5 Peristiwa Terheboh di Indonesia Sepanjang Tahun 2016

Selama 2016 yang masih menyisakan 1 bulanan saja, Indonesia sudah banyak diguncang isu yang cukup panas dan menghebohkan. Gonjang-ganjing terjadi di mana-mana sehingga banyak masyarakat yang akhirnya bingung atau ikut-ikutan arus. Media sosial berperan besar dalam menyebarkan isu dan peristiwa sehingga lapisan masyarakat terbawah pun tahu meski hanya samar-samar.

Sebelum 2016 akhirnya habis dan berganti tahun, mari kita ingat kembali peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah mengguncang Indonesia. Mari kita kupas lagi agar kelak di masa depan, hal-hal semacam ini tidak terjadi lagi atau kalau pun terjadi kita bisa menyikapinya dengan lebih bijak. Berikut peristiwa paling panas di Indonesia selama 2016.

1. Ahok, Penistaan Agama, dan Aksi Bela Islam

lensaterkini.web.id - Kalau Anda mengamati berita yang ada di TV atau sosial media dalam satu bulan terakhir, tiga hal di atas adalah yang paling hot. Sejak video Ahok yang mengutip Al-Maidah Ayat 51 mencuat, publik langsung memberikan beragam reaksi. Ada yang menganggapnya biasa, ada yang menyikapinya dengan serius karena berpendapat jika apa yang dilakukan Ahok merupakan bagian dari penistaan agama.

Buntut video yang konon diunggah dan diedit oleh Buni Yani ini menjadi panjang. Masyarakat mulai mengecam Ahok habis-habisan. Puncaknya, aksi bela Islam dari penistaan dilakukan dengan damai di Jakarta pada tanggal 4 November 2016 lalu meski setelah petang massa melakukan aksi perusakan dan pembakaran.

2. LGBT dalam Masyarakat Indonesia

Bergerak ke belakang, Indonesia juga sempat panas dengan masalah LGBT dan turunannya. Media-media yang ada di Indonesia mengangkat topik yang sedang viral ini menjadi banyak pembicaraan yang cukup panas dan alot. Banyak pihak melarang adanya LGBT di Indonesia. Bahkan banyak pejabat di Indonesia mengatakan dengan lantang bahwa mereka melarang dengan dalih tidak sesuai dengan adat ketimuran.

Menristek Mohammad Nasir bahkan mengatakan dengan sangat gamblang kalau kaum LGBT dilarang masuk kampus. Mereka dianggap tidak sesuai dengan nilai moral dan kesusilaan bangsa Indonesia. Buntut dari kasus ini pro dan kontra menyebar di banyak media hingga masyarakat mulai resah kalau anaknya sampai tertular atau memiliki penyimpangan ini.

3. Bangkitnya PKI

lensaterkini.web.id - Selain masalah Ahok dan LGBT yang bertahan lama di banyak media, isu PKI dan kebangkitannya juga sempat membuat kepanikan. Buku-buku yang ada hubungannya dengan partai komunis ini dihilangkan dari toko buku agar masyarakat tidak tertular ideologi yang konon tidak pantas bagi negeri ini. Selain buku, atribut-atribut yang ada hubungannya dengan PKI dihilangkan sehingga pro dan kontra menyebar di mana-mana.

Beberapa orang mengatakan kalau apa yang dilakukan oleh pemerintah khususnya pihak TNI ini berlebihan. Ada juga mengapresiasi dengan baik tindakan itu agar PKI yang dianggap sebagai public enemy itu tidak bangkit lagi. Oh ya, masalah PKI juga hadir lagi dalam bentuk logo BI pada pecahan uang kertas Rp100.000,00. Beberapa oknum percaya kalau logo itu adalah logo PKI yang sengaja disusupkan. Well, bagaimana menurut Anda?

4. Drama Kopi Bersianida

Tahun 2016 tidak akan menghebohkan kalau belum ada drama sidang kopi bersianida dengan terdakwa Jessica. Selama beberapa saat, TV hanya dipenuhi dengan sidang-sidang yang membuat orang menebak-nebak apakah Jessica membunuh temannya atau tidak. Kalau memang membunuh apa motif dibalik peracunan yang membuat banyak orang jadi memiliki joke terkait kopi.

Saat sidang Jessica dilakukan di TV, banyak ahli dari berbagai bidang bermunculan. Mereka mengungkapkan pandangannya di depan banyak orang sehingga kasus ini semakin pelik. Sidang yang harus bisa berakhir dengan cepat mendadak jadi drama yang memiliki beberapa episode yang cukup pelik dan membingungkan.

5. Natuna dan Pencamplokan Tiongkok

lensaterkini.web.id - Peristiwa terakhir yang sempat membuat kehebohan di Indonesia adalah gonjang-ganjing di kawasan Kepulauan Natuna. Konflik antara Indonesia dan Tiongkok membuat banyak orang jadi geram. Bagaimana mungkin negara yang memiliki penduduk besar di dunia itu mau mencaplok wilayah NKRI.

Indonesia pernah kehilangan pulau saat berkonflik dengan Malaysia dahulu. Munculnya kasus Natuna membuat semua orang jadi penasaran. Iyakah pemerintah akan diam saja atau mengambil tindakan yang tegas terhadap aksi yang dilakukan oleh Tiongkok.

Inilah beberapa peristiwa paling panas yang terjadi pada tahun 2016, sejauh ini. Semoga di sisa beberapa hari ke depan, negeri ini tidak dilanda isu yang lebih panas yang membuat banyak orang jadi panik dan heboh.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola