5 Suka Duka Anak Kos - Kosan Saat Bulan Puasa

lensaterkini.web.id - Bulan Ramadan adalah masa berkat yang kehadirannya selalu dilewatkan dan ditunggu oleh umat Islam di seantero dunia. Setiap orang pasti punya cerita seru yang selalu diingat saat menjalani bulan puasa ni lezat. Entah cerita tentang makanan, pecah, atau mencuri kesempatan untuk berbuka puasa. Tak terkecuali juga dialami anak kos yang harus melewati bulan ini dari keluarga.

Sedih memang saat kita terbiasa dikelilingi kehangatan rumah di bulan suci, tiba-tiba atmosfir harus diganti dengan kesan penuh kemerdekaan. Karena itu setiap detail yang terjadi di bulan Ramadhan pasti tidak mudah dilupakan oleh mereka. Dan di bawah ini ada beberapa hal yang hampir selalu menjadi duka cita semua anak kos setiap ramadhan tiba. Benar-benar pas bagi Anda untuk menjadi anak rantau.

Baca Juga : 5 Hal Yang Dirasakan Anak Kos-Kosan Saat Bulan Puasa

Nggak sahur karena kesiangan itu biasa

Kehidupan di rumah kos pasti jauh berbeda bila dibandingkan dengan kebiasaan kita di rumah. Kalau masih orang tua yang sama kita akan dengan tenang bangun sahur karena pintu banging banged room. Tapi saat berada di rumah kos, yah lumrah kalau sudah bangun. Karena selain tidak bangun, juga sudah terbiasa bangun jika ingin kuliah. Jadi iya kesabaran aja saat bangun pagi-adzan sudah bergema. Atau saat terbangun matahari sangat panas di luar.

Menu sahur adalah penyebab kegalauan yang hakiki

Siapa namanya anak kos ya harus rela menyiapkan segala sesuatunya alias mandiri. Termasuk satu sahur makan. Selain bangun sahur, masalah kedua adalah menu yang akan dimakan. Jika kemampuan memasak masih tip kuku ya jalan keluarnya beli di luar. Kalau malas harus berjalan di pagi hari ya siapin malam.

Dan jika uang bulanannya habis, maka bersiaplah untuk mie instan. Tapi justru di sini adalah kreativitas yang diuji, selain makan fajar 30 hari mereka dengan mie instan, ada juga beberapa jenis anak kos yang suka mencoba hal baru. Misalnya, membuat roti bakar tanpa dipanggang. Bagaimana? Cukup pakai baju besi anda, menu anda tentu akan berbeda. Saya tidak perlu khawatir lagi kan?

Baca Juga : 4 Tanda Ibu Kost Yang Gemar Mesum

Kalau lagi libur puasa mati kutu cari warung

Bila pada bulan puasa, tentu saja, cukup sulit bagi kita mencari warung makan yang siap menampung kelaparan di siang hari. Uji coba baru untuk anak kos yang kembali berpuasa liburan, karena pada siang hari kita sampai kita akan merasa bingung untuk membeli makanan. Bayangkan saja warung-warung kos kosnya banyak yang baru buka di sore hari.

Ya sudah harus tahan kelaparan, bukankah itu lucu? Begitu jauh sebelum cepat coba kunjungi warung sebanyak mungkin dan mintalah waktu buka mereka biarkan saat ramadan tiba kita bisa dengan mudah menemukan tempat makan siang.

Selalu mendambakan buka puasa gratis

Nah yang satu ini pastinya tidak akan pernah ketinggalan, cari tempat yang menyediakan menu free breaking. Biasanya kita bisa menemukannya di mesjid sekitar. Mungkin sudah saatnya makan Anda sambil menangis di tikungan, tapi manfaatkan waktu istirahat dengan memperbaiki nutrisi tubuh.

Hampir semua anak kos sudah sangat hafal masjid yang menyediakan menu bebas. Mulai dari satu takjil saja, lengkap dengan makanan berat dan dessert. Namun perlu diingat juga bahwa jangan makan berlebihan agar sungguh-sungguh menjalankan tarawih ya.

Baca Juga : 7 Fenomena Kehidupan Anak Kost Masa Kini

Atau bisa juga berbuka dengan keluarga baru, teman kos

Memang benar menjadi anak kos berarti kita jauh dari orang tua di rumah, tapi hal lain yang tidak akan dilupakan adalah saat menghabiskan waktu bersama teman kos. Mereka adalah orang-orang yang bisa menjadi keluarga kita saat mereka harus hidup berkeliaran. Nah biarkan dia cepat tidak merasa sendiri, biasanya anak kos satu sama lain akan lebih dekat dengan temannya.

Karena mau tak mau mereka bisa menjadi teman pemujaan. Jika Anda juga bisa saling membantu menyiapkan makanan dan berbuka puasa. Sambil makan kita juga bisa bercanda ngalor ngidul yang akan membuat suasana lebih hangat. Ini juga bisa membuat kita lebih dekat dengan teman kos yang kamu kenal.

Meski kehidupan anak-anak asrama tampak ngenes saat ramadhan tiba, tapi kalau kita tahu cara melewatinya pasti semua ringan dan asyik. Pastinya jangan biarkan gejolak Anda sebagai anak kos mengganggu ibadah di bulan suci ini ya. Terus berusaha fokus dalam usaha mendapatkan berkah, karena bulan ini hanya datang setahun sekali saja. Lupakan sejenak duka cita dan berubah menjadi seperti iya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola