4 Fakta Sejarah Imsak Dibulan Ramadhan Yang Ada di Indonesia

lensaterkini.web.id - Salah satu hal paling ngeselin selama bulan puasa adalah ketika sudah terlambat. Niat hati memang ingin menyiapkan energi dengan kekuatan yang kuat untuk hari itu, tapi apapun kekuatan imsak waktu yang didengar dari masjid telah berlalu. Kalau seperti itu bingung apa yang harus dilakukan.

Tentang Imsak, tidak banyak orang yang tahu bahwa itu bukan pertanda bahwa waktu fajar sudah berakhir. Karena artikel Imsak sendiri hanya ada di Indonesia sebagai pengingat akan kedatangan fajar untuk sholat. Lalu bagaimana waktu imsak hanya bisa eksis di indonesia? Lihat ulasan berikut jika Anda ingin mengetahui jawabannya.

BACA JUGA : 5 Fakta Nyata Orang Ini Telah Reinkarnasi

Imsak hanya ada di Indonesia

Jika kita sangat mengenal suara di masjid atau masjid yang membangunkan orang-orang saat seruan untuk sholat tiba, maka tidak akan ditemukan di negara lain. Kendati demikian, waktu Imsak sendiri memiliki pegangan hukum yang kuat dan tidak menyimpang dari Quran atau Hadis. Waktu Imsak sendiri sudah ada sejak lama, ketika Islam mulai berkembang di Indonesia.

Namun, harus diingatkan bahwa waktu imsak tidak berarti tidak bisa sahur, artikel adzan subuhlah pertanda dimulainya puasa. Imsak sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti menahan diri hingga waktu fajar tiba.

Dicetuskan oleh para ulama yang terdahulu

Keberadaan waktu imsak sebenarnya adalah gagasan para ilmuwan terdahulu. Dengan masa imsak ini diharapkan tidak ada lagi peziarah yang terlambat melakukan santapan. Ini juga berfungsi untuk mempersiapkan sholat subuh.

Dengan begitu ada saatnya menyikat gigi atau shower sebelum fajar, jadi tidak perlu khawatir akan batal karena fajar belum sampai. Biasanya waktu imigrasi jatuh dalam waktu sepuluh menit sebelum fajar memanggil sholat tiba.

Penentuan ini telah diperhitungkan oleh para ilmuwan sebelumnya. Sedangkan peringatan sebelum imsak, biasanya dimulai 20 menit lebih awal. Sekarang imsak menjadi seperti budaya wajib yang hanya ada di indonesia.

BACA JUGA : 6 Fakta Makanan Indonesia Laris di Luar Negeri

Banyak yang salah kaprah

Meski begitu, banyak orang Indonesia salah menafsirkan imsak ini. Mereka berasumsi bahwa setelah waktu imsak tiba, maka tidak lagi diperbolehkan melakukan fajar. Tapi ketika fungsi imsak terlihat dari sejarahnya, jelas bahwa imsakiyah hanya untuk persiapan sebelum shalat subuh.

Waktu yang tepat dari akhir penanda fajar adalah sholat subuh, jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir jika sudah menjelang fajar. Selama adzan adzan belum bergema, masih berlaku sahur meski hanya segelas air. Kesalahpahaman ini terjadi karena banyak orang yang tidak mengerti tentang ilmu puasa itu sendiri dan sejarah waktu imsak.

Membuat ramadan jadi tambah meriah

Tapi siapa sangka waktu imsak ini membuat ramadhan di Indonesia menjadi lebih meriah. Karena sebelum waktu imsak, masjid dan mushollah sudah berbondong-bondong membangunkan masyarakat sampai fajar. Belum lagi anak-anak yang membawa alat musik juga siap membangunkan warga.

Inilah yang biasanya membuat orang merindukan Indonesia yang berada di luar negeri. Selain itu, karena belum masuk saat fajar, warga yang bangun masih bisa shalat malam. Berkat waktu imsak ini, selain tidak terlambat sahur, juga masih bisa membangun ibadah malam, sangat beruntung bisa tinggal di indonesia.

BACA JUGA : 4 Fakta Hobi Membaca Dapat Bikin Anda Awet Muda

Begitulah fakta tentang imsak yang sering disalahpahami oleh orang Indonesia. Meski begitu, ternyata seiring dengan masa imsak ini, kita jadi mendapatkan banyak keuntungan di bulan Ramadhan. Semua itu tak lepas dari pelayanan ulama terdahulu di Indonesia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola