5 Fakta Tentang Dataran Tinggi Dieng Yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

lensaterkini.web.id - Akhir-akhir ini nama Dieng Plateau nampaknya menjadi buah bibir di masyarakat. Tapi bukan lagi tentang keindahan alam, tapi tentang tragedi salah satu letusan kawah yang indah disana. Dataran Tinggi Dieng telah menjadi salah satu kunjungan wisata favorit di Jawa Tengah. Dan sepertinya letusan kawah tidak lantas membuatnya kehilangan prestise.

Banyak orang mengatakan bahwa lokasi ini menyimpan berbagai cerita sejarah unik dan unik untuk dipelajari. Karena itu, mengunjungi Dieng High Plains serta semua dalam tur. Karena disana kita bisa belajar budaya, alam, sejarah, dan lain-lain. Dan inilah lima fakta tentang tempat yang konon merupakan rumah bagi para dewa yang membuatnya layak untuk dikunjungi.

Salju di negara tropis

Dieng bisa jadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin melihat salju. Dibandingkan dengan harus menempuh perjalanan jauh ke atas Jaya Wijaya atau ke Eropa, Dieng Plateau juga memiliki salju sendiri. Inilah salah satu keunikan Dieng, karena lokasinya dikelilingi perbukitan dan gunung untuk membentuk baskom.

BACA JUGA : 5 Fakta Menarik Tentang Artis Porno Jepang

Maka tak heran jika suhu udara di sini di malam hari akan sangat dingin bahkan mencapai minus 0 derajat celcius. Salju yang disebut Bun Pas atau racun embun oleh masyarakat dapat ditemukan dengan mudah di rumput pada bulan Juli sampai September. Sungguh ajaib mengetahui bahwa di negara tropis dan tepatnya di Jawa, kita juga bisa menemukan salju.

Anak Bajang titisan para dewa

Dieng juga merupakan satu-satunya daerah dimana kita bisa bertemu dengan anak-anak gimbal. Anak laki-laki gimbal atau biasa disebut anak bajang ini diduga merupakan deposit dari Kyai Kolo Dete. Kyai adalah punggawa Kerajaan Mataram. Masyarakat setempat percaya bahwa anak-anak gimbal terkait erat dengan kesejahteraan mereka.

Warga percaya bahwa semakin banyak anak bajang lahir, semakin sejahtera kehidupan mereka. Perlu diingat juga bahwa anak-anak ini tumbuh subur secara alami tanpa dibikin seperti anak-anak reggae saat ini.

Rumah bagi gingseng asli nusantara

Selain satu-satunya daerah bersalju di Jawa dan rumah bagi anak-anak gimbal, Dieng juga memiliki tanaman unik yang disebut Purwaceng. Banyak orang mengatakan bahwa purwaceng ini adalah kepulauan ginseng asli dan memang hanya tumbuh di Dieng.

BACA JUGA : 7 Fakta Menarik Tentang Psikopat di Dunia Ini

Selain bentuk yang menyerupai ginseng, rasa dan khasiatnya juga telah membuat banyak orang kecanduan untuk dicoba. Rasa pedas dan pedas dari purwaceng diyakini sangat baik untuk meningkatkan stamina, sirkulasi darah, dan manfaat lainnya. Belum diketahui juga mengapa purwaceng hanya bisa tumbuh di tempat yang satu ini.

Terdapat kawah tempat Gatot Kaca direndam

Seperti kita ketahui bahwa Dieng juga memiliki puluhan kawah dimana wisatawan datang. Salah satunya adalah kembang gula fenomenal candradimuka. Kawah vulkanik tersebut disebut-sebut sebagai tempat Gatot Glass basah saat ia masih bayi. Menurut kepercayaan sebelumnya otot kawat tulang besi direndam terus menerus di kawah ini untuk memiliki kekuatan supranatural. Dan ternyata si bayi bahkan menjadi lebih kuat setelah direndam saat kawahnya sangat panas.

Bisa dibayangkan jika kita adalah orang awam yang mencoba berendam di kawah, malah lebih kuat justru bisa melepuh kulit kita. Hampir semua kawah di Dieng juga memiliki cerita serupa yang patut untuk diketahui.

Panorama lima gunung dari Puncak Prau

Setelah puas mempelajari berbagai budaya dan sejarah yang ada di Dataran Tinggi Dieng, Anda juga bisa mencoba tantangan dengan mendaki Gunung Prau. Bukan Dieng namanya kalau di gunung akan terkesan santai. Karena puncak gunung dengan ketinggian 2.590 mdpl Anda bisa melihat panorama indah gunung lainnya.

Mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, dan tentunya Sumbing. Inilah yang kemudian menjadikan Gunung Prau sebagai pelengkap kompleks Dieng Plateau. Tak ada salahnya bila Dataran Tinggi Dieng disebut-sebut sebagai tempat inkarnasi para dewa.

Di sana kita bisa bertemu anak berambut gimbal berambut serigala, menikmati salju yang dingin di musim kemarau, merasakan kehangatan kepulauan ginseng, mempelajari berbagai cerita dewi dewa di kawah, untuk melihat panorama langsung lima gunung yang berbeda. Hanya Dieng yang memiliki semuanya!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Fakta
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola