4 Persamaan Indonesia Dan India Yang Tak Banyak Diketahui Orang

lensaterkini.web.id - Beberapa waktu lalu demam Bollywood bisa melanda Indonesia. Baik serial musik dan TV sangat dicintai oleh orang-orang di negeri ini. Terutama di kalangan ibu, saat serial drama India berjalan, mereka tidak akan pindah dari depan TV sampai acara usai. Tapi jika dipikir-pikir, kenapa ya semuanya dari India sangat mudah menjadi tren di Indonesia.

Selidiki dulu, India dan Indonesia punya hubungan dekat sejak dulu. Bahkan nama Indonesia sendiri merupakan kontribusi dari bahasa di India. Bisa dibilang bahwa Indonesia dan India adalah saudara sejak dulu. Lantas apa fakta yang membuktikan kelangkaan India dan langka indonesia? Periksa ulasan berikut ini.

BACA JUGA : 5 Fenomena Persamaan Manusia Modern Dengan Manusia Zaman Dulu

Nama India dan Indonesia

Sadar atau tidak, tapi kedua negara ini jika diucapkan sepertinya memiliki kemiripan nama. Dan memang itu benar-benar bisa dibuktikan. Alasan kedua India dan Indonesia memiliki arti yang sama sesuai dengan pembentukan kata tersebut. Nama negara kita sendiri berasal dari bahasa Latin, indus india. Kemudian ditambahkan nesos Yunani yang berarti sebuah pulau. Akhirnya terbentuk sebuah kata bahasa Indonesia yang menjadi nama negara di bumi ini.

Selain itu, Indonesia dan India juga sering dikaitkan karena mereka sering menggunakan bahasa Sansekerta. Ya, memang benar mengingat penganut agama pertama di nusantara didominasi oleh Hinduisme. Oleh karena itu tidak lazim bila bahasa Sanskerta banyak ditemukan di Indonesia, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika Country.

Mata uang yang memiliki arti yang sama

Sekali lagi, mata uang India dan Indonesia memiliki kedekatan juga. Memang, jika diucapkan Rupe dan Rupiah sepertinya memiliki pengucapan yang sama. Selidiki sebuah permulaan, kedua kata tersebut sama-sama berasal dari bahasa Sanskerta. Entah kata Rupee atau rupiah, itu sama-sama berarti uang perak dalam bahasa Sanskerta. Tapi kenapa bedanya?

BACA JUGA : 4 Deretan Suku Yang Dianggap Seperti Suku Batak

Ternyata penyebutan kata Rupee itu dipengaruhi oleh pengucapan orang Jawa kuno yang tidak bisa dengan jelas mengucapkannya karena memang rupiah. Namun pada dasarnya kedua kata tersebut berasal dari kata Rupya dalam bahasa Sanskerta.

Hubungan kedua pimpinan negara yang mengharukan

Baik Indonesia maupun India, memiliki hubungan yang erat sejak masa penjajahan tua. Persis saat Indonesia berusaha merebut kemerdekaan dari tangan penyerang, India menyediakan bantuan bantuannya seperti obat ke Indonesia. Sejak itu kedua negara memiliki hubungan baik. Presiden Soekarno sering mengunjungi India untuk menemui menteri Jawaharlal Nehru untuk membahas berbagai hal.

Sukarno mengungkapkan dengan sangat hutangnya kepada India dengan mengatakan "India dan orang-orangnya terkait erat dengan kita dengan darah dan budaya. Hubungan ini telah terbentuk sejak awal sejarah yang tercatat, kata India akan selalu ada dalam kehidupan kita. Seri pertama surat yang kami pilih untuk menamai bangsa dan negara ini. "

Banyaknya kebudayaan yang hampir sama

Kami tahu bahwa cerita mahabarata dan Ramayana semuanya berasal dari India. Maka ceritanya pengalaman akulturasi budaya dengan yang ada di Indonesia. Lahir kisah Ramayana dan Mahabharata yang dipadukan dengan unsur-unsur Jawa dan Islam.

Tidak hanya itu, jika kita melihat masalah dangdut, ternyata musik Indonesia juga merupakan perpaduan budaya di India. Ledakan drum khas India, menjadi cikal bakal terbentuknya musik baru dengan ciri khas nusantara. Isu budaya, baik Indonesia maupun India tidak bisa dipisahkan.

BACA JUGA : 10 Persamaan Antara Agama Islam dengan Judaisme

Saat melihat beberapa fakta di atas, kini mulai masuk akal mengapa hal-hal yang berasal dari India dapat dengan mudah diterima oleh orang Indonesia. Ternyata kita sudah familiar dengan budaya india sejak jaman dahulu kala. Uniknya, meski Indonesia dan India memiliki beberapa kesamaan dalam budaya, namun mereka tidak saling mengklaim dan saling berpandangan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola