4 Bantuan Indonesia Pada Etnis Rohingnya Ditengah Kerusuhan di Nyanmar

lensaterkini.web.id - Lagi, konflik di Myanmar kini telah memanas kembali beberapa waktu yang lalu. Dilansir dari beberapa media internasional, rupanya militer Myanmar lagi-lagi melakukan pembakaran dan pembantaian pada etnis minoritas Rohingnya. Namun yang jelas, hal itu membuat heboh beberapa negara yang akhirnya mengecam aksi tersebut dan melakukan apapun untuk membantu Rohingnya.

Rupanya salah satu negara yang juga tidak tinggal diam dengan pembantaian di Rohingnya adalah Indonesia. Ya, berbagai upaya dilakukan agar etnis muslim itu dapat bernafas lega. Ternyata bukan pertama kali Indonesia melakukan hal seperti ini, namun sejak pertama konflik Rohingnya terjadi. Lalu jasa Indonesia apa saja yang pernah dilakukan Indonesia pada Rohingnya? Simak ulasan berikut.

Gerak cepat Indonesia saat Rohinya memanas

Seperti yang telah diketahui, kini Rohingnya memanas kembali. Ya, dikabarkan terjadi lagi serangan yang dilakukan oleh militer Myanmar. Namun sepertinya Indonesia tidak mau tinggal diam mengenai hal tersebut. Bahkan sejak pertama kali terjadi konflik Rohignnya dulu, pemerintah Indonesia selalu melakukan gerak cepat dalam masalah ini. Salah satu hal yang dilakukan adalah segera menghubungi pihak penasihat atau dewan Myanmar saat berita ini menyebar di media internasional.

BACA JUGA : Inilah 4 Kecurangan Dalam SEA Games 2017 Terhadap Indonesia

Ya, Menlu Indonesia mendesak para penasehat Myanmar untuk segera memberikan kejelasan di sana serta penanggulangan terhadap konflik yang bisa saja tambah membesar. Ya, bisa dibilang kalau Indonesia tidak akan pernah berdiam diri ketika Rohingnya dalam masalah.

Indonesia kirim obat-obatan dan makanan untuk Rohingya

Memang keadaan Rohingnya saat ini bagai buah Simalakama, mau pergi di Bangladesh tidak diterima, tetap di Myanmar namun konflik makin memanas. Akhirnya mereka harus bertahan dengan apa yang ada. Melihat penderitaan para etnis Rohingnya ini, akhirnya pemerintah Indonesia membantu dengan mengirimkan makanan serta obat-obatan bagi mereka.

Dengan keadaan yang seperti itu bahan-bahan pokok tersebut pastinya akan sengat dibutuhkan oleh mereka. Pemerintah kita akan berkomintmen untuk terus mengirimkan bantuan ketika Rohingnya terkena masalah. Bukan hanya kali ini, tetapi sejak dulu dan seterusnya.

Rumah sakit dan Sekolah bantuan Indonesia berdiri di Rohingnya

Adanya konflik yang lumayan panas ini pastinya menimbulkan berbagai permasalahan bagi masyarakat Rohingnya sendiri. Misalnya saja kesehatan maupun pendidikan. Oleh sebab itu, rupanya Indonesia tidak mau tinggal diam dengan hal tersebut.

BACA JUGA : 5 Negara Asing Yang Cinta Mati Dengan Kerupuk Indonesia

Akhirnya bumi pertiwi mengirimkan bantuan ke Myanmar untuk digunakan membangun rumah sakit dan empat sekolah yang ada di sana. Tidak lupa, Indonesia juga mengirimkan beberapa tenaga ahli dan para pendidik untuk juga ikut membantu. Ternyata hal itu juga direspon positif oleh Myanmar, alhasil beberapa warga beragama Budha di sana pun juga ikut membantu berdirinya rumah sakit serta sekolah di Rohingnya.

Indonesia mau menampung para Rohingnya terlantar

Beberapa tahun yang lalu, nasib para Rohingnya terobak-ambik oleh arus samudra. Ya, lantaran adanya konflik yang ada di negaranya, akhirnya mereka harus melarikan diri menggunakan sebuah perahu untuk mendapatkan perlindungan. Salah satu negara yang disinggahi adalah di Indonesia tepatnya di Aceh.

Di sana, para pengungsi ini mendapatkan bantuan baik tempat tinggal, sandang dan pangan. Sebagian dari mereka masih menetap di sana, sebagian lain sudah dibawa ke Medan, dan yang lainnya sudah di suakakan ke Amerika. Hampir semua dari para pengungsi ini menolak jika harus dipulangkan karena mengingat konflik yang mereka alami.

Memang nasib Rohingnya sekarang memang seperti buah simalakama, tidak tahu harus bagaimana. Namun Indonesia sebagai negara yang menjunjung perdamaian tidak akan tinggal diam dengan hal tersebut. Seperti yang diketahui, bahkan sejak pertama kali konflik bergejolak Indonesia tetap membantu. Kini tinggal kita doakan agar kedamaian di Rohingnya bisa tercapai.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola