4 Jasa Terbesar Obama Terhadap Dunia Yang Tak Kamu Ketahui

Beberapa hari yang lalu, Presiden Amerika, Barack Obama menyampaikan pidato perpisahannya kepada rakyat Amerika. Seperti pamitan seorang ayah kepada anaknya, masyarakat negeri Paman Sam pun seolah tidak rela dengan kepergian sang presiden kulit hitam pertama AS ini. Dua periode memimpin rupanya membawa kesan yang begitu mendalam.

Obama memang presiden impian. Ia meninggalkan banyak hal-hal baik selama menjadi kepala negara Amerika. Entah itu perbaikan ekonomi sampai hal-hal kecil semacam fasilitas kesehatan kepada rakyat. Sebenarnya tak hanya berjasa kepada Amerika dan rakyatnya, Obama juga memiliki kontribusi kepada dunia secara luas. Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui hal tersebut.

Lalu, jasa besar macam apa yang diberikan Obama kepada dunia? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Negara-negara Islam

lensaterkini.web.id - Sebelum Obama menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, negara tersebut dikenal memiliki hubungan yang cukup buruk dengan negara-negara di Timur Tengah. Ini disebabkan kebijakan luar negeri George W. Bush, presiden AS sebelumnya, yang tidak ramah pada negara Islam.

Pada masa pemerintahannya, Bush mencoba menginvasi Irak, mendukung serangan Israel terhadap Palestina, sampai mengisolasi Iran. Ketika Obama memimpin, AS sedikit demi sedikit mampu menjalin lagi hubungan baik dengan negara-negara Islam tersebut. Aksi Obama ini pun seolah membawa influence yang baik bagi dunia.

2. Berkawan Baik dengan Rusia

Amerika dan Rusia memiliki sejarah yang buruk. Mereka merupakan musuh satu sama lain saat Perang Dunia II berlangsung. Meski perang telah berakhir lama, namun keduanya belum bisa menjalin hubungan baik layaknya negara-negara lain.

Namun, Sejak Obama memimpin Amerika, hubungan AS dan Rusia semakin dekat dan terjalin dengan baik. Seumpama Obama keras terhadap Rusia, bisa saja perang dingin terulang lagi dan tentu saja ini bisa berdampak pada dunia.

3. Menghakimi Osama Bin Laden

lensaterkini.web.id - Pada tahun 2011, pasukan khusus yang mengejar Osama Bin Laden, pimpinan Al-Qaeda berhasil menangkapnya di Abbottabad, Pakistan dan membunuhnya di tempat. Al-Qaeda merupakan otak di balik serangan 11 September di New York yang membunuh ratusan orang.

Selain di New York, Al-Qaeda juga diduga melakukan serangan teroris ke berbagai tempat di belahan dunia. Bagi dunia ini adalah salah satu prestasi besar yang dicatatkan Amerika dan Obama-lah yang memprakarsai hal itu.

4. Menjadikan Amerika sebagai Negara Ramah Lingkungan

Memang kebijakan-kebijakan ramah lingkungan yang dicanangkan Obama hanya berlaku di Amerika Serikat. Namun jika kita berbicara lingkungan, kerusakan di satu tempat dapat merusak tempat lainnya. Sehingga dengan dimulainya perbaikan lingkungan di Amerika Serikat akan berpengaruh pada lingkungan di seluruh dunia. Beberapa negara sudah mulai mencontoh kebijakan Obama terkait dengan lingkungan tersebut.

Beberapa kebijakan Barack Obama memang menuai pro dan kontra. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang dilakukannya itu berpengaruh bagi masyarakat luas dan menjadikan keadaan politik dunia lebih damai dibanding sebelumnya. Tak hanya Obama, sang istri, Michelle Obama, pun turut memberikan kontribusi pada dunia.

Misalnya tentang kiprahnya di dunia pendidikan dan pemberdayaan perempuan secara global. Melihat apa yang sudah dilakukan Obama, sepertinya akan cukup susah bagi Amerika untuk memiliki presiden yang seperti ini lagi.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola