5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Travel Naik Motor Agar Selamat Diperjalanan

lensaterkini.web.id - Bagi sebagian orang yang mengendarai sepeda motor saat bepergian adalah pilihan utama. Selain merasakan pemandangan langsung, menggunakan motor juga dinilai lebih cepat dari kendaraan lain. Karena itu tak jarang banyak orang rela duduk berjam-jam di tempat duduk sampai ke tempat liburan.

Namun sayang tidak semua pelancong yang menggunakan motor drive aman dan nyaman. Sebaliknya, ini membahayakan diri sendiri dan orang lain. Nah, biar aman sentosa saat bertraveling menggunakan kendaraan bermotor, beberapa hal harus diperhatikan. Apakah mereka? Lihat ulasan berikut.

Jangan sampai luput dalam mengecek segala hal

Inilah hal utama yang sering dilupakan saat bepergian. Seringkali, hanya karena lolos saat memeriksa kondisi motor, perjalanannya begitu lama tertunda. Tidak hanya kondisi motor, negara tujuan juga harus diperhatikan.

BACA JUGA : 4 Alasan Mengapa Motor Matic Rawan Dipakai Mudik

Misalnya, tempat yang biasa dipakai untuk beristirahat kemudian ke SPBU dan tempat ibadah yang bisa dikunjungi saat di jalan. Yang satu lagi yang penting, jangan lupa siapkan konsumsi dan obat-obatan, sepele memang tapi ternyata peran vital. Periksa semuanya secara menyeluruh, baik itu bensin, ban, mesin, terutama rem sebelum bepergian.

Jangan berkendara dengan cara yang ngawur

Sebagian besar pelancong yang menggunakan sepeda motor sering melupakan tanah. Karena ingin membawa banyak persediaan awalnya ada ruang yang hanya dijejali dengan berbagai barang.

Akibatnya bahkan membahayakan para pembalap saat di jalanan karena tidak seimbang atau keberatan beban. Ingat selalu jangan sampai membawa banyak barang karena tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain. Ada banyak kasus orang yang meninggal di jalanan bukan karena kesalahan mereka sendiri.

Jangan bersikap kampungan saat berada di jalan

Satu hal yang sering dilakukan oleh seorang pengendara sepeda motor biasanya sering melakukan hal-hal yang tidak perlu. Misalnya, bukan fokus mengemudi karena satu sama lain sedang sibuk dengan foto kanan dan kiri karena ingin menangkap pemandangan atau memainkan kebut-kebutan karena jalannya dalam keadaan sepi.

Hal ini tidak boleh dilakukan, selain merugikan juga bisa dianggap sama sekali kasar. Alih-alih terlihat keren bahkan ada orang plebeian. Ingat bahwa jalanan bukan milik kita, jadi sopan santun apapun juga harus dijaga.

Jangan sampai mesin motor jadi overheat

Tidak semua mesin bisa digunakan untuk keadaan jauh, oleh karena itu saat bepergian dengan motor harus sering diperiksa. Mesinnya bisa panas karena perjalanan panjang atau kemacetan, jika itu terjadi, bahkan ada yang terlalu panas dan motornya jadi mati.

BACA JUGA : 5 Fakta Seputar Mudik Menjelang Lebaran

Untuk mencegahnya jangan lupa untuk beristirahat saat bepergian saat mesin terasa sangat panas. Lantas bagaimana kalau sudah terjadi? Lepaskan mesin dari jalan tol sebentar, lalu tarik busi lalu masukan minyak pada lubang di piston (lubang di busi). Dengan begitu mesin akan segera mendingin dan digunakan kembali.

Jangan sendirian, usahakan berboncengan

Sebisa mungkin, jangan bepergian sendiri, usahakan mengajak orang yang bisa membawa sepeda motor. Sepele mungkin, tapi sangat menyelamatkanmu Karena kelelahan atau kantuk bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena itu, pasangan yang bisa mengendarai sepeda motor sangat dibutuhkan terutama jika melewati perjalanan yang panjang.

Masih perjalanan menggunakan motor sangat berbeda kesannya dibanding menggunakan kendaraan lain, mobil berbeda atau lainnya. Tapi jangan lupa bagaimana keamanan adalah hal yang paling penting. Ingat selalu untuk mempersiapkan sesuatu agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola