7 Kebiasaan Yang Membuat Gigi Cepat Rusak

lensaterkini.web.id - Semua orang pasti setuju bahwa senyum menawan yang berasal dari gigi kuat dan gusi yang sehat tidak sedap dipandang. Apalagi jika disertai nafas segar.

Tidak cukup hanya untuk menyikat gigi secara teratur atau berkumur dengan obat kumur, Anda juga harus menghindari beberapa kebiasaan buruk berikut yang bisa merusak kesehatan gigi dan gusi Anda.

Baca Juga : 4 Selebritis Yang Pakai Gigi Palsu Ini Jadi Sorotan Para Fans

Menggunakan sikat gigi lama

Menyikat gigi dengan sikat gigi bekas adalah kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan. Nah, Anda segera mengganti sikat gigi setelah lebih dari 3 bulan pemakaian. Karena sikat gigi tua memiliki bulu yang lusuh dan tidak efektif digunakan untuk membersihkan gigi.

Terlalu cepat menggosok gigi

Selain teknik menggosok gigi, Anda juga harus memperhatikan durasi menyikat gigi. Anda disarankan menyikat gigi minimal selama 3 menit agar proses pembersihan lebih maksimal.

Terlalu sering menggosok gigi

Menyikat gigi terlalu sering juga berbahaya. Karena tindakan berlebihan ini akan menyebabkan erosi email gigi.

Baca Juga : 5 Gejala Penyakit Gusi yang Patut Diwaspadai

Tidak membersihkan lidah

Lidah merupakan bagian integral kesehatan gigi. Kebanyakan orang melompat untuk membersihkan lidah saat menggosok gigi. Padahal lidah yang jarang dibersihkan akan membuat akumulasi kuman yang pada akhirnya bisa membuat rongga dan bau mulut.

Berlebihan konsumsi cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat luar biasa yang terkait dengan penurunan berat badan. Karena minum cuka sari apel akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Namun, kandungan asam asetat dalam cuka apel akan menyebabkan erosi email gigi yang membuat sensitivitas gigi lebih lemah.

Merokok

Merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, jantung, dan sistem kardiovaskular saja. Merokok dapat menyebabkan masalah gigi dan gusi seperti resesi gusi, gigi berpori, dan kekuatan gigi berkurang. Karena itu berhentilah merokok jika ingin memiliki gigi yang kuat dan sehat.

Baca Juga : 5 Gigi Teraneh yang pernah ada di Dunia

Kurang mengonsumsi kalsium dan vitamin D

Mineral sangat penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Jadi memenuhi kebutuhan mineral seperti kalsium dan vitamin D.

Selain menghindari kebiasaan di atas, jangan lupa untuk selalu mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola