK melelang beberapa benda via e-mail. Barang-barang itu di antaranya stick golf, ballpoint ont Blanc, sabuk merk Salvatore hingga parfum Bvlgari Man Extreme 60 ml. Selain itu ada juga sepeda Polygon tipe premier 3.0, tas ransel troli merk Polo Home, dan tablet Lenovo A3000.

Album Noah Hingga Madu Propolis

Selain lelang via email, ada juga lelang secara langsung pada Festival Anti Korupsi yang dilaksanakan pada 11 Desember 2014. Barang-barang tergolong unik dan menarik perhatian pengunjung di antaranya adalah compact disk (CD) Noah dan madu propolis. Selain itu ada juga buku, tas golf, topi, radio, voucher belanja, kacamata, dasi dan sebagainya.

Gelang Emas Putih dengan 130 Mata Berlian

Hari Jumat, 22 September 2017 lalu, KPK juga melelang barang milik tersangka kasus korupsi Ahmad Fathana yaitu gelang emas putih dengan 130 mata berlian. Tidak hanya itu, KPK juga melelang cincin emas putih dengan 114 berlian. Kedua benda tersebut masing-masing dibuka dengan harga Rp 31,03 juta dan Rp35,47 juta

Itu dia barang-barang unik yang disita oleh KPK dari koruptor. Ternyata bukan hanya benda-benda mewah atau bernilai mahal yang disita. Bahkan sabuk, parfum, dasi, dan benda-benda pribadi juga disita. Wah, kalau koruptor tingkat akut bisa-bisa bukan hanya harta benda tapi apa yang dipakai dari ujung rambut hingga kaki bisa disita  juga dong? Nah, gitu masih juga nggak kapok.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola