5 Senjata Perang Amerika Yang Pernah Diciplak China

Baik Amerika maupun China, mereka saling bersaing masalah kecanggihan senjata. Wajarlah sebagai negara adi daya, jangan sampai diremehkan oleh saingannya. Apalagi mengingat panasnya hubungan kedua pihak tersebut karena konfrontasi di laut China selatan. Seolah mereka bakal mengadakan perang sebentar lagi.

Tapi uniknya, China masih tetap bisa menyusul Amerika dengan beribu cara. Salah satunya adalah dengan menjiplak dan memodifikasi senjata milik negeri paman Sam itu. Pastinya hal ini akan membuat Amerika geram dibuatnya. Berikut adalah beberapa senjata milik Amerika yang dibuat versi “KW” oleh China.

1. Type 726 Hovercraft  punya kembaran kecil di China

lensaterkini.web.id - Kendaraan ini dibuat oleh angkatan laut Amerika Serikat untuk membantu akomodasi. Pertama kali dikeluarkan pada 1987 oleh sebuah perusahaan pembuat kendaraan tempur di Amerika.

726 Hovercraft dapat mengangkut kurang lebih 75 ton barang, dapat berjalan baik di darat dan di air, serta kemampuan akomodasi yang sangat cepat. Kendaraan ini dianggap yang amfibi yang paling cepat zaman itu.

Tak selang beberapa lama kemudian, China mengeluarkan produk yang sangat mirip dengan milik Amerika. Type 726 “Yuyi” merupakan replika mungil dari Type 726 Hovercraft. Baik dari segi mesin, pengoperasian dan fungsi, semuanya sama. Hanya kalau milik China ini cuma mampu beban hingga 60 ton.

2. M998 Humvee direplika China tapi gagal produksi

Pada masa perang dunia kedua, mobil seperti Jeep mendapatkan era keemasannya dalam militer. Salah satunya adalah M998 Humvee, mobil ini memiliki desain yang paling baru dari yang sebelumya dengan jumlah muatan yang lebih besar. Pada 1980, Amerika pernah menawarkan mobil ini pada China, akan tetapi ditolak karena dinilai terlalu besar.

Namun 1991 China mengubah pikiran dan memutuskan untuk membeli M998 Humvee. Tapi tidak lama berselang, China memproduksi sendiri Jeep tempurnya bernama Dongfeng EQ2050. Baik dari segi apapun, semua sangat sama. Meskipun sudah diimitasi, namun produksi terpaksa dihentikan karena bagian mesin dan suku cadang hanya bisa dibeli di Amerika.

3. AR-15 nenek moyang senjata populer

lensaterkini.web.id - Senjata ini awalnya ditemukan oleh Eugene Stoner sebagai penemuan dalam dunia militer dan menjadi cikal bakal dari M16 si saingan berat AK47. Seperti yang kita tahu bahwa M16 merupakan senjata rifle paling tersohor yang dimiliki Amerika pada masa perang Vietnam. Selepas itu, senjata ini tetap jadi andalan si paman Sam.

Tiongkok sendiri rupanya juga melirik senjata ini dan kemudian menduplikasinya secara masif. Senjata yang bernama CQ rifle tersebut secara desain dan fungsi sangat mirip AR 15. Uniknya, dipercaya senjata ini tetap diproduksi sampai sekarang meskipun tak mengantongi lisensi dari si empunya senjata.

4. UH-60 “Black Hawk” dimodifikasi China

Pada tahun 1979, Amerika memperkenalkan Helikopter ini pada dunia. Black Hawk telah terkenal karena sudah melampaui banyak perang pada masanya. Seperti saat di Somalia, Panama, dan peristiwa 9/11. China sendiri pernah memesan beberapa versi terbaru dari Black Hawk versi S-70C.

Tak selang beberapa lama, muncul helikopter serupa  namun buatan China bernama Z-20. Dari segi manapun kedua helikopter ini sangat mirip, yang membedakan hanya kokpit dan jumlah dari baling-baling China yang ditambah.

5. Kapal Destroyer Arleigh Burke yang dicuri konsepnya

lensaterkini.web.id - Kapal ini didesain khusus untuk Amerika serikat. Kalau dilihat dari spesifikasinya, si destroyer tersebut dilengkapi dengan senjata anti pesawat dan kapal selam. Belum lagi ditambahkan dengan radar-radar khusus. Burke sangat mumpuni bahkan disegani di perang dunia kedua.

Meskipun eksklusif, tapi nyatanya kapal ini memiliki saudara di negeri panda bernama Type 052D. Meskipun tidak meniru secara langsung, namun semua semua konsep dari destroyer Amerika dicuri semuanya.

Seumpama plagiasi itu ada lombanya, mungkin China bakal menyabet semua gelar juaranya. Bagaimana tidak, tak hanya barang elektronik mesin perang pun mereka bisa bikin. Lantaran inilah mereka tidak disukai, walaupun di sisi lain kemampuan plagiasi China ini memang sungguh luar biasa.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola