6 Zak Kimia Dalam Makanan Olahan Ini Dapat Meracuni Tubuh

lensaterkini.web.id - Siapa yang bisa menahan bau dan rasa makanan olahan? Rasa lezat dan aroma yang lezat membuat makanan seperti sosis, chicken nugget, atau kornet memiliki banyak penggemar.

Tapi pernahkah anda bertanya-tanya mengapa makanan olahan bisa memiliki rasa yang enak dan tahan lama alias tidak mudah busuk seperti makanan segar? Jawabannya, tentu saja terletak pada zat kimia berupa aditif dan bahan pengawet yang ditambahkan ke makanan. Bahan kimia apa saja yang ada dalam makanan olahan? Dilansir dari boldsky.com, inilah jawabannya.

Pemanis buatan

Pemanis buatan adalah aditif yang biasa digunakan dalam makanan olahan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi zat ini secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

BACA JUGA  : 7 Zat Kimia Yang Dapat Membunuh Ribuan Orang Sekaligus

Sodium nitrat

Sodium nitrat sering ditambahkan ke produk daging untuk bertahan lebih lama. Nitrat adalah karsinogen yang tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

Gula halus atau gula tepung

Selain pemanis buatan, ada juga gula halus yang banyak digunakan pada makanan olahan. Konsumsi gula rafinasi dapat meningkatkan risiko diabetes, sakit kepala, obesitas, kanker, dan penyakit jantung.

MSG

Sering heran mengapa rasa makanan olahan begitu lezat? Jawabannya ada pada MSG atau monosodium glutamat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi MSG yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan saraf dan sakit kepala.

BVO

BVO atau minyak nabati brominasi adalah istilah minyak nabati yang sering ditambahkan pada makanan olahan untuk membuatnya berkembang. Zat ini dikenal sebagai toksin dan bila dikonsumsi terus menerus akan menyebabkan penyakit.

BACA JUGA : 5 Zat Paling Berbahaya Dibanding Air Keras

Oleon

Oleon atau olestra adalah aditif yang biasa ditemukan di makanan ringan. Konsumsi produk dengan kandungan oleon di dalamnya akan menyebabkan masalah pencernaan dan menguras vitamin yang ada di dalam tubuh.

Selain aditif di dalamnya, Anda juga harus mewaspadai pestisida yang digunakan pada sayuran dan buah-buahan. Untuk meminimalkan paparan bahan kimia ini, cobalah memilih makanan organik yang bahan kimia minimal.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola