9 Anggota Tubuh Tempat Bakteri Bersarang

Meski kamu sudah menjaga kesehatan tubuh dengan cara mandi 2 kali sehari dan menggunakan sabun bakteri, tubuh manusia tentu tak luput dari serangan segala macam bakteri dan kuman.

Pernahkah kamu menyadari bahwa tubuh atau anggota tubuh yang kamu lihat sehari-hari bersih ternyata menyimpan kuman di dalamnya? Sebuah penelitian kesehatan terbaru menemukan bahwa ada lebih dari 615 jenis bakteri yang ada di mulut, lidah, dan anggota tubuh lainnya. Belum lagi dengan anusmu yang memiliki kontak langsung dengan feses.

1. Mulut

lensaterkini.web.id - Mulut merupakan pintu awal dari masuknya semua makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Terkadang kamu tidak mengetahui seberapa bersih makanan dan minuman tersebut. Sehingga tak jarang mulut penuh dengan tumpukan bakteri dari apapun yang kamu makan. Belum lagi dengan aktivitas berciuman yang menjadi sarana pertukaran bakteri.

Sehingga hal ini pun menjadi mulut sebagai salah satu bagian tubuh yang kotor. Bahkan ada lebih dari sekitar 600 jenis bakteri yang hidup di sana! Solusi agar mulutmu tak penuh bakteri? Jangan lupa untuk selalu berkumur dengan mouthwash setiap kali kamu selesai sikat gigi.

2. Ketiak

Ketiak adalah bagian tubuh yang berbentuk lipatan. Sehingga menjadikannya sebagai tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkumpul. Ditambah dengan kondisinya yang lembab, kuman pun tumbuh subur di sana.

Ketika kuman maupun bakteri bercampur dengan keringat, maka akan memunculkan bau badan yang mengganggu. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu membersihkan ketiak dengan seksama setiap kali kamu mandi. Dan oleskan deodoran setelahnya untuk mencegah bau badan.

3. Telinga

lensaterkini.web.id - Anatomi telinga yang penuh dengan lipatan serta tempat tersembunyi membuatnya dengan mudah dipenuhi dengan bakteri. Kotoran telinga pun menjadi hal yang paling kotor karena berisi dengan kuman. Sehingga kamu pun wajib membersihkannya dengan rutin namun jangan berlebihan. Sebab kotoran telinga ini memiliki fungsi untuk memberikan pelumasan di liang telinga.

4. Lidah

Selain mulut, lidah juga dikenal menjadi rumah bakteri. Lidah bisa berubah warna menjadi keputihan akibat menumpuknya bakteri di atas lidah. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah dengan alat pembersih berupa kerokan untuk menghapus lapisan putih yang ada di atas lidah.

5. Kuku

lensaterkini.web.id - Kuku yang letaknya paling depan juga dikenal sebagai salah satu bagian tubuh manusia yang paling kotor. Meski kukumu terlihat bersih, namun ada ribuan bakteri yang tersembunyi di dalamnya.

Bayangkan jika kamu tidak menjaga kebersihan kuku dan kamu makan dengan tangan telanjang, maka kamu bisa menelan ribuan kuman yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut. Nah, agar kamu terhindar dari gangguan ini, selalu potong kuku setiap kali kamu merasa bahwa kukumu sudah terlalu panjang.

6. Rambut atau kulit kepala

Pernahkah kamu merasa bahwa kulit kepalamu sangatlah gatal? Tak hanya karena keringat, namun bakteri yang bercampur dengan kotoran yang berasal dari rambut bisa membuatnya gatal. Hal ini menjadikan bukti bahwa rambut atau kulit kepala juga bisa menjadi salah satu anggota tubuh yang kotor. Oleh karena itu rajinlah keramas setidaknya 2 hari sekali.

7. Pusar

lensaterkini.web.id - Pusar menjadi salah satu anggota tubuh yang paling kotor. Sebab pusar yang berbentuk 'lubang' ini menjadi tempat yang ideal bagi kotoran dan bakteri perut untuk bersembunyi. Sehingga tak jarang pusar jadi bau karenanya.

Untuk membersihkan pusar pun kamu harus berhati-hati karena jika kamu terlalu dalam membersihkannya, maka akan menimbulkan infeksi.

8. Pantat

Meski terlindungi dengan celana atau bawahan yang kamu pakai, pantat bisa menjadi salah satu anggota tubuh yang kotor. Alasannya karena pantat dekat dengan feses saat kamu sedang buang air besar. Jadi membersihkan dengan seksama ketika selesai BAB sangatlah penting.

9. Hidung

lensaterkini.web.id - Hidung juga bisa menjadi bagian tubuh yang kotor. Sebab hidung menghirup semua udara yang mengandung bakteri atau kotoran di dalamnya. Untungnya hidup memiliki rambut halus untuk menangkap kotoran tersebut. Namun tetap saja kamu harus membersihkan hidung dari kerak-kerak yang menempel.

Meski terlihat bersih, beberapa anggota tubuh bisa menjadi tempat ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkumpul. Oleh karena itu selalu jaga kebersihan tubuh dengan seksama.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola