5 Mobil Mewah Dengan Pajak Paling Mahal Bikin Kantong Kering

lensaterkini.web.id - Kian hari, gaya hidup masyarakat kalangan menengah ke atas cenderung makin hedonis dan konsumtif. Khususnya di kota metropolitan, mulai banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki mobil mewah dengan harga selangit. Namun untuk memiliki kendaraan mentereng di ibu kota, sepertinya perlu menimbang-nimbang dengan matang.

Pasalnya, untuk memiliki mobil mewah yang dipikirkan bukan hanya harga pembeliannya saja. Sebab seperti di Provinsi DKI Jakarta, telah ada Perda khusus yang mengatur pajak kendaraan bermotor termasuk di dalamnya kendaraan mewah. Dan lagi, besaran pajak untuk mobil-mobil mewah seperti Ferrari Spider bahkan bernilai hingga ratusan juta per tahunnya. Ngeri nggak tuh?. Yuk kita intip besaran pajak mobil-mobil mewah di Indonesia.

Ferrari Spider, Pajak Per Tahun Rp 123 Juta

Untuk mobil mewah seperti Ferrari Spider, saat ini harganya mencapai Rp 6 miliar per unit. Perhitungan pajaknya Rp 6 miliar x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Maka, pajak yang harus dibayar pertahunnya adalah Rp 126 juta per tahun. Namun besarnya pajak akan berbeda jika bukan kepemilikan pertama.

Karena prosentase tiap kepemilikan berbeda. Kepemilikan pertama sebesar 2%, kepemilikan kedua sebesar 2,5%, ketiga 3%, keempat 3,5 persen, dan seterusnya. Setiap bertambah satu kepemilikan bertambah 0,5 %. Sedangkan kepemilikan ketujuh belas dan seterusnya sebesar sepuluh persen.

BACA JUGA : 5 Selebritis Yang Nunggak Bayar Pajak Kendaraan Motor Mewahnya

Jika kita asumsikan Ferrari Spider adalah kepemilikan ketujuh belas, maka perhitungannya jelas berbeda dengan kepemilikan pertama. Yaitu Rp 6 miliar x 1,050 (bobot) x 10%, maka pajak yang harus dibayar adalah Rp 630 juta.

Lamborghini Gallardo, Pajak Rp 112,75 Juta Per Tahun

Mobil Lamborhini Gallardo yang harganya mencapai Rp 5,5 miliar per unit. Maka pajak yang dikenakan Rp 5,5 miliar x 1,25 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Hasilnya, pajak yang harus dibayar sebesar Rp 112.750.000 per tahunnya.

Mobil Rolls-Royce, Pajak Pertahunnya Rp 77,9 Juta

Harga mobil roll-royce per unit mencapai Rp 3,8 miliar. Perhitungan pajaknya Rp 3,8 miliar x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Maka, pajak yang harus dibayar pertahunnya adalah Rp 77,9 juta per tahun

Porsche Boxster, Pajak Rp 71,75 Juta Per Tahun

Mobil Porsche Boxster seharga Rp 3,5 miliar per unit, maka pajak yang dibayar per tahunnya sekitar Rp 123 juta. Perhitungannya, adalah Rp 3,5 miliar dikalikan 1,025 (bobot) dan dikalikan 2% (tarif kepemilikan pertama).

BACA JUGA : 7 Mobil Mewah Buatan Negara Indonesia

Mobil Alphard, Pajak Pertahun Rp 18,988 Juta Pertahun

Meski harganya kurang dari satu miliar, Alphard yang dibanderol Rp 904.700.000 per unit juga masuk kategori yang dikenai pajak kendaraan mewah. Biaya yang dikenakan Rp 904.700.000 x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama). Maka, pajak yang harus dibayar pertahunnya adalah Rp 18.998.700.

Pajak diatas untuk asumsi setiap unit mobil adalah kepemilikan pertama. Untuk kepemilikan kedua dan seterusnya, tentu biaya pajak yang harus dikeluarkan jelas lebih mahal. Hal ini belum ditambah biaya bahan bakar, service, dan lain-lain, maka pemilik akan merogoh kocek yang lumayan tiap tahunnya. Jadi, bagi kita yang uangnya pas-pasan untuk membeli mobil mewah sebaiknya dipikir berulang kali dulu. Ketimbang nanti kerepotan bukan?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola