4 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Disetiap Hari Jum'at

lensaterkini.web.id - Sebagian besar umat Islam di Indonesia mungkin terbiasa membaca surat Yaasin di malam Jumat atau di hari Jumatnya. Bahkan, adanya kebiasaan itu sudah menjadi adat yang dilengkapi dengan acara tahlilan rutin. Kebiasaan tersebut tentu saja bagus, karena membaca Al-Qur’an memang dianjurkan. Namun pernahkah kalian mendengar bahwa surat Al-Kahfi juga sangat utama dibaca di hari Jumat?

Begitu utamanya, sampai-sampai banyak hadist Nabi Muhammad SAW yang membahas ayat tersebut. Rasulullah menjelaskan beberapa kali betapa pentingnya mengamalkan surat tersebut, khususnya di hari Jumat. Dan rupanya, Al-Kahfi memang memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

Mendapat pengampunan dosa di antara dua dosa

Sebagai manusia biasa, tentu tiap harinya kita tak luput dari berbuat dosa. Itulah sebab kenapa kita dianjurkan untuk sering-sering memohon ampun, atas dosa yang dengan sengaja atau tanpa sengaja kita lakukan. Selain membaca istigfar, Rasulullah SAW juga meriwayatkan agar umatnya membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

BACA JUGA : 5 Tumbuhan Yang Memiliki Khasiat Paling Luarbiasa Bagi Manusia

Karena dengan membaca surat tersebut penuh keikhlasan, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, yang nantinya akan menerangi saat hari kiamat serta diampuni dosanya di antara dua Jumat. Bisa dibayangkan, hanya beberapa menit yang kita luangkan untuk membaca Al-Kahfi, bisa diampuni dosa kita di antara dua Jumat.

Sebagai pelindung dari fitnah Dajjal

Sebagai muslim, mungkin kita tidak asing lagi dengan Dajjal. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa Dajjal adalah sosok yang akan muncul jelang hari kiamat. Hampir seluruh nabi memberi wasiat pada umatnya untuk berlindung pada Allah dari fitnah Dajjal.

Karena orang-orang yang hidup di zaman Dajjal akan mendapat ujian iman yang begitu berat. Dan nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa siapapun yang menghafal surat sepuluh ayat terakhir surat Al-Kahfi akan terlindung dari fitnah Dajjal. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca Al-Kahfi di hari Jumat, sekaligus menghafalkan 10 ayat terakhirnya.

Disinari cahaya antara dirinya dengan Kabah

Sebagai umat muslim, tentu saja kita semua ingin pergi haji. Namun nyatanya, tak semua orang bisa beruntung bisa menginjakkan kaki di mekah dan berhadapan dengan Kabah. Namun, Nabi Muhammad SAW pernah meriwayatkan bahwa siapapun umat Islam yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka akan disinari oleh cahaya antara dirinya dengan Kabah.

BACA JUGA : 15 Khasiat Kayu Ular Bagi Kesehatan Manusia

Tentu sebagai muslim kita begitu ingin mendapat sinar tersebut, kan? Dan cara mendapatkannya begitu sederhana, dengan membaca Al-Kahfi. Sungguh Allah Maha Pemurah.

Melindungi rumah dari gangguan setan

Selama ini tentu kita tahu bahwa setan selalu ada di manapun, dan senantiasa terus menggoda manusia untuk melakukan dosa. Tiap harinya, setan juga menghuni rumah kita untuk membisikkan godaan yang menyesatkan.

Namun, diriwayatkan Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal, yang menyebutkan bahwa rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi dan Al-Baqoroh tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu. Sunnah membaca surat Al-Kahfi sendiri pada malam Jumat yang diawali sejak terbenamnya matahari di hari Kamis atau hari Jumatnya.

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Semoga mulai hari ini, kita bisa menambah kebiasaan dengan amalan membaca surat Al-Kahfi demi mendapat pengampunan dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola