4 Jalur Ampuh Untuk Menjadi Anggota TNI

Adalah kebanggaan yang benar-benar besar ketika bisa tergabung ke dalam keluarga TNI. Bukan hanya bakal gampang cari jodoh dan bikin calon mertua lumer, tapi secara umum bisa mengabdikan diri bagi negara. Apalagi sampai dikirim menjadi pasukan perdamaian ke luar negeri sana. Pasti bakal dobel-dobel perasaan bangganya. Tapi, ini semua memang hanya mimpi kalau sejak awal tak pernah masuk TNI.

Ya, untuk bisa menjadi anggota, memang adalah hal yang luar biasa susah. Alasannya apalagi kalau bukan banyaknya syarat yang harus dipenuhi mulai fisik sampai psikis. Namun demikian, bukan berarti hal tersebut mustahil. Selain bisa dengan tes biasa, ternyata ada banyak jalan yang bisa ditempuh agar bisa berpakaian loreng-loreng. Ini info penting nih jangan sampai dilewatkan. Simak ulasannya berikut.

1. Masuk di sekolah yang erat hubungan dengan militer

lensaterkini.web.id - Jika sejak awal memang ingin masuk ke dalam satuan, maka langsung sasar saja sekolah-sekolah yang memang mempersiapkan muridnya untuk itu. Ya, untuk SMA salah satunya yang terkenal adalah Taruna Nusantara. Di sini murid-murid diajari hal-hal dasar tentang dunia ketentaraan, termasuk penerapan kedisplinan serta aturan yang cukup ketat.

Sekolah ini memang dibentuk semi militer, dengan harapan setelah lulus nanti para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang angkatan tidak kikuk lagi. Faktanya, sekolah ini sudah menghasilkan calon-calon tentara jempolan. Meskipun demikian, untuk masuk SMA ini sendiri juga cukup susah. Ada banyak seleksi yang harus diikuti.

2. Jika masih kuliah, juga bisa ikut Menwa

Ya, menwa atau resimen mahasiswa adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa yang menampung mereka yang ingin merasakan dunia militer. Tidak tanggung-tanggung para mahasiswa ini langsung dididik oleh anggota TNI. Menwa dibentuk dengan tujuan sebagai cadangan yang siap membantu TNI saat dibutuhkan. Ibaratnya mereka ini adalah pasukan semi militer.

Dalam hal kemampuan, hampur semua ilmu TNI diajarkan kepada Menwa. Mulai dari bertempur sampai merakit senjata. Mereka juga dilatih secara militer layaknya tentara pada umumnya sehingga wajar ketika bertemu salah satu anggota Menwa, sikap mereka sangat serdadu sekali. Pendidikan Menwa tidak terlalu lama, tapi sertifikatnya bisa dipakai sebagai bahan rekomendasi penguji ketika seseorang mendaftar menjadi anggota TNI.

3. Kejar beasiswa TNI

lensaterkini.web.id - TNI memang menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa yang ada di Indonesia. Karena pada biasanya mereka membutuhkan beberapa staf ahli dalam bidang-bidang khusus semacam kedokteran dan Teknik informasi. Jadi, bagi yang punya kemampuan-kemampuan khusus namun sangat oke, bisa mendaftar lewat jalur ini. Umumnya, seleksi lewat jalan ini cukup mudah dan tak begitu ketat.

Meskipun agak lebih mudah, bukan berarti bisa dilalui dengan begitu gampang. Banyak syarat yang harus dipenuhi. Dan kalau ada yang tidak sesuai maka akan tetap gagal meskipun skillnya sangat bagus. Untuknya, program semacam ini selalu rutin diadakan sehingga ketika di tahun ini gagal, bisa mencoba peruntungan lagi di masa mendatang asal tidak sampai di batas usia yang maksimal.

4. Satu lagi cara alternatif, jalur prestasi

Jika memiliki prestasi tertentu, itu juga bisa jadi modal yang bagus untuk bisa masuk TNI. Prestasinya sendiri tak harus bidang sains, olahraga pun juga sangat dipertimbangan. Misalnya saja jago dalam masalah sepakbola, bahkan bisa masuk timnas, maka bakal ada kesempatan besar masuk tentara melalui jalur yang satu ini. Sudah banyak atlet-atlet Indonesia yang karena prestasinya bisa menjadi seorang tentara.

Uniknya, setelah diterima menjadi anggota TNI, seseorang yang masuk karena prestasinya ini dipersilakan unutk terus menekuni bidangnya. Misalnya kalau sepak bola ya itu akan jadi hal yang bisa dilakukannya secara kontinyu alias terus menerus. Jadi, kalau kamu punya prestasi tertentu dan ingin masuk jadi anggota TNI, maka bisa memanfaatkan hal tersebut.

Tidak ada istilah jalan buntu untuk sesuatu yang mustahil dikejar. Gagal masuk TNI lewat jalur normal, kita pakai cara sakti di atas. Sudah banyak mereka yang menjadi serdadu karena masuk melalui cara-cara di atas. Selamat mencoba dan buatlah si calon mertua bangga.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola