8 Bug Aplikasi Yang Tak Berbahaya Namun Bikin Kocak Banget

Bug komputer maupun aplikasi, merupakan sebuah error dari aspek programming dan juga kelalaian membenahi detil yang berujung pada hal-hal yang tak lazim. Di beberapa kasus, hal ini berdampak pada insiden hilangnya aset finansial sebuah perusahaan digital maupun kerugian materiil dari konsumen.

Namun bug tersebut tak melulu berbahaya. Ada juga bug yang tidak berbahaya. Hal ini menyerang aplikasi kecil seperti game, namun memiliki dampak yang terkadang unik dan kocak. Berikut beberapa bug komputer yang tidak bahaya, namun justru kocak.

1. Bank Error, saldo jadi 12 Triliun Rupiah

lensaterkini.web.id - Bayangkan jadi pegawai biasa, lalu mengecek saldo di ATM, dan ternyata saldo di bank ada lebih dari 900 Juta Dollar atau lebih dari 12 Triliun Rupiah. Hal ini terjadi pada Sylvester Dorsey dan 825 nasabah dari First National Bank of Chicago pada Mei 1996.

James Lancaster, wakil presiden senior dari Bank tersebut, menyatakan bahwa ada kesalahan pada programming yang menyebabkan bug unik tersebut terjadi. Meski demikian, tak ada nasabah yang membawa lari uang tersebut lalu 'mencuci' uang tersebut di negara lain.

Hanya saja untuk memperbaiki kesalahan programming tersebut, bank tersebut rugi hingga 764 Miliar Dollar. Ini adalah salah satu error terbesar yang terjadi di dunia perbankan dunia.

2. Windows Phone 8 menyuruh pengguna untuk 'Masukkan CD'

Windows Phone 8 pertama kali diluncurkan pada 2012 lalu, dan digadang-gadang jadi saingan berat dari iOS dan Android. Namun jangankan bersaing, ternyata ada bug yang cukup fatal terjadi di beberapa pengguna awal Windows Phone 8.

Bug tersebut berupa smartphone yang gagal reboot dan pada layar muncul pesan "Masukkan CD instalasi Windows Anda dan restart komputer Anda."

Setelah diusut, pesan ini muncul ke setiap pengguna Windows Phone 8 yang ingin membuka firmware yang telah dimodifikasi ke smartphonenya. Ketika ini dilakukan, sistem OS menolak dan akhirnya pesan ini muncul.

Hal ini terjadi karena Windows Phone 8 dibuat berdasarkan Windows NT Kernel, dan sistem ini sudah jadi inti dari OS Windows di komputer sejak Windows 2000, XP, Vista, 7, dan 8. Oleh karena itu, dengan mudah smartphone akan dikira komputer oleh Windows Phone 8.

3. Smartphone pilihan Siri adalah Nokia

lensaterkini.web.id - Siri adalah aplikasi asisten kebanggaan Apple. Kepada Siri, Anda bisa bertanya tentang apapun dengan perintah suara pada iPhone dan iPad Anda. Namun ternyata Siri hanyalah aplikasi biasa yang tentu jauh dari sempurna.

Pada 2012 lalu, sebuah bug menjangkit Siri, sehingga jika Anda bertanya "Apa ponsel terbaik saat ini?" Siri akan menjawab "Nokia Lumia 900 4G." Dengan tanpa rasa bersalah, Siri merekomendasikan smartphone kompetitor pada pengguna Apple.

Hal ini ternyata terjadi karena Siri hanya bertugas sebagai penerima perintah, di mana Siri menyambungkan perintah tersebut ke Wolfram ALpha, sebuah mesin komputasional yang punya database tentang pengetahuan apapun. Wolfram Alpha ini dioperasikan oleh perusahaan lain. Berdasarkan review rata-rata dari konsumen, Wolfram Alpha berkesimpulan bahwa smartphone terbaik adalah Nokia.

Setelah peristiwa ini, Apple membenahi jawaban tersebut. Akhirnya, jika Siri ditanyai pertanyaan serupa, dia akan menjawab "Anda bercanda, kan?" atau "Ponsel yang Anda pegang," seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. 'Bayi Setan' di The Sims 3

The Sims adalah game simulasi kehidupan berbentuk strategi yang dikembangkan oleh The Sims Studio dan EA. Game ini merupakan salah satu game paling laris di dunia. Namun video game tentu punya beberapa hal yang membuatnya kurang sempurna. Salah satunya adalah di The Sims 3 yang beberapa pakaian yang seharusnya hanya bisa dipakai orang dewasa, bisa dikenakan oleh bayi.

Akhirnya bayi tersebut punya tulang yang 'molor' dan punya tangan dan jari-jari yang panjang. Tak cuma itu, hasil dari bug ini jadi seperti orang dewasa yang kepalanya tak terletak di atas, namun berada di kaki dan itupun berbentuk kepala bayi. Tak heran bug ini dijuluki bayi setan.

5. Anak kecil bisa main game dewasa di XBOX

lensaterkini.web.id - XBOX One buatan Microsoft punya cara untuk mencegah anak bermain game untuk orang dewasa. Hal ini bisa dilakukan dengan sistem akun, yang tiap akunnya diproteksi password untuk masuk.

Pada 2014, seorang anak 5 tahun menemukan bahwa dia bisa masuk ke akun XBOX One milik ayahnya hanya dengan memasukkan password salah di percobaan pertama, lalu spasi di percobaan kedua. Bug ini membuat sang anak bisa memainkan seluruh game ayahnya yang tak jarang berisi kekerasan dan juga 'buka-bukaan'.

Sang ayah akhirnya melaporkan hal ini ke Microsoft dan Microsoft segera menerbitkan patch baru untuk Xbox One. Sang anak yang bernama Kristoffer Wilhelm von Hassel, oleh Microsoft dimasukkan dalam daftar 'peneliti keamanan' resmi Microsoft di 2014. Sang anak dijuluki oleh netizen sebagai peretas topi putih termuda di dunia.

6. Bank yang bangkrut karena bug tagihan listrik

Seorang pasangan dari Inggris, berencana berganti supplier listrik dari Scottish Power ke NPower (semacam PLN jika di Indonesia, namun tersedia banyak pilihan). Tagihan bulan pertama di Npower cukup mengejutkan, yakni angka yang jika dikurskan mencapai 1.200 milyar Rupiah.

Ternyata ini terjadi karena bug pada komputer yang secara otomatis mengkalkulasi jumlah meteran dan menerjemahkannya jadi tagihan. Komputer tersebut salah menerjemahkan meteran karena programmer tidak menyadari bahwa meteran yang disetel manual punya setelan yang berbeda pula di tagihan.

Uniknya, tagihan tersebut hampir membuat bank bangkrut karena tagihan yang langsung dipotong ke rekening tersebut bahkan lebih besar dari nilai aset dari bank yang menaunginya.

7. Bill Gates mendemokan fitur Windows yang ternyata miliki bug fatal

lensaterkini.web.id - Microsoft Windows 95 rilis pada Agustus 1995, dan mencapai penjualan luar biasa hanya dalam beberapa bulan rilis. Setelah lewat dalam beberapa tahun, Microsoft mencoba merilis Windows 98. Perkenalan pertamanya adalah di COMDEX COnvention yang merupakan pameran komputer terbesar saat itu.

Pada versi beta Win98, Bill Gates dan Chris Capossela mendemonstrasikan fitur Plug and Play dengan perangkat tertentu pada Win98. Saat itu perangkat yang digunakan adalah scanner. Ketika ditancapkan di komputer demo, bukannya scanner bisa langsung digunakan, layar justru menunjukkan 'Blue Screen' yang mengindikasikan fatal error.

Capossela buru-buru mematikan layar, dan semua penonton tertawa bahkan bertepuk tangan dengan kencang. Momen ini tentu ditertawakan oleh orang di seluruh Amerika Serikat karena saat itu WIndows 98 adalah raksasa teknologi yang acaranya bahkan disiarkan langsung oleh CNN. Untung Bill Gates mencairkan suasana dengan menimpali dengan spontan "inilah mengapa kami masih belum menjual Windows 98."

8. Minecraft bisa buat 'air mancur kucing'

Minecraft adalah video game 'sandbox' yang sangat populer di anak-anak. Para pemain bisa membangun apapun tanpa batasan. Jadi dalam semesta Minecraft apapun bisa terjadi. Salah satunya hal absurd berupa air mancur kucing.

Salah satu tipe binatang jinak di Minecraft adalah kucing, yang akan mengikuti Anda ke mana pun Anda berjalan. Bahkan jika Anda terlalu jauh, kucing ini bisa teleportasi untuk mendekat dengan Anda. Uniknya, Anda bisa membangun pilar yang sangat-sangat tinggi di tempat yang tepat di mana kucing akan berteleportasi.

Jika Anda punya banyak kucing yang mengikuti Anda, kucing akan berteleportasi ke sana, jatuh dari pilar tersebut, berteleportasi lagi, jatuh lagi, dan begitu seterusnya tanpa henti. Jadilah sebuah air mancur kucing.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Gadget
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola