5 Ide Hebat Dalam Penemuan Yang Tak Pernah Direalisasikan

lensaterkini.web.id - Teknologi tak akan ada jika tak ada penemu. Penemu adalah orang-orang jenius dengan pemikiran kritis dan memiliki keresahan yang membuat dirinya tergerak untuk menciptakan sesuatu. Oleh karena itu, kehidupan kita saat ini makin mudah.

Tentu menjadi seorang penemu lalu tak juga serta merta menemukan sesuatu. Mereka harus melakukan banyak uji coba dan melalui banyak kegagalan. Yang paling sulit, mengembangkan ide jadi sesuatu. Ide mereka kadang brilian, namun tak bisa direalisasikan karena terlalu mustahil.

Meski kehidupan kita saat ini terasa sudah sangat dimudahkan teknologi, jika berbagai ide ini bisa menghasilkan sesuatu dan terealisasi, hidup kita akan jauh lebih mudah lagi. Berikut ide penemuan terhebat namun tak pernah bisa direalisasikan.

Mengatur waktu hujan

Ide untuk 'mengatur' waktu hujan adalah hal yang sudah lama dikonsepkan. Meski bertentangan dengan takdir, pernah ada ilmuwa yang mencoba membuatnya. Dialah Wilhelm Reich.

Ide ini muncul karena Reich sangat prihatin dengan keadaan di daerah tempat dia tinggal, yakni negara bagian Maine, AS, dilanda kekeringan sehingga panen bluberi di sana anjlok. Akhirnya, ia membuat sebuah penemuan bernama 'Cloudbuster'.

BACA JUGA : 9 Penemuan Paling Membahayakan Bagi Seluruh Manusia di Dunia

Dikutip dari Bangor Daily News yang meliput langsung percobaan pertamanya, alat ini bekerja sesuai harapan. Prakiraan cuaca tak menyebut akan ada hujan di hari tersebut, dan setelah menyalakan mesin, awan badai terbentuk dan menghasilkan hujan 0,64 centimeter.

Namun tidak sampai lanjut ke percobaan kedua, peralatan Reich disita oleh pemerintah dengan alasan tertentu. Jika tak dilakukan percobaan secara terus menerus, tentu belum diketahui apakah hal tersebut bisa diandalkan atau tidak. Meski sampai sekarang, alat semacam itu tidak ada lagi.

Tenaga nuklir untuk energi rumahan

Sudah kita ketahui kalau tenaga nuklir adalah tenaga yang sangat besar dan tak bisa diberdayakan secara sembarangan. Meski demikian, pernah ada ambisi untuk membawa kekuatan besar tersebut untuk sumber tenaga di perumahan sebagai pengganti listrik berbayar.

Toshiba pernah membuat reaktor nuklir terkecil, yang diproyeksikan untuk diletakkan di tengah-tengah sebuah kompleks pemukiman. Meski demikian, hingga mencapai fase produksi untuk pemasaran, hal ini tak berkelanjutan.

Padahal jika hal ini benar-benar terealisasi, ini adalah solusi murah untuk listrik tanpa batas. Yang mana jadi masalah di era listrik ternyata menagih jumlah uang yang besar per bulannya.

Obat bagi penyakit jantung dan kanker

Penyakit jantung sudah barang tentu adalah pembunuh utama bagi manusia. Tentu penyakit ini tak memiliki obat. Kanker pun punya reputasi serupa dan sama mengerikannya. Namun bagaimana jika penyakit jantung dan kanker ada obatnya?

Ternyata para ilmuwan telah mengupayakan hal tersebut. Masalahnya hanya pada berbagai cara yang diupayakan ini melawan regimen pengobatan yang ada saat ini.

BACA JUGA : 10 Penemuan Aneh yang Buktikan Adanya Kehidupan Diluar Angkasa

AMA, asosiasi medis AS, melarang adanya percobaan pengobatan untuk penyakit jantung meski hal tersebut akan jadi penemuan besar jika berhasil.

AMA juga melarang peredaran alat bernama Royal Rife, sebuah mesin yang digadang-gadang bisa membunuh kanker. Alat yang diciptakan tahun 1934 di saat kanker masih dianggap virus ini, bekerja dengan menembakkan sinar laser ke area kanker. Tak ada bukti secara ilmiah bahwa kedua alat ini memiliki dampak positif. Gagasan yang tentu luar biasa, namun sangat sulit untuk terealisasi tanpa menerima berbagai dampak.

Mobil bertenaga air

Meski terdengar tak masuk akal, ternyata ada banyak sekali ilmuwan yang mencoba untuk membuat kendaraan yang bisa berjalan dengan tenaga cuma dari air. Ini tentu ide brilian, mengingat air adalah sumber daya yang bisa diperbarui.

Salah satu yang terdokumentasi dan yang terkenal adalah mobil-mobil berjenis buggy yang dibuat oleh Stan Meyer. Mobil bertenaga air yang dibuatnya bisa berjalan hingga jarak 43 kilometer per liter airnya.

Sayangnya, banyak tekanan yang ditujukan padanya atas teknologi ciptaannya ini. Ia pun mengakhiri penelitiannya terhadap mobil bertenaga air. Bahkan, teknologinya ini membuat rumor beredar bahwa ia ditekan banyak pihak seperti perusahaan minyak, yang membuatnya meninggal dalam keadaan sakit aneurisma otak. Sampai sekarang, tak ada yang mengembangkan teknologi serupa, dan sepertinya tak akan ada.

Listrik gratis

Nikola Tesla adalah salah satu penemu paling terkenal di dunia. Salah satu gagasannya mungkin akan mengusik pikiran Anda: listrik gratis.

Secara sukses dan terdokumentasi dengan baik, ia berhasil mentransfer listrik secara nirkabel. Ia mengklaim akan mampu memperkuat temuannya dengan bisa memberi pasokan listrik pada suatu area tertentu hanya dengan menara tunggal.

Meski demikian, Tesla tak mampu lagi mendanai temuan ini, dan berbagai prototip dan rencananya mendadak lenyap. Mimpi untuk memiliki listrik gratis lenyap sudah.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola