4 Deretan Suku Yang Dianggap Seperti Suku Batak

Siapa yang tidak kenal dengan suku Batak? Suku khas Sumatera ini memiliki tradisi unik yang membedakannya dengan yang lain. Contohnya saja mahar sinamot yang super mahal itu, sampai tarian tor-tor si gale-galenya yang unik luar biasa. Keunikan budaya batak sudah terkenal hingga ke penjuru dunia, sehingga tidak mengherankan kalau suku Batak cukup sering didatangi para bule.

Tentang Batak, mungkin kita berpikir kalau Indonesia lah satu-satunya rumah bagi suku ini. Padahal, faktanya ternyata di luar sana ada banyak suku yang mirip-mirip batak. Entah itu, pakaian, tradisi, bahkan adat. Tentu ini membuat banyak orang bertanya-tanya, misalnya tentang asal usul dan sebagainya. Lalu, mana saja suku di dunia yang mirip2 Batak? Simak ulasannya berikut.

1. Suku Koireng, baik cara berpakaian dan kain yang digunakan mirip dengan Batak

lensaterkini.web.id - Kelompok masyarakat yang berasal dari India ini memiliki sebuah pakaian adat yang sangat mirip dengan orang batak zaman dulu. Apalagi motif kain yang digunakan oleh orang-orang Koireng ini hampir sama dengan yang dipakai oleh suku Batak.

Meskipun mempunyai banyak kemiripan dengan suku Batak dari sisi pakaian, namun bahasa yang dimiliki kedua suku ini benar-benar berbeda satu sama lain. Suku yang juga dikenal dengan nama Kolram ini tidak hanya tersebar di India. Beberapa juga ada di Bangladesh dan Nepal.

2. Suku Mate, cara bicara yang super mirip

Kalau suku satu ini terkenal karena cara bicaranya yang sangat mirip dengan orang Batak. Blak-blakan dan lantang. Bukan hanya itu, cara berpakaian dan kain yang digunakan pun sangat mirip dengan yang ada di Batak. Satu lagi kemiripan, ternyata suku Mate banyak yang menganut agama Kristen seperti halnya suku dari tanah Sumatera itu.

Suku ini sendiri tersebar di 3 kabupaten yang berbeda Chandel, Churachandpur dan Senapati di Manipur. Populasi suku Mate sendiri mencapai 10 ribu orang. Meskipun cara bicaranya sama, suku Mate memiliki kosa kata dan bahasa yang benar-benar berbeda dari Batak kita.

3. Suku Monsang, bahkan tarian dan marganya pun sama

lensaterkini.web.id - Suku Monsang bukan hanya mempunyai pakaian dan kain yang sama dengan suku Batak, mereka juga memiliki silsilah dan marga yang sangat serupa dengan orang-orang Sumatera tersebut. Hanya beda label dan pengucapan saja. Soal tarian, suku yang juga menyebut dirinya sebagai Sirti ini juga memiliki gerakan mirip tari Tor-tor. Lantaran memiliki banyak kesamaan, mungkin Monsang ini bisa dibilang fotocopy paling miripnya suku batak di Indonesia.

Meskipun begitu mirip, namun belum bisa dipastikan apakah mereka merupakan sempalan Batak asli. Belum ada penelitian untuk itu. Tapi, kalau dilihat sekilas dari fisiknya, mereka memang agak mirip dengan orang-orang di suku Batak. Mungkin saja dulunya ada orang Batak yang keluar dari Sumatera untuk kemudian mengembangkan komunitasnya sendiri. Tapi, tentu hal tersebut belum bisa dipastikan.

4. Suku Mizo, tidak cuma pakaian, bahkan rumah pun mirip

Suku yang biasa dipanggil dengan Mizoram ini, sering dianggap sebagai salah satu dari suku Israel yang hilang. Namun jika dilihat dengan seksama, suku Mizo ini agak lebih mirip dengan etnis Batak. Populasi mereka sendiri saat ini adalah sekitar 750 ribu orang.

Kemiripan suku ini dengan Batak bisa dilihat dari berbagai hal. Terutama pakaian yang aksennya Batak sekali. Selain itu, mereka juga memiliki desain rumah yang begitu mirip dengan hunian-hunian adat Batak. Tak hanya sampai situ saja, wanita-wanita dari suku Mizo ini juga terkenal cantik-cantik, sama seperti gadis-gadis Batak yang bikin pria jatuh cinta itu.

Tentang suku-suku ini, ada satu pertanyaan yang belum terjawab. Ya, ini tentang asal usul mereka yang masih misteri. Kalau dilihat dari kultur dan budayanya, mungkin saja mereka ini adalah sempalan suku Batak yang membangun populasinya sendiri. Tapi, sayangnya itu belum bisa dipastikan. Namun kalau benar, maka harus benar-benar diakui kalau Batak memang sangat mendunia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola