4 Insiden Buruk Hewan Kurban Saat Ingin Disembelih

lensaterkini.web.id - Idul adha merupakan salah satu hari raya besarnya orang Islam. Di momen tersebut, merupakan kesempatan umat muslim berbagi kebahagiaan dengan saudara—khususnya buat mereka yang kurang mampu membeli daging. Tahu sendiri, di Indonesia harga daging begitu ugal-ugalan. Tentu bukan hal mudah bagi sebagian orang untuk menikmati sepotong lauk mahal tersebut. Namun di hari idul adha, orang-orang yang memiliki rezeki lebih berkesempatan untuk membagikan kebahagiaan

Tapi, yang namanya hidup memang tak selalu berjalan lancar seperti yang direncanakan. Bahkan, hal-hal yang sudah disusun dengan rencana yang matang masih bisa berjalan kacau. Seperti beberapa insiden yang menimpa beberapa muslim saat hendak melaksanakan qur’ban. Mungkin Tuhan ingin memberikan ujian, hingga insiden ngenes ini terjadi pada hewan yang hendak disembelih.

Mengamuk sampai kecebur sumur

Seolah nggak ridho jika dirinya bakal jadi qur’ban, sapi milik warga di Gemah Karanglo, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah mengamuk. Hidayat, pemilik sapi mengatakan jika hewan tersebut diikat di dekat sumur tua yang tidak terpakai. Namun, jelang disembelih, sapi tersebut mengamuk dan menendang bibir sumur dan membuatnya terjatuh ke dalam lubang sumur sedalam 12 meter.

Beruntung warga dan petugas kebarakan segera datang untuk melakukan evakuasi. Untuk mengeluarkan sapi yang memiliki bobot sekitar 400 kg tersebut, setidaknya butuh dari 20 orang. Setelah berhasil dikeluarkan, sapi langsung disembelih karena kondisinya yang sudah lemas.

Ngamuk sampai ditembak polisi

Situasi nggak kalah dramatis juga terjadi Perumahan Jatibening Dua. Pasalnya, seekor kerbau yang hendak disembelih mengamuk dan membahayakan masyarakat. Diketahui jika kerbau tersebut mulai hilang kendali saat perjalanan menuju Musala Attin, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Diduga kerbau tersebut stress setelah mencium bau darah kambing yang disembelih di sekitar lokasi.

Kerbau kabur ke rumah warga dan tak bisa dikendalikan. Khawatir dengan gelagat kerbau yang membahayakan, warga akhirnya menelpon polisi. Akhirnya, atas izin panitia qur’ban, kerbau seberat 4,5 kuintal tersebut ditembak dan langsung disembelih.

Belasan ekor kambing mengalami kecelakaan dan tewas di perjalanan

Manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan. Begitu pula yang terjadi pada pemilik 30 ekor kambing yang rencananya akan dikirim yayasan sosial di wilayah Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Dari 30 ekor yang harusnya diqurbankan, belasan diantaranya gagal disembelih karena lebih dulu mati akibat kecelakaan. Insiden itu bermula saat pick up yang mengangkut kambing tersebut melaju kencang dari arah timur ke barat atau dari Probolinggo menuju Surabaya.

Saat sampai di TKP, mobil pick up yang dikemudikan oleh Rito tiba-tiba goyang karena kebanyakan muatan. Pick up sempat berjalan zig zag dan menyerempet CVR yang melaju berlawanan arah. Tak lama kemudian, mobil bernopol N 8331 NB itu terguling dan membuat kambing yang hendak disembelih kocar-kacir, bahkan belasan diantaranya langsung tewas ditempat.

Seolah hendak minggat, sapi ini kabur ke terminal Purbaya

Seekor sapi dari Desa Bungurasih juga sepertinya nggak terima jika akan dijadikan qurban. Sesaat sebelum disembelih, sapi tersebut menyerang salah satu panitia qurban. Menurut warga setempat, sapi itu memang sedikit aneh, terlebih tali pengikat hanya dililitkan di leher (tidak dikaikan ke hidung) sehingga kekuatan sapi lebih besar.

Sapi galak itu akhirnya membuat panitia tak berdaya kemudian kabur ke Terminal Purbaya. Di terminal, sapi mulai mengamuk dan menyeruduk hingga membuat panik warga dan penumpang. Setidaknya memakan waktu hingga satu jam hingga sapi bisa berhasil dijinakkan. Akhirnya, sapi langsung disembelih di sekitar terminal. Khawatir jika menunda-nunda akan membuat sapi mengamuk lagi.

Apapun insiden buruk yang terjadi jelang penyembelihan qur’ban, tentu Tuhan tahu jika ada niat baik dari pemilik hewan dan juga panitia. Selalu ada pahala untuk mereka yang ikhlas. Semoga insiden buruk yang terjadi saat momen iduladha tersebut yang melipat gandakan pahala orang-orang yang bersangkutan. Amin.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola