6 Makanan Yang Bikin Penyakit Batu Ginjal Semakin Memburuk

lensaterkini.web.id - Ginjal adalah tempat untuk menyaring racun dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Bila makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak toksin, maka racun ini akan menetap di ginjal dan akhirnya membentuk penyakit batu ginjal.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui gejala penyakit batu ginjal sejak awal. Jadi batu ginjal membesar dan memburuk. Pola makan yang buruk juga membuat penyakit ini semakin parah.

Dilansir oleh boldsky.com, berikut beberapa makanan yang justru memperburuk penyakit batu ginjal.
Baca juga artikel terkait tentang 5 Sup Teraneh Bikin Selera Makan Hilang

Bayam

Berdasarkan Dr. Deepshikha Agarwal, ahli gizi dan diet di India, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari makan bayam. Bayam mengandung oksalat yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oksalat atau batu saat ginjal menghasilkan urine.

Tomat

Tomat juga sayuran yang banyak mengandung oksalat. Tomat biasanya dikonsumsi langsung atau terkandung dalam masakan.

Cokelat

Seperti coklat? Jika Anda memiliki masalah dengan batu ginjal, coklat adalah tabu terbesar. Cokelat juga diketahui mengandung oksalat sehingga bisa membuat kondisi ginjal memburuk akibat batu ginjal.

Teh

Teh memang salah satu minuman tersehat yang kaya akan manfaat kesehatan. Tapi jika Anda menderita batu ginjal, Anda harus menghindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan menimbulkan berbagai komplikasi.
Baca Juga Artikel Terkait Tentang 5 Makanan Terjorok Yang Ternyata Kaya Nutrisi

Makanan laut

Orang yang memiliki batu ginjal harus berhati-hati saat makan seafood. Beberapa makanan laut mengandung banyak zat yang disebut purin. Purin dalam tubuh dapat meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya menyebabkan pembentukan batu asam urat.

Makanannya asin

Makan terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan orang normal, apalagi orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap hari.

Ini karena garam mengandung sodium yang menyebabkan terlalu banyak kalsium dalam urin untuk diproses oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium akan mengikat oksalat yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung garam.

Selain makanan diatas, juga hindari makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar, dan buah-buahan. Ganti makanan ini dengan makanan dan minuman sehat lainnya seperti air mineral, jus lemon, air kelapa, dan makanan lain yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola