5 Negara Yang Tidak Memungut Pajak Dari Penduduknya

lensaterkini.web.id - Anda bisa mengatakan bahwa kemakmuran sebuah negara bergantung pada seberapa rajin bangsanya membayar pajak. Semakin rajin seseorang membayar pajak, semakin cepat infrastruktur akan tumbuh. Misalnya, Indonesia, hampir 70 persen pendapatan negara berasal dari pajak. Namun sayangnya jumlah faktanya tidak begitu banyak karena banyak yang curang saat membayar pajak.

Tapi tidak ada negara tanpa pajak? Pasti menyenangkan tinggal di sana. Bukan hanya fantasi, memang benar ada sebuah negara tanpa pajak di dunia ini. Bukan cuma free tug state, bahkan banyak tunjangan yang diberikan gratis oleh pemerintah? Jadi negara mana itu? Periksa ulasan berikut ini.

Sudah kaya minyak tidak perlu bayar pajak

Bukanlah suatu hal yang aneh bagi satu negara ini untuk dikenal karena kekayaannya yang melimpah. Ya, Uni Emirat Arab terkenal dengan sumber minyaknya yang melimpah di negara ini.

BACA JUGA : 5 Negara Yang Bebas Menjual Senjata Pada Warganya

Begitu banyak hasil penjualan dan pembelian minyak, hingga 80% kebutuhan negara didukung oleh pendapatan minyak. Sedangkan sisa cukai dan alkohol. Asal tahu saja, di negara ini penjualan alkohol dikenai pajak sangat mahal. Bukan hanya penjual tapi pembeli juga kena pajak. Karena semua kebutuhan negara sudah mencukupi, wajar kalau warga bukan pembayar pajak.

Qatar, gas berlimpah ruah, masyarakat makmur sentosa

Berbeda lagi dengan yang di Qatar, seperti yang diketahui kekayaan gas alam negara ini sangat melimpah. Dengan melakukan ekspor gas masif, negara ini hampir mencakup semua kebutuhan negaranya. Oleh karena itu masyarakat di sana tidak diharuskan membayar pajak oleh pemerintah.

Meski tidak kena pajak, masyarakat Qatar diwajibkan membayar biaya jaminan sosial sebesar 5 persen dari pendapatan mereka. Tapi beberapa tahun yang lalu ada rencana kebijakan untuk mengubah peraturan tersebut.

Negara penghasil minyak terbesar bikin rakyat kaya raya

Ketika datang ke minyak, Oman adalah raja. Ya, salah satu negara timur tengah tetap bertahan sebagai penghasil minyak terbesar di dunia. Bayangkan saja pada 2013, pendapatan minyak Oman bisa mencapai Rp 80 Triliun, dan dengan angka tersebut bisa menutupi hampir 71 persen kebutuhan negara. Akhirnya pemerintah Oman membebaskan pajak pribadi seperti seluruh rakyatnya. Namun, Oman hanya mewajibkan warga membayar jaminan sosial sebesar 6,5 persen dari pendapatan pribadi.

Pulau Cayman, tempatnya para orang kaya

Meski tidak menghasilkan minyak, Cayman Island juga menerapkan kebijakan anti pajak untuk setiap warga negara. Selidiki kaliber, banyak orang kaya yang sengaja datang ke sini hanya untuk lolos dari perbudakan pajak negara.

BACA JUGA : 4 Negara Yang Bebas Menjual Organ Tubuh Manusia

Meski begitu, kemakmuran di kepulauan Cayman dijamin karena setiap perusahaan harus menyediakan dana pensiun, serta beberapa manfaat seperti kesehatan dan lain-lain. Ada, bagaimanapun, tidak ada pajak pribadi tapi ada beberapa biaya tambahan di sana. Katakanlah saat mengimpor barang, dibebankan 25 persen dari harga barang.

Bahrain tidak kalah dengan negara timur tengah lain

Ya, seperti yang lainnya, negara ini juga kaya akan minyak. Ladang minyak di Abu Shafa bisa diblok hingga 70 persen dari pendapatan negara. Karena itu negara ini tidak memerlukan pajak pribadi untuk setiap warga. Meski demikian, warga Bahrain harus membayar biaya tambahan seperti asuransi atau jaminan sosial. Tapi dengan kekayaan yang dimiliki oleh penduduknya, membayar biaya ini bukanlah kendala apapun.

Itulah beberapa negara yang mengecualikan pajak untuk penduduknya. Senang tinggal di negara itu. Tapi jangan berkecil hati, Indonesia juga bisa benar-benar seperti itu. Asalkan kita saling membantu untuk memproses sumber daya. Pajak gratis, tidak ada lagi sesuatu yang tidak mungkin.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola