4 Permainan Yang Selalu Menemani Bulan Ramadan

lensaterkini.web.id - Jika sudah memasuki bulan puasa, biasanya kita bingung apa yang harus dilakukan sambil menunggu buka. Tidur sepanjang hari bosan, ingin berolahraga terus takut lelah dan haus. Akibatnya, membuat mainan untuk mengisi waktu menunggu pecah, membiarkan kelaparan terasa untuk sementara hilang.

Orang Indonesia praktis kreatif, jadi mereka membuat mainan menarik tersendiri untuk ngabuburit. Kalaupun ada mainan ini bisa jadi pertanda bulan Ramadhan yang akan datang. Inilah mainan yang sangat identik dan buat lupa sudah buka waktu.

Baca Juga : 5 Permainan Anak - Anak Yang Dimainkan Secara Musiman

1. Petasan buat ngagetin orang

Ini adalah bukti ucapan anak selama bulan Ramadhan datang. Biasanya saat berjalan pagi, anak-anak membawa beberapa paket kembang api di sakunya. Kembang api kadang-kadang digunakan untuk menangkap orang-orang yang lewat atau dilempar ke rumah. Bersenjata dengan korek api atau obat nyamuk, anak-anak ini siap untuk menyebarkan petasan keras ke seluruh desa.

Setelah melempar petasan mereka biasanya lari. Melihat shock atau reaksi marah korban mereka menjadi kesenangan bagi mereka. Tapi terkadang, petasan ini juga sering mengambil korban jiwa, karena salah menyalakannya, jadilah tangan tumbalnya.

2. Meriam kaleng, bazokanya saat ramadhan

Jika permainan yang satu ini bisa dibilang berisiko lebih tidak berbahaya dibanding petasan. Hanya dengan anggaran sekitar 8 ribu rupiah, anak-anak bisa mendapatkan mainan yang memiliki suara yang sama sekeras petasan. Pembuatannya sangat mudah, hanya butuh sekaleng, minuman keras, botol plastik minuman dan batik api elektrik.

Lebih murah menghabiskan 5 ribu rupiah per hari untuk 10 petasan. Apalagi kualitas suaranya juga tak kalah dengan mainan yang berbahaya. Setiap sore, anak-anak saling bertengkar dengan suara paling keras. Cara uniknya adalah tidak menunggu saat berbuka puasa.

3. Meriam bambu, berasa lagi perang lawan penjajah

Meriam bambu adalah mainan orang-orang dari segala umur. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sangat menyukai mainan ini. Bahkan kadang ayah dan anak untuk getong royong membuat meriam bambu yang akan memiliki suara menggelegar. Sebenarnya konsepnya sama seperti senapan kaleng, menggunakan semangat atau minyak tanah sebagai bahan bakarnya, hanya skala ini yang sudah jumbo.

Bisa dibayangkan jika kaleng senapan sendiri sangat besar apalagi suara balarnya ini merumb. Selama Ramadan terdengar suara meriam bambu yang keras ada dimana-mana. Semua orang berkompetisi untuk menunjukkan meriam mana yang merupakan suara ledakan paling keras. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia ada tradisi sendiri untuk lomba meriam bambu ini.

Baca Juga : 7 Mainan Kertas Yang Jadi Mainan Favorit Anak Kecil

4. Mercon Busi yang murah

Seperti mainan lainnya, busi juga menjadi salah satu mainan favorit di bulan Ramadhan. Hanya dipersenjatai dengan busi, kacang dan korek api bekas, suara yang dihasilkan tidak kalah dengan petasan. Apalagi busi itu tidak berbahaya bagi penggunanya. Pada saat puasa, anak-anak langsung pergi ke bengkel atau toserba untuk berburu busi bekas. Cara pembuatan dan pemakaian juga sangat mudah.

Cocok tinggal menempel di bagian dalam colokan dan kemudian dilempar dari tempat tinggi. Akhirnya bagian dalam busi busi akan terpaku di tanah yang keras untuk menghasilkan suara ledak. Ini murah murah, mudah juga, yuk segera buat.

Alih-alih hanya duduk-duduk di rumah dan bermain gadget, mending membuat mainan seperti yang di atas. Dijamin deh ngabuburit Anda akan merasa sangat asyik, mungkin malah tidak sadar kalau sudah buka. Asal bukan kembang api loh ya, sangat berbahaya sekali coba.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola