5 Minuman Khas Indonesia Yang Disukai Para Bule Luar Negeri

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang paling sering menjadi destinasi wisata para turis asing. Hal itu tak lain dan tidak bukan karena tanah air kita ini memiliki tempat wisata yang sangat indah dan seakan tak pernah habis untuk dijelajahi.

Belum lagi kuliner Indonesia yang juga berhasil membuat mereka terpikat akan rasanya. Bila selama ini yang kita tahu para bule sangat menggemari rasa rendang atau nasi goreng, ternyata ada juga loh minuman Indonesia yang menjadi favorit mereka.

Dan minuman ini ternyata malah bukan jenis yang modern sepert jus dan semacamnya. Turis asing justru menyukai minuman khas atau minuman tradisional yang diracik oleh orang-orang kita. Berikut ini misalnya saja ada lima minuman khas kita yang berhasil mencuri perhatian wisatawan asing.

1. Cendol, gan

lensaterkini.web.id - Es cendol adalah salah satu minuman tradisional khas Sunda yang sudah bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan setiap daerah saat ini seakan memiliki cendol khasnya masing-masing yang tetap saja rasanya enak dan menyegarkan. Minuman yang lebih sering ditemukan di pasar atau pinggir jalan ini ternyata tak hanya digemari warga pribumi saja, pasalnya cendol sudah masuk daftar satu dari 50 minuman terlezat di dunia.

Dan saat ini kita juga bisa sering menemukan minuman ini di jalanan Eropa, Malaysia, Singapura, Filipina, dan beberapa negara Asia lainnya. Menurut seorang koki kenamaan asal Australia, George Calombaris, cendol ini memiliki rasa manis serta segar. Komentarnya saat pertama kali mencicipi si kenyal cendol, “Yum, this is really yum!”

2. Bajigur

Selain cendol, minuman tradisional Indonesia yang juga digemari para wisatawan asing adalah bajigur. Wedang yang biasanya dibuat dari campuran gula aren serta santan ini terkenal paling bisa menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin. Bajigur juga kerap dinikmati saat udara panas karena memang rasanya yang enak dan manfaatnya besar untuk kesehatan.

Rasanya yang cukup kuat membuat para turis asing ikut menggemarinya. Seperti yang kita tahu bahwa bule-bule yang datang ke Indonesia mencintai masakan kita karena rempahnya yang kuat, itulah juga alasan mengapa bajigur jadi sangat disukai terutama saat mereka mengunjungi dataran tinggi.

3. Wedang tahu

lensaterkini.web.id - Minuman ini memang berasal dari akulturasi budaya antara Tiongkok dan Semarang. Itulah mengapa banyak orang menyebut wedang tahu adalah khasnya kota di Jawa Tengah itu. Siapa sangka minuman yang berasal dari campuran kembang tahu dan kuah rempah ini juga bisa sangat mengena di lidah para bule.

Hal itu dimulai sejak zaman penjajahan Belanda, di mana para sekutu terlihat senang mengonsumsi wedang tahu yang dijajakan oleh masyarakat Indonesia. Konon rempah dan resep tradisional yang digunakan untuk mengolah si kembang tahu inilah selama ini jadi kunci kelezatannya.

4. Bir pletok

Siapa bilang Indonesia tidak memiliki bir yang halal? Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang konon dibuat karena masyarakat penasaran akan rasa bir bawaan Belanda saat zaman penjajahan. Minuman yang dibuat dari beberapa bahan tradisional seperti jahe, gula, sari bunga selasih, dan akar-akaran ini dijamin juga memiliki efek menghangatkan dan bebas alkohol.

Bir pletok ini sekarang sudah dikemas sedemikian rupa agar bisa dijadikan oleh-oleh. Dan benar saja tak jarang wisatawan asing ketagihan akan sensasi pedas bir ini dan memesannya untuk dapat diminum sehari-hari. Apalagi bir pletok tidak memberi efek memabukkan, sehingga mereka bisa dengan nyaman mengonsumsinya tanpa khawatir hilang kesadaran sesaat.

5. Sekoteng

lensaterkini.web.id - Minuman tradisional Jawa Tengah lain yang diminati wisatawan asing adalah sekoteng. Wedang yang paling enak dinikmati dalam keadaan hangat ini dibuat dari kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti yang dicampur dalam kuah jahe. Di zaman sekarang semakin banyak penjual yang berkreasi dengan menambahkan aneka isian untuk sekoteng, seperti biskuit bahkan labu yang sering ditemui di luar negeri. Adanya perpaduan itulah yang mungkin membuat orang asing tertarik untuk mencicipi minuman ini.

Dalam hal kuliner, ternyata Indonesia tak hanya terkenal dengan rendang, nasi goreng, maupun bakso. Aneka minuman dalam negeri ternyata juga terbukti memiliki rasa unik istimewa yang digemari para turis asing. Tidak salah memang nenek moyang kita bisa dengan kreatif meracik minuman-minuman itu dan sampai sekarang bisa mengikat lidah semua orang yang mencoba. Kalau bule saja suka dengan minuman tradisional kita, masa kalian sebagai anak muda malah bangga dengan produk buatan luar?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola