7 Tips Liburan Murah Meriah

Liburan adalah sebuah kebutuhan utama bagi orang yang sehari-hari disibukkan dengan berbagai aktivitas yang melelahkan. Selain dapat beristirahat sejenak, liburan juga bisa menjadi ajang untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru yang sebelumnya belum pernah dikunjungi.

Meskipun semua orang menyukai liburan, tetapi ada beberapa yang belum bisa mewujudkan liburan impian mereka karena terkendala masalah biaya. Jika Anda termasuk orang-orang tersebut, di bawah ini merupakan beberapa tips liburan murah meriah. Berikut ulasannya,

1. Berlibur saat low season

Berlibur - Pixabay.com
Low season di sini berarti bukan musim liburan. Kenapa low season? Karena biasanya harga tiket dan sewa penginapan saat musim ini lebih murah daripada ketika musim liburan. Selain itu, kita juga bisa mencari dan menemukan penginapan murah secara leluasa tanpa perlu khawatir tempat tersebut penuh.

2. Rencanakan liburan secara matang

Liburan - Pixabay.com
Agar saat berlibur nanti Anda tidak akan merasa sedang dirampok karena banyaknya biaya yang harus dikeluarkan, rencanakan liburan termasuk anggarannya secara matang. Hal yang paling penting adalah, pastikan setiap hal yang akan dilakukan saat berlibur nanti sesuai dengan rencana dan anggaran yang dipersiapkan.

Selain lebih hemat, liburan yang direncanakan dengan matang memperkecil kemungkinan munculnya biaya tak terduga yang membuat kantong bolong. Manfaatkan situs travelling seperti Traveloka untuk membantu Anda merencanakan liburan murah meriah dengan anggaran yang tepat.

3. Pergi berlibur saat ada promo

Promo - Pixabay.com
Saat ini ada banyak promo yang ditawarkan agen travel dan situs-situs wisata terkenal. Jika ingin berlibur ke kota impian dengan mengeluarkan biaya minimal, berliburlah saat ada promo. Seperti jika kita membeli tiket kereta api atau pesawat melalui Traveloka.

Saat musim promo, kita bisa mendapatkan diskon harga tiket hingga 50%. Belum jika promo tersebut termasuk diskon pemesanan kamar di hotel atau penginapan. Bisa dibayangkan berapa rupiah yang bisa dihemat saat kita berlibur nanti.

3. Menggunakan Kereta Api

Kereta Api - Pixabay.com
Jika tempat wisata impian Anda berada di Pulau Jawa, lebih baik gunakan kereta api ketika bepergian ke sana. Selain lebih murah daripada jika kita naik pesawat, perjalanan menggunakan kereta api juga lebih menyenangkan. Selama bepergian kita bisa menikmati panorama alam yang indah dari jendela kereta.

Tertarik untuk bepergian dengan kereta api? Anda bisa melihat jadwal kereta atau memesan tiket secara online di halaman website Traveloka.

4. Kontak teman atau saudara yang tinggal di tempat tujuan berlibur

Kontak - Pixabay.com
Sebelum berlibur ke suatu tempat yang baru, pastikan ada saudara atau teman yang tinggal di sana. Selain dapat menghemat biaya sewa penginapan, Anda juga akan mendapat guide gratis yang bisa menemani menjelajah tempat wisata impian. Jika tidak memiliki teman atau saudara, jangan khawatir.

Anda masih bisa merencanakan liburan murah meriah dengan rajin mencari informasi tentang tempat wisata di situs travelling ternama seperti Traveloka. Selain mendapatkan informasi, Anda juga dapat memesan tiket dan mencari penginapan murah secara online di situs tersebut. Praktis bukan?

5. Mengunjungi objek wisata yang jarang didatangi turis

Objek Wisata - Pixabay.com
Selain lebih murah, objek wisata yang jarang didatangi turis biasanya lebih menarik, unik, dan sepi. Anda juga bisa puas menikmati segala daya tarik yang ada di tempat wisata tersebut tanpa perlu khawatir dengan tingkah para turis yang kadang mengganggu ketenangan saat berlibur.

Berlibur ke tempat wisata yang jarang didatangi turis akan memberikan pengalaman baru dan tidak terlupakan selama liburan.

6. Menikmati kuliner pinggir jalan

Kuliner Pinggir Jalan - Pixabay.com
Wisata kuliner memang salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat berlibur ke tempat baru. Daripada menikmati makanan di restoran mahal, lebih baik Anda membeli hidangan sederhana di warung pinggir jalan yang rasanya tidak kalah enak dengan makanan mahal.

Selain itu, makanan-makanan tradisional khas suatu daerah biasanya lebih sering dijual di warung pinggir jalan yang sederhana. Seperti Gudeg Yu Djum khas Yogyakarta. Sampai sekarang warung asli Gudeg Yu Djum tetap berdiri di pinggir Jalan Wijilan lengkap dengan tempat duduk lesehan.

7. Gunakan transportasi umum atau berjalan kaki

Berjalan kaki - Pixabay.com
Saat mengunjungi tempat baru, daripada menyewa taksi atau mobil pribadi lebih baik Anda berkeliling menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki. Selain karena lebih murah, hal tersebut juga dapat memberi pengalaman baru.

Sambil berjalan kaki atau naik transportasi umum, kita mungkin akan melihat dan melewati hal-hal yang belum tentu bisa dinikmati jika menyewa kendaraan pribadi.

Kita juga dapat berinteraksi langsung dengan penduduk setempat sambil bertanya tentang tempat-tempat menarik di daerah tersebut. Jika beruntung, kita bahkan bisa mendapatkan tips berwisata murah meriah ala penduduk setempat. Seru bukan?

Nah, itulah beberapa tips liburan murah meriah yang bisa dijadikan referensi saat berlibur nanti. Jadikan liburan tersebut menjadi liburan paling menyenangkan dan tidak terlupakan. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat liburan.
Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola