6 Makanan Ini Bikin Gigi dan Gusi Sehat dan Sekuat Besi

Kita semua tahu kesehatan mulut sangatlah penting. Untuk itu kamu harus melakukan pembersihan dan perawatan mulut secara menyeluruh baik itu menyikat gigi, berkumur, flossing, atau membersihkan lidah.

Selain dengan perawatan tersebut, kamu juga bisa menguatkan gigi dan gusi lewat nutrisi makanan yang kamu konsumsi.  Dilansir dari care2.com, berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa membuat gigimu kuat dan gusi sehat.

1. Teh hijau

lensaterkini.web.id - Teh hijau mengandung senyawa alami yang disebut dengan katekin yang bisa melawan peradangan dan tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Dengan rajin minum teh hijau, kamu akan terhindar dari penyakit periodontal.

2. Stroberi dan kiwi

Tingginya kandungan vitamin C dalam stroberi dan kiwi sangat penting untuk menjaga produksi kolagen di gusi. Sebab tanpa kolagen, gusi jadi ekstra lembut dan rentan terhadap penyakit.

3. Kacang dan biji-bijian

lensaterkini.web.id - Kandungan fosfor, magnesium, potasium, seng, dan kalsium mampu membuat gusi dan gigi menjadi kuat.

4. Bawang bombay

Bawang bombay termasuk makanan yang bisa menguatkan gigi dan gusi karena mengandung belerang yang bersifat antimikroba di dalamnya.

5. Jamur shitake

lensaterkini.web.id - Jamur shitake mengandung letinan, gula alami yang bisa membantu mencegah radang gusi. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa senyawa antibakteri letinan ini dapat membunuh bakteri penyebab penyakit gingivitis atau peradangan gusi yang ditandai dengan gusi kemerahan, bengkak, dan bahkan berdarah.

6. Apel, seledri, dan makanan rendah asam

Apel, seledri, dan makanan rendah asam seringkali disebut sebagai 'deterjen gigi' karena merangsang produksi air liur yang membuat bakteri jadi tidak mudah berkembang biak dalam mulut. Mengunyah makanan ini juga akan menghilangkan plak gigi.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola