8 Negara Dengan Puasa Terlama Hingga 23 Jaman

lensaterkini.web.id - Puasa adalah salah satu kewajiban semua umat Islam di dunia. Tidak peduli apa negara kita, itu harus dilakukan. Tantangan yang dihadapi oleh berbagai negara Muslim saat berlari kencang tentu saja tidak sama. Dilihat dari lamanya puasa kita yang di Indonesia pastinya tidak sama bila dibandingkan dengan negara-negara di Eropa. Hal ini tentu saja karena letak geografis, sehingga panjang siang dan malam di masing-masing negara berbeda.

Perlu diingat bahwa di belahan bumi lain, ada beberapa negara yang memiliki puasa puasa dan ada juga negara dengan waktu puasa yang sangat lama. Jika kita bandingkan di Indonesia bukan apa-apa. Bayangkan puasa biasa kita sekitar 14 jam terkadang merasa tidak kuat, apalagi populasi dari delapan negara di bawahnya yang bahkan harus tahan kelaparan dan haus hingga 23 jam. Wow.

BACA JUGA : 4 Negara Yang Waktu Berpuasa Terpendek di Dunia

23 jam untuk Finlandia

Ketika sampai pada daftar negara dengan durasi puasa terpanjang, nampaknya nama Finlandia pantas berada di puncak. Menurut beberapa orang yang pernah tinggal di sana, salah satu negara di Eropa berpuasa berpuasa hingga 23 jam.

Warga di sana bisa mulai berpuasa pukul 01.00 dan jam buka bisa dimulai dari pukul 00.00. Bayangkan benar, kita punya waktu buka saat fajar kurang lebih sekitar 60 menit. Kali ini ternyata mengacu pada perhitungan durasi sunset di salah satu negara Skandinavia yang hanya sekitar 55 menit.

Islandia selama 22 jam

Negara Skandinavia lain yang juga memiliki durasi puasa terpanjang adalah Islandia. Penduduk daerah yang terkenal akan keindahan aurora dan suhu dingin seharusnya menjalani puasa sekitar 22 jam setiap harinya.

Orang-orang Muslim di sana harus menyelesaikan makan pukul 02.00 dan berkesempatan berbuka puasa pukul 00.00. Islandia sebenarnya bukan negara dengan mayoritas umat Islam, karena ternyata komunitas Muslim hanya ada sekitar 770 anggota. Tapi tetap saja mereka harus menjalani masa puasa yang panjang di negara yang dingin.

BACA JUGA : 9 Manfaat Utama Puasa Bagi Seluruh Umat Muslim

Swedia dengan 20 jam

Swedia mungkin salah satu negara Skandinavia dengan masa puasa yang panjang dan sangat menantang. Jika orang Islandia masih bisa merasakan dinginnya saat berpuasa, penduduk Swedia menjalankan puasa mereka yang jatuh di musim panas.

Muslim Swedia yang saat ini berjumlah 500.000 orang itu sepertinya sudah bisa beradaptasi dengan berpuasa selama 20 jam di hari yang panas. Tapi masyarakat Swedia yang hebat juga dikenal sangat toleran terhadap umat Islam.

Alaska kurang lebih 19,45 jam

Alaska ternyata menjadi negara dengan durasi puasa yang cukup unik. Keadaan Amerika Serikat ini memiliki sekitar 3000 Muslim yang kebanyakan tinggal di kawasan Achorage. Banyak yang berpendapat bahwa Muslim Alaska sebenarnya harus melakukan pengamatan puasa selama sekitar 19 jam, namun beberapa warga memilih untuk berorientasi pada saat Arab Saudi dalam menjalankannya.

Yang lain mengatakan bahwa ketika panas datang, Muslim Alaska harus berlari cepat selama sekitar 19-20 jam. Tapi saat musim dingin tiba, waktu puasa mereka jadi berubah 5 jam per hari.

19 jam di Jerman

Negara-negara Eropa lainnya yang juga masuk dalam daftar panjang memiliki puasa adalah Jerman, jumlah umat Islam di Jerman bisa dibilang sangat banyak yang sebagian besar berasal dari Afrika Utara dan juga Turki.

Muslim Jerman dilaporkan mulai berpuasa sekitar pukul setengah empat pagi hingga pukul 22.00, dengan total kekacauan 19 jam lebih banyak. Uniknya disini, orang biasa makan sahur dan juga melanggar makanan yang mirip dengan Timur Tengah. Selain itu ibadah Tarawih di Jerman juga biasanya dilaksanakan setelah mereka berbuka puasa.

BACA JUGA : 5 Cara Unik Makan Kurma Buat Buka Puasa

Inggris dengan 18 jam

Negara-negara lain yang penduduknya harus melalui puasa untuk waktu yang lama adalah orang Inggris. Inggris memiliki sekitar 2,7 juta Muslim yang hidup cukup damai di sana setiap hari. Saat bulan puasa tiba, jutaan umat Islam harus menjalani puasa dalam rentang sekitar 18 sampai 19 jam per hari.

Tapi saat berpuasa biasanya datang masyarakat muslim untuk memperingatkan orang tua dan penderita diabetes untuk menjaga kesehatannya. Jika memang mereka ingin berlari cepat, diharapkan hal itu sebanding dengan asupan gizi sehingga tubuh juga menjadi prima hingga hari kemenangan tiba.

17 jam di Kanada

Kanada memiliki sekitar satu juta Muslim yang harus menjalani puasa dengan rentang waktu hingga 17 sampai 18 jam. Orang-orang Kanada biasanya mulai makan pada pukul 3 pagi dan berbuka puasa sekitar jam 9 malam. Menjadi bagian dari minoritas di Kanada akan sangat menantang saat Ramadhan datang.

Dimana kita harus bisa tetap berpuasa meski orang disekitarnya dengan santai makan dan minum di sebelah kanan kiri. Itu sebabnya banyak yang menyarankan lebih baik saat berpuasa di daerah Toronto sendiri, karena jumlah penduduk muslim di sana cukup banyak. Jadi puasa kita tidak lagi terasa begitu berat.

BACA JUGA : 8 Kebiasaan Jelek yang Dilakukan Disaat Berpuasa di Bulan Ramadan

Turki dengan 17 sampai 18 jam

Negara eksotis tersebut, Turki juga masuk dalam jajaran negara dengan durasi puasa terpanjang di dunia. Waktu puasa di sini kira-kira sama dengan Kanada, yaitu pukul 03.00-21.00. Tapi bedanya di sini adalah jumlah orang yang memeluk Islam tentunya lebih dari Kanada, oleh karena itu bukanlah tantangan yang sulit untuk menyelesaikan puasa karena kita punya banyak teman.

Bagaimana saya melihat durasi puasa di delapan negara di atas? Masih ingin mengadu puasa tidak kuat di Indonesia? Bayangkan saja rekan sesama saudara Muslim kita di negara-negara Muslim minoritas saja bisa berjuang untuk menyelesaikan kewajiban puasa mereka meski sudah lama mereka berpendirian.

Belum lagi kalau cepat jatuh di musim panas, nah-kayaknya panasnya Indonesia belum sebanding dengan sana. Tapi selain itu semua, kita harus tetap tulus dalam menjalankan ibadah satu ini. Sehingga kita semua bisa mendapatkan pelajaran dan pelajaran berharga. Amin.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola