4 Kota Yang Layak Jadi Calon Ibukota Indonesia

lensaterkini.web.id - Rencana untuk memindahkan modal Indonesia akhir-akhir ini semakin banyak terdengar. Karena satu dan banyak hal, pemerintah dan beberapa pihak mengatakan bahwa sudah saatnya kepulauan memiliki modal baru. Sebenarnya agenda transfer modal ini sudah sering terungkap sejak zaman Presiden Soekarno. Namun, sampai sekarang masih hanya wacana.

Salah satu alasan di balik langkah ini adalah ekuitas, mengingat Jakarta sekarang padat penduduknya. Salah satu calon kota adalah Palangka Raya. Kota ini dipilih karena 4 kali lebih luas dari Jakarta dan populasinya masih langka. Tapi kalau memungkinkan, kota berikut ini juga layak menjadi ibu kota Indonesia. Kota apa mereka

Palangka Raya

Palangka Raya adalah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah. Pemilihan Palangka Raya sebagai ibu kota Indonesia bukan tanpa alasan. Dia dipilih karena merupakan kota yang luas dengan populasi yang tidak begitu banyak.

BACA JUGA : 4 Alasan Indonesia Perlu Pindahkan Ibukota ke Wilayah lain

Selain itu, Palangkaraya masih memiliki banyak wisata dan sumber daya alam yang belum dieksploitasi. Palangka Raya dicalonkan sebagai ibu kota Indonesia juga karena daerahnya hanya memiliki sedikit bangunan yang dibangun dengan struktur anti gempa. Hal ini menunjukkan bahwa Palangkaraya adalah kota yang jarang terkena dampak gempa.

Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal keindahan Kota Yogyakarta? Kota yang satu ini sering disebut-sebut sebagai kota yang penuh kenangan. Banyak orang suka pergi ke Yogyakarta untuk menang dan menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, Yogyakarta bisa menjadi salah satu ibu kota Indonesia.

Yogyakarta juga memiliki fasilitas transportasi yang lengkap. Kota yang penuh budaya ini juga bisa mewakili Indonesia di kancah internasional. Selain hal-hal ini, Yogyakarta adalah kota yang tenang dan menyenangkan. Di masa lalu kawasan yang terkenal dengan Malioboro-nya juga pernah menjadi ibu kota meski hanya sebentar.

Palembang

Banyak orang berpikir bahwa Palembang cocok menjadi ibu kota Indonesia. Pendapat tersebut didasarkan pada kemuliaan Palembang di masa lalu. Dahulu kala Palembang adalah pemerintah kota Kerajaan Sriwijaya. Karena itulah kota ini dianggap layak dijadikan ibu kota Indonesia. Secara geografis, Palembang juga dinilai aman, karena jarang terkena bencana alam.

Kota Sorong

Jika berbicara tentang keadilan, semoga kota Sorong yang berada di Papua adalah salah satu kandidat ibu kota Indonesia. Lokasi Sorong terletak jauh di ujung timur Indonesia, namun Sorong merupakan kota terbesar kedua di Papua.

BACA JUGA : 4 Alasan Presiden RI Pindahkan Ibukota Ke Palangkaraya

Selain itu, kota Sorong memiliki kekayaan sumber daya alam berupa minyak. Begitu kaya, kota ini mendapat julukan sebagai kota minyak. Siapa tahu dengan menggerakkan ibu kota ke Sorong bisa berdampak pada harga minyak di Indonesia.

Surabaya

Kota Pahlawan juga layak masuk sebagai salah satu calon ibu kota Indonesia. Perkembangan pesat Surabaya adalah salah satu alasannya. Selain itu Surabaya juga memiliki kekuatan di bidang maritim. Terbukti dari Pelabuhan Tanjung Perak yang menjadi kapal berlabuh baik dari dalam maupun luar negeri.

Memindahkan modal tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi kalau perlu, maka tidak ada jalan lain. Kota-kota ini adalah segelintir ribu kota di Indonesia. Jika pemindahan ibu kota dilakukan secara maksimal, maka kota pun pasti akan sesuai.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola