8 Orang Yang Kekayaannya Sebanding 30 Milliar Warga di Dunia

Delapan orang kaya dunia saat ini memiliki kekayaan dengan jumlah setara dengan 3,6 miliar penduduk miskin dunia. Hal ini berdasarkan hasil riset dari Oxfam International. Dilansir dari CNN, para orang kaya ini ialah Bill Gates, Warren Buffett, Carlos Slim, Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, Amancio Ortega, Larry Ellison dan Michael Bloomberg. Kekayaan mereka jika dijumlahkan berkisar antara USD 426 miliar atau setara Rp 5.692,6 triliun.

Laporan Oxfam mengatakan satu persen orang terkaya dunia memiliki kekayaan yang melebihi harta seluruh penduduk sejak 2015. Laporan mengungkapkan tujuh dari 10 orang hidup di negara di mana kesenjangan sosial terus memburuk sejak 30 tahun lalu. Sementara lebih dari 25 tahun, satu persen penduduk meraup pendapatan lebih tinggi dibanding 50 persen penduduk terbawah.

Selain itu, perbedaan gander para orang kaya terus melebar. Di mana 89 persen orang kaya ialah pria. Berdasarkan data Forbes, berikut ke-8 orang kaya yang kekayaannya melebihi 3,6 miliar penduduk miskin dunia tersebut.

Bill Gates

lensaterkini.web.id - Bill Gates saat ini memiliki harta senilai USD 84,2 miliar. Dia menempati peringkat 1 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Bill Gates merupakan salah seorang pengusaha besar yang namanya mendunia. Dia pun menduduki posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2016. Pendiri dan pemilik Microsoft tersebut ternyata sudah mulai merintis bisnisnya sejak kecil. Dia mulai pada usia 13 tahun. Bill Gates remaja mulai tertarik dan menceburkan diri ke dunia pemrograman.

Menjalani masa kecil dan remajanya di dunia pemrograman membuatnya berkesempatan menjalankan beberapa proyek kecil sebelum akhirnya di usia 20 tahun dia dan temannya Paul Allen mendirikan perusahaan software bernama Microsoft. Bill Gates bahkan rela berhenti dari Harvard University untuk membangun Microsoft menjadi raksasa di bidang teknologi.

Warren Buffett

Warren Buffett memiliki harta saat ini senilai USD 72,5 miliar. Dia menempati peringkat 3 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Pria satu ini terkenal sekali dalam dunia investasi. Warren Edward Buffet lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, pada tahun 1930 silam. Ketika berusia 11 tahun Buffet menjadi seorang loper koran, tetapi di tengah waktu luang dia sering mengelilingi lapangan golf untuk mencari bola yang hilang dan menjualnya kepada para pemain golf di sekitar lapangan tersebut.

Di usia 14 tahun, Buffet berhasil mengumpulkan uang USD 1.200 dan membeli 40 hektare tanah pertanian yang disewakan kepada petani lokal. Lewat tindakannya inilah dia mulai mendapatkan passive income. Intuisi bisnis serta investasinya pun semakin tajam dari waktu ke waktu.

Carlos Slim

lensaterkini.web.id - Harta kekayaan Carlos Slim saat ini senilai USD 48,4 miliar. Dia menempati peringkat 7 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Carlos Slim Helu lahir di Mexico City pada 28 Januari 1940. Slim dan saudara-saudaranya diajarkan tentang praktik dasar bisnis oleh ayah mereka. Pada usianya yang ke 12 tahun Slim membeli saham di sebuah bank Meksiko. Pada umur 17 tahun, Slim memperoleh 200 peso per minggu dari bekerja di perusahaan ayahnya. Dia kemudian bersekolah di National Autonomous University of Mexico. Pada tahun 1966 dia mendirikan Inmobiliaria Carso, tiga bulan setelahnya dia resmi menikahi Soumaya Domit Gemayel.

Pada awal karirnya, Slim memusatkan perhatiannya pada bidang konstruksi, real estate, dan pertambangan. Pada tahun 1972 dia mendirikan setidaknya 7 perusahaan yang bergerak dalam ke tiga bidang tersebut. Di tahun 1976 dia melebarkan sayapnya dengan membeli 60 persen bunga di bisnis percetakan dan pada tahun 1980 dia mengonsolidasikan kepentingan bisnisnya dengan membentuk Grupo Galas sebagai induk dari konglomerat yang memiliki minat terhadap industri, konstruksi, pertambangan, retail, makanan, dan tembakau.

Jeff Bezos

Jeff Bezos hingga saat ini mampu meraup kekayaan sekitar USD 70,3 miliar. Dia menempati peringkat 4 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Sebagian besar kekayaan Bezos tergantung pada kinerja Amazon, saat ini mendulang keuntungan dari melonjaknya permintaan akan jasa pengiriman berbalik-cepat (quick-turnaround delivery), layanan cloud, dan perangkat digital semacam Kindle dan Echo.

Pada April, Amazon mencetak pemasukan terbesarnya sepanjang sejarah. Pada kuartal pertama 2016, perusahaan berbasis di Seattle itu mengalami lonjakan penjualan 28 persen, termasuk, 64 persen di divisi komputasi cloud. Adapun valuasi saham naik 54 persen setelah sempat menyentuh titik terendah USD 482,07 pada 9 Februari.

Di sisi lain, penaikan peringkat Bezos juga disebabkan aksi filantropi yang dilakukan Buffet. Pemimpin Berkshire Hathaway Inc. tersebut mendonasikan saham senilai USD 2,2 miliar kepada yayasan amal Bill dan Melinda Gates. Sepanjang 2016, kekayaan kakek 82 tahun itu melonjak USD 2,7 miliar.

Mark Zuckerberg

lensaterkini.web.id - Pencipta Facebook ini saat ini memiliki harta sekitar USD 53,8 miliar. Dia menempati peringkat 5 dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Nama serta popularitasnya melejit sejak mendirikan jejaring sosial Facebook bersama beberapa rekannya di kamar asramanya di Harvard pada tahun 2004 lalu.

Pengguna Facebook hingga kini sudah mencapai lebih dari 1,5 miliar orang. Setidaknya ada satu orang mendaftar di media sosial ini setiap bulannya. Jumlah pelanggan Facebook mengalahkan produk teknologi lainnya seperti Microsoft. Pengguna yang luar biasa banyak ini memungkinkan Facebook mencetak fitur baru memanfaatkan data pengguna. Ini kemudian berdampak pada naiknya pendapatan iklan perusahaan.

Amancio Ortega

Amancio Ortega saat ini memiliki kekayaan sekitar USD 72,8 miliar. Dia menempati peringkat 2 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Perusahaan Ortega yang beroperasi di bawah beberapa nama merek, termasuk Zara, Massimo Dutti dan Stradivarius, memiliki hampir 5.900 toko di 86 negara. Amancio Ortega Gaona yang lahir pada 28 Maret 1936 itu menyandang status sebagai seorang eksekutif busana asal Spanyol dan ketua pendiri dari grup fashion Inditex.

Larry Ellison

lensaterkini.web.id - Larry Ellison saat ini tercatat memiliki kekayaan mencapai USD 48,6 miliar. Dia menempati peringkat 6 dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Larry Ellison juga merupakan nama besar di dunia teknologi. Lewat Oracle, dirinya mampu menyediakan solusi software dan database yang kemudian digunakan banyak instansi besar di dunia.

Larry dibesarkan oleh keluarga kelas menengah di Chicago. Dia tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya. Awal mula usahanya adalah, Larry pernah membangun database untuk CIA yang kemudian dilanjutkannya dengan membangun perusahaan perangkat lunak atau software yaitu Oracle pada tahun 1977.

Michael Bloomberg

Michael Bloomberg tercatat saat ini memiliki jumlah kekayaan mencapai USD 41,8 miliar. Dia menempati peringkat 11 dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Pada pidatonya di acara Goldman Sachs, Mike berbagi sejumlah tips suksesnya yang cukup mencengangkan.

Mike, pada intinya, mengungkapkan sejumlah tipsnya untuk tidak bersikap lunak pada kehidupan. Sebagai seorang pengusaha, masalah selalu menjadi teman kehidupan, maka dari itu dia mengingatkan bahwa dunia ini bukan untuk orang yang gampang menyerah.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola