5 Tokoh Besar Indonesia Asal Bangka Belitung

Berbicara soal traveling ke Sumatra, pantai Belitung pasti adalah hal yang akan langsung terpikirkan banyak orang. Sama sekali tidak mengherankan kenapa seperti itu karena tempat-tempat ini memang luar biasa. Ya, di sana kita bakal disuguhi banyak hal, mulai dari keindahan pasir putihnya, air bening yang menggoda, sampai batuan-batuan gagahnya. Dengan semua yang dimilikinya, tak heran kalau pantai-pantai Belitung selalu lekat dengan bahasan soal wisata paling menarik di pulau Sumatera.

Bangka Belitung sendiri sebenarnya bukan cuma tentang wisata, tapi juga tokoh-tokohnya. Ya, siapa sangka jika daerah satu ini ternyata adalah tempat lahir para tokoh besar dan punya pengaruh di Indonesia. Tak hanya punya influence yang biasa-biasa saja, beberapa sangat sukses membawa perubahan besar bagi bangsa ini, meskipun ada yang kontroversial juga.

Lalu, siapa saja sih tokoh berpengaruh Indonesia asal Bangka Belitung ini? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Antasari Azhar, Sang Penakluk Koruptor

lensaterkini.web.id - Terlepas dari kasus pembunuhan yang membelitnya, namun tak bisa ditampik kalau Antasari Azhar adalah ketua KPK terbaik. Di masa dinasnya, pria 63 tahun ini sukses membekuk banyak koruptor kakap macam Artalyta Suryani atau Jaksa Urip Tri Gunawan. Ia sebenarnya bisa lebih trengginas lagi, namun Antasari terlibat kasus yang membuatnya dicopot dan ditahan.

Soal tempat asal, tak banyak yang tahu kalau beliau ini lahir di Bangka Belitung. Masa kecilnya pun juga dihabiskan di tanah menyenangkan itu, sampai akhirnya ia terbang ke Australia dalam rangka kuliah dan kemudian berkarir sebagai jaksa lalu berlanjut sebagai ketua KPK di Jakarta. Memang patut diakui di masa ketika ia menjadi pemimpin KPK, masyarakat Indonesia sangat optimis kalau korupsi bakal lenyap di tangannya.

2. D. N. Aidit, Sang Figur Komunis Terkuat Indonesia

Berbicara soal sejarah komunis di Nusantara orang-orang takkan menyinggung Letkol Untung atau Musso, melainkan Dipa Nusantara Aidit. Ya, pria satu ini begitu lekat figurnya dengan komunisme di Indonesia. Hal ini juga membuatnya sebagai salah satu tokoh paling kontroversial dalam sejarah khususnya di bagian pasca kemerdekaan.

Tentang tempat asal, D.N. Aidit juga kelahiran Belitung. Dulu, ia sering dipanggil Ahmad Aidit sampai akhirnya ia menggantinya dengan berbagai alasan. Pria ini dulunya adalah teman para tokoh terkenal seperti Bung Karno, Hatta, sampai Mohammad Yamin. Namun, entah kenapa kemudian Aidit lalu berubah haluan. Sampai akhirnya hal tersebut membuatnya dianggap sebagai dalang dari peristiwa paling  memilukan di bulan September tahun 65.

3. Basuki Tjahaja Purnama, DKI 1 Asal Belitung

lensaterkini.web.id - Kalau ditanya siapa orang paling sering dibicarakan orang Indonesia saat ini, maka jawabannya jelas adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Pak Ahok. Ya, setelah pernyataannya beberapa waktu lalu yang bersinggungan dengan agama, tokoh satu ini jadi sorotan semua orang, bahkan tak hanya warga Jakarta saja. Sebelum itu, sempat ada juga beberapa demo terbesar yang tujuannya untuk memperkarakan Pak Ahok.

Sama seperti dua tokoh sebelumnya, Pak Ahok juga berasal dari Belitung. Bahkan di tanah kelahirannya, beliau ini sempat menjabat sebagai Bupati Belitung Timur. Berbicara soal prestasi nih, tak bisa ditampik kalau pria kelahiran 66 ini memang luar biasa. Buktinya adalah tertatanya kota Jakarta, pembangunan di sana sini, dan yang paling kelihatan adalah berhasil membuat lokasi prostitusi jadi lahan terbuka hijau. Tak banyak orang yang bisa melakukan itu.

4. Yusril Ihza Mahendra, Tokoh Penting yang Berasal dari Belitung

Yusril Ihza Mahendra, ketika mendengar nama satu ini, mungkin jarang sekali yang bakal geleng-geleng kepala karena tidak tahu. Ya, hampir semua orang pasti kenal dengan tokoh satu itu. Pak Yusril adalah salah satu politisi paling brilian yang manuvernya luar biasa.

Diketahui, beliau ini memiliki karier yang moncer. Dimulai dari sebagai dosen di UI, perlahan beliau berhasil mendaki cukup tinggi. Dan beberapa poin penting dalam karirnya adalah jadi juru tulis pidato presiden Soeharto sampai mendirikan Partai Bulan Bintang. Sebagai politisi, beliau ini juga luar biasa.

Diketahui beberapa kali ia menempati posisi penting dalam pemerintahan mulai dari Menteri Hukum dan Sekretaris Negara. Kabar terakhir tentangnya, adalah usahanya menjadi calon Gubernur DKI namun sayangnya gagal. Oh iya, tokoh luar biasa ini juga kelahiran Bangka Belitung.

5. Chandra Lie, Pria Sukses Pemilik Maskapai

lensaterkini.web.id - Tidak banyak yang tahu tokoh satu ini, namun ia juga bisa dikatakan salah satu sosok penting yang dimiliki Indonesia. Ya, Chandra Lie ini adalah seorang pengusaha yang membawahi salah satu maskapai besar yang punya andil tidak main-main dalam penerbangan Indonesia. Beliau ini adalah CEO dari Sriwijaya Air.

Sama seperti semua tokoh di atas, beliau ini juga lahir di Bangka Belitung. Chandra Lie sendiri mengawali bisnis maskapai ini dari coba-coba karena sebuah kesempatan. Siapa yang sangka, kalau berawal dari situ kemampuannya di bidang penerbangan makin melesat. Hingga akhirnya sekarang ini Sriwijaya Air menjadi salah satu maskapai paling diperhitungkan di Indonesia.

Sebenarnya tak hanya lima orang ini sosok terkenal yang lahir di Bangka Belitung. Masih ada cukup banyak tokoh lainnya yang bertempat lahir sama, sebut saja si novelis hebat Andrea Hirata, sampai deretan artis macam Sandra Dewi atau Artika Sari Devi. Banyaknya sosok terkenal yang lahir di sana seolah membuat Bangka Belitung layak dijuluki sebagai tanah kelahiran orang-orang hebat.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola