5 Presiden Yang Bergaji Kecil Yang Tak Sebanding Dengan Gaji Pejabatnya

lensaterkini.web.id - Membayangkan posisi seorang presiden yang merupakan orang terpenting di suatu negara, pasti kita akan berasumsi jika gaji mereka sangat tinggi. Ya, meski bayar tinggi adalah hal yang wajar. Mengingat pekerjaan presiden yang tidak mudah, jaga sejumlah besar orang dan berbagai hal mengenai kehidupan bernegara.

Bahkan, beberapa pemimpin negara memang mendapatkan gaji yang fantastis. Misalnya, Presiden Amerika Serikat yang menurut Kode Amerika Serikat mendapat gaji sebesar $ 400.000 atau sekitar Rp 5,2 miliar dalam setahun. Atau Perdana Menteri Singapura yang memperoleh $ 2,18 juta setara dengan Rp 19,8 miliar per tahun.

Tapi ternyata, tidak semua pemimpin negara mendapatkan gaji selangit. Untuk beberapa bahkan mendapatkan gaji yang relatif kecil. Nah berikut ini adalah lima baris presiden dengan gaji terkecil di dunia.

BACA JUGA : 7 Presiden Paling Kere Dan Miskin Dalam Sejarah Dunia

Pranab Mukherjee, Presiden India

Menjabat sebagai presiden sejak Juli 2012, Pranab Mukherjee hanya memperoleh $ 28.800 per tahun. Nilai ini jelas lebih kecil dari gaji pemimpin perusahaan swasta. Meski begitu, Pranab Mukherjee memiliki tempat tinggal yang luas dengan 340 kamar di Rahtrapathi Bhavan. Tidak hanya itu, presiden ini memiliki 200 staf yang merawat bangunan mewah. Di Hyberabad dan Shimla berdiri retret presiden.

Xi Jinping, Presiden China

Memimpin negara yang merupakan pemilik salah satu populasi terbesar di dunia itu tidak membuat Presiden Xi Jinping menerima gaji yang tinggi. Per tahun, Presiden China ini mendapat upah sebesar $ 22.300 atau sekitar Rp 297 juta.

Nilai ini juga setelah kenaikan gaji pegawai negeri serentak. Sebelumnya, Presiden China awalnya hanya mendapat gaji $ 13.440 atau Rp 179 juta per tahun. Meski begitu, gaji orang nomor 1 di China saat ini hanya 1/20 dari gaji Presiden Amerika Serikat.

BACA JUGA : 5 Presiden Yang Menolak Diberi Gaji Dari Negara

Beji Caid Essebsi, Presiden Tunisia

Menjabat sebagai presiden Tunisia sejak Desember 2014, upah yang diterima presiden hanya $ 16.400 atau Rp 218 juta per tahun. Jumlah ini adalah jumlah setelah Presiden Beji secara sukarela memotong dua pertiga dari gajinya kepada negara. Hal ini disebabkan kondisi keuangan negara yang buruk, sehingga menekan pengurangan biaya kepresidenan.

Macky Sall, Presiden Senegal

Presiden dengan gaji terendah kedua di dunia, Macky Sall menghasilkan $ 1. 300 lebih banyak dari pendahulunya. Presiden yang mulai menjabat pada 2 April 2012 itu mengantongi $ 15.600 atau Rp 208 juta per tahun. Sebelum menjadi presiden, Macky Sall adalah walikota yang bertugas di tempat kelahirannya, Fatick. Sampai sekarang, Macky masih duduk di kursi Presiden Senegal.

BACA JUGA : 7 Presiden Indonesia Dengan Kekayaan Yang Dimiliki Mereka

Jose Mujica, Presiden Uruguay

Predikat kepresidenan dengan gaji terendah di dunia dipegang oleh Jose Mujica. Orang yang memimpin Uruguay dari tahun 2010 sampai 2015 kemudian membayar $ 15.000 per tahun. Nilai ini hanya 10% dari gaji resmi yang harus mencapai $ 144.000.

Jose Mujica adalah sosok bersahaja yang tinggal di sebuah rumah sederhana dengan kehidupan sebagai toko bunga. Satu-satunya hal mahal yang dia dapatkan adalah Beetle VM tahun 1987 seharga Rp 24 juta. Setelah kepemimpinan resmi usai, kini Uruguay dipimpin oleh Tabare Vazquez. Namun informasi tentang berapa gaji pengganti Jose Mujica belum diketahui.

Gaji lima presiden tidak lebih dari 300 juta per tahun. Artinya, presiden di negara kita memiliki gaji lebih besar mencapai 1 miliar lebih per tahun. Dari lima presiden di atas, empat di antaranya masih memimpin sampai sekarang, kecuali Jose Mujica. Meski memiliki gaji kecil, namun mereka sebenarnya dicintai oleh masyarakat.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola