5 Alasan Kenapa Wajib Militer Diharuskan di Indonesia

Kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan istilah wamil, atau wajib militer. Meski di Indonesia tidak memberlakukan kewajiban tersebut, namun di negara-negara lain sudah banyak yang mengharuskan para pemuda berusia 18-27 untuk menerima pendidikan militer.

Bisa dibilang jika wajib militer memang memiliki banyak manfaat, termasuk menempa kedisiplinan, kemandirian dan ketangguhan seorang warga negara. Terlebih, jika semua rakyatnya memiliki kemampuan militer, tentu suatu negara akan disegani oleh bangsa lain. Pernahkah kalian membayangkan jika di Indonesia diharuskan untuk wamil? Berikut ini adalah 5 alasan penting kenapa Indonesia juga harusnya memberlakukan wamil.

1. Adanya isu-isu akan pecahnya perang dunia ke-3

lensaterkini.web.id - Meledaknya perang dunia pertama dan kedua tentu nggak bakal bisa dilupakan meski tinggal sejarah. Perang global itu melibatkan banyak negara dan memberikan dampak mengerikan bagi para rakyat negara yang terlibat. Belakangan ini, isu akan pecahnya perang dunia ke-3 makin santer saja. Bukan tanpa alasan pastinya, mengingat panasnya hubungan antara beberapa negara seperti Korea Utara dan Amerika Serikat.

Bisa dibayangkan, jika perang dunia ke-3 memang benar-benar terjadi, Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-3 di dunia tentu akan sangat diuntungkan jika para pemudanya dibekali ilmu militer. Selain itu, kita lebih siap tempur seumpama terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Indonesia juga bakal jadi negara yang disegani

Jika memberlakukan wajib militer, pertahanan Indonesia bakal semakin kuat. Dan negara-negara lain pun akan semakin segan. Setidaknya, Malaysia juga bakal mikir seribu kali kalau mau ngakuin beberapa budaya atau meng-klaim pulau yang merupakan milik Indonesia.

Kemungkinan adanya ulah menjengkelkan itu bisa ditekan, secara mereka harus memikirkan adanya risiko kalau sampai harus saling berseteru dengan para pemuda Indonesia yang jumlahnya dari Sabang sampai Merauke. Padat penduduk di Indonesia bakal sangat ditakuti kalau semua punya ilmu militer. Negara asing juga bakal terkencing-kencing kalau Indonesia sudah angkat senjata.

3. Negara-negara Asia Tenggara yang lain sudah banyak yang memberlakukan wamil

lensaterkini.web.id - Banyaknya ketegangan di antara beberapa negara memang membuat mereka mulai sadar untuk menyiapkan diri atas berbagai kemungkinan yang terjadi. Salah satunya dengan memperkuat militer dan menyiapkan beberapa tentara super.

Wajib militer juga sudah banyak diberlakukan di negara Asia Tenggara, misalnya saja Singapura, Filipina, Thailand dan bahkan Malaysia juga sudah mewajibkan pemudanya untuk wajib militer. Jika negara-negara tetangga sudah semakin kuat, otomatis mereka lebih bisa membusungkan dada jika menilai negeri kita tidak sekuat mereka.

4. Anti dijajah lagi

Selama 350 tahun Indonesia merasakan dijajah negara Belanda, dan 3,5 tahun diijak-injak Jepang. Selama itu, sudah cukup kenyang nenek moyang disengsarakan oleh bangsa asing. Agar hal itu tidak sampai terjadi lagi pada kita dan para anak cucu, sudah selayaknya Indonesia memiliki para pemuda yang tangguh.

Bukan berarti para tentara Indonesia kurang sih, namun wilayah Indonesia yang sangat luas ini tentu akan lebih terlindungi jika para pemuda di pelosok negeri merupakan alumni wamil yang tangguh dan memiliki kemampuan untuk menyikat siapapun yang datang dengan niat macam-macam.

5. Yang paling sederhana, menjadikan para pemuda Indonesia lebih disiplin

lensaterkini.web.id - Entah berapa banyak negara yang memandang orang Indonesia itu punya hobi ‘jam karet’ alias nggak menghargai ketepatan waktu. Mungkin di Indonesia hal tersebut memang sesuatu yang biasa, namun di mata orang asing, itu adalah masalah besar. Padahal kedisiplinan merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk kemajuan bangsa.

Melalui wajib militer, setidaknya kedisiplinan bisa ditanamkan pada jiwa-jiwa para pemudanya, yang diharapkan akan bisa diterapkan setelah selesai melaksanakan wajib militer. Jika kedisiplinan itu sudah mengakar pada para pemudanya, kemungkinan besar negara juga akan lebih tentram dan berkembang.

Wamil memang menyiksa bagi yang belum pernah. Namun, di balik itu ada manfaat yang sungguh luar biasa. Ini demi kepentingan bangsa juga. Bayangkan, seumpama Indonesia diserang sedangkan rakyatnya buta militer, maka sekali lagi negara kita bakal jadi bulan-bulanan. Hal tersebut takkan terjadi ketika Indonesia sudah memberlakukan Wamil karena semua penduduk dalam hal ini sudah sangat siap untuk berperang.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola