4 Alasan Kenapa Negara Qatar Sangat Disegani Negara Lain

lensaterkini.web.id - Kembali ke beberapa waktu yang lalu, kabar buruk tentang Qatar dikucilkan oleh negara-negara tetangga. Alasannya diketahui karena diduga negara ini mendukung aksi terorisme. Berita ini juga bikin dunia, bahkan digadang-gadang pun bisa menjadi potensi konflik panas bagi perang. Namun, seiring berjalannya waktu, berita seru ini lenyap seakan belum pernah terjadi apa-apa.

Masih soal Qatar, negara ini luar biasa. Luas mungkin tidak kecil tapi benar-benar cabai. Secara ekonomi misalnya, negara ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Dan karena itu, orang-orang di sana nampaknya tidak kekurangan uang. Keagungan Qatar tidak hanya itu, ada banyak hal hebat lainnya yang membuat dunia malu.

Negara yang Kaya Raya dengan Hasil Minyak dan Gas Bumi

Sebelum Perang Dunia II, Qatar adalah salah satu negara termiskin dan terkecil. Sumber penghasilan masyarakat berasal dari budidaya mutiara dan perikanan. Situasi kemudian berubah secara dramatis karena sumber minyak bumi ditemukan dan terus tumbuh sampai usia 40-an. Pendapat per kapita-nya terus meningkat dan menarik banyak ekspatriat. Migran (kebanyakan dari Asia Selatan) kemudian mengubah keadaan.

BACA JUGA : 4 Alasan Kenapa Wanita Palestine Banyak Disukai Para Pria

Saat ini, Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia dengan output minyak dan gasnya. Sementara itu, cadangan minyak Qatar kini diperkirakan mencapai 15 miliar barel (2,4 km³). Qatar (bersama dengan Bahrain) juga merupakan negara dengan tarif pajak terendah di dunia karena tidak ada pajak penghasilan. Tak heran jika Qatar masuk dalam daftar negara dengan indeks perkembangan manusia yang tinggi.

Qatar Jadi Basis Sejumlah Perusahaan Raksasa

Qatar berada di peringkat 54 dunia sebagai negara terbaik untuk bisnis Forbes. Ini bukan tanpa alasan. Qatar menjadi basis sejumlah perusahaan besar. Sebut saja Qatar Airways, jaringan media Al-Jazeera, dan Qatar Investment Authority yang sahamnya di Volkswagen, Porsche, dan banyak lagi. Dengan hadirnya perusahaan besar di Qatar, roda bisnis dunia sedikit terpengaruh oleh industri bisnis yang dijalankan di Qatar.

Qatar Memiliki Pengaruh yang Begitu Kuat di Jazirah Arab

Negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini memiliki pengaruh kuat di Jazirah Arab. Pengaruh apa artinya ini? Jadi Qatar ini mendukung sejumlah kelompok pemberontak selama Kebangkitan Dunia Arab atau juga disebut sebagai Musim Semi Arab.

BACA JUGA : 4 Alasan Utama Para PNS Sering Mangkir Kerja

Ini adalah saat gelombang protes dan demonstrasi revolusioner yang terjadi di dunia Arab. Dukungan yang diberikan Qatar pada saat itu tidak hanya dalam bentuk keuangan tetapi juga melalui kelompok media besar mereka, Al Jazeera Media Network. Dengan dukungan yang begitu besar, Qatar menunjukkan pengaruhnya yang sangat besar.

Berani Mengalokasikan Dana Besar-Besaran untuk Memperkuat Militernya

Kekuatan militer Qatar tidak bisa diremehkan. Negara ini bisa mengalokasikan hingga 1,9 miliar poundsterling untuk meningkatkan kekuatan militernya. Selain itu, pada periode antara 2007 hingga 2011, terjadi peningkatan impor senjata sebesar 245 persen.

Sementara impor senjata ke Timur Tengah meningkat menjadi 86 persen selama periode 2012-2016. Dengan memastikan ketahanan militer yang kuat dengan dukungan pendanaan yang luar biasa, Qatar menunjukkan taringnya sendiri di mata dunia.

Negara minyak ini memang memiliki banyak pengaruh di dunia. Dari ekonomi, bisnis, hingga militer, Qatar memiliki banyak gangguan di dunia. Meski bukan negara dengan area yang luas, namun kekuatannya jelas tidak bisa diremehkan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Fakta
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola