5 Presiden Amerika Paling Buruk Dalam Sejarah Dunia

Setiap pemilu presiden memang sudah pasti akan membawa kekecewaan, tapi untuk Trump vs Hillary kemarin rasanya sangat tidak biasa. Ya, kalau kita lihat, para pendukung Hillary begitu terpukul atas kemenangan Trump. Tak hanya diam terhenyak, banyak dari mereka yang menangis sesenggukan. Seolah mereka tahu kalau akan banyak hal buruk yang terjadi di tanah Paman Sam nantinya.

Sejak awal sudah kontroversi dan penuh protes, Trump digadang bakal jadi presiden terburuk Amerika selanjutnya. Apalagi kalau mengutip pernyataannya sebelum ini yang bilang akan mengusir Muslim serta membangun tembok perbatasan di Meksiko kalau ia sukses jadi presiden. Tentang presiden terburuk Amerika, ternyata daftar semacam ini ada lho.

Isinya adalah nama-nama mantan presiden AS yang dianggap melakukan blunder besar atau mengambil manuver yang kontroversial. Lalu, siapa saja sih presiden Amerika yang dianggap sangat buruk? Simak ulasannya berikut ini.

1. James Buchanan, Presiden Sumber Petaka AS

lensaterkini.web.id - James Buchanan bisa dikatakan sebagai presiden terburuk yang pernah memimpin Amerika. Bagaimana tidak, berkat pria inilah Amerika pernah bermandikan darah karena perang saudara. Diketahui, James membuat pernyataan kontroversial tentang gerakan pro perbudakan di Amerika.

Berawal dari sana, kemudian perpecahan antara orang-orang Amerika begitu cepat terjadi. Puncaknya adalah perang saudara yang menewaskan lebih dari setengah juta orang itu. Lantaran keputusan ekstrem yang dibuatnya, Buchanan pun turun pamor. Hingga akhirnya digantikan oleh Abraham Lincoln yang berhasil Menyudahi perang saudara di sana.

2. Warren G Harding, Presiden Paling Kontroversi di AS

Ada banyak alasan kenapa orang-orang Amerika menganggap Harding adalah presiden terburuk sepanjang masa. Ya, presiden yang memimpin antara tahun 1921-1923 ini, pernah bikin kacau pemerintahan. Ketika itu ia diduga memasukkan orang-orang tertentu dengan tujuan untuk memudahkan dirinya menguasai mutlak Amerika.

Orang-orang yang dipilih oleh Harding memang tak ada yang benar. Masing-masing dari mereka diduga punya kepentingan pribadi sendiri-sendiri. Termasuk Menteri Dalam Negeri pilihan Harding yang bernama Albert B Fall. Pria ini diduga terlibat sebuah skandal berat yang akhirnya membuatnya dipenjara. Di samping aksi kongkalikong ini, Harding juga dianggap presiden yang sama sekali tidak kompeten.

3. George W Bush dan Keputusan Edannya

lensaterkini.web.id - Bush juga sering dikatakan sebagai presiden Amerika yang paling buruk. Alasannya tak lain karena berbagai keputusannya sukses membuat Amerika merana secara ekonomi serta menjadi jelek pamornya di dunia. Seperti yang kamu tahu, Bush adalah presiden yang menginisiasi penyerangan massal ke Irak dan Afghanistan.

Diketahui, wacana perang Bush saat itu menggunakan dana negara yang besar sekali hingga bikin ekonomi dalam negeri kacau. Lucunya, ia yang sejak awal ngotot mengatakan Irak dan Afghanistan menyimpan senjata pemusnah massal, ternyata tidak benar-benar mendapati hal tersebut. Ada yang mengatakan Bush hanya ingin menggulingkan Saddam dan menciptakan skema kekacauan di Timur Tengah yang awet sampai hari ini tersebut.

4. Barack Obama, Presiden Terburuk AS Semenjak Perang Dunia II

Dengan segala pamor serta kesederhanaan yang ada, tentu adalah hal yang aneh kalau sampai mendapati Obama berada di daftar presiden AS terburuk. Tapi, pada kenyataannya, ternyata banyak orang Amerika yang justru menganggap presiden yang pernah tinggal di Indonesia ini sangat buruk.

Hal tersebut diketahui dari sebuah polling yang dilakukan beberapa waktu lalu. Hasilnya sungguh mencengangkan. Obama berada di peringkat pertama presiden terburuk. Alasan kenapa sampai begitu adalah karena Obama dianggap tidak bisa memenuhi janji-janjinya. Kemudian juga tentang isu keamanan internasional di masanya pemerintahannya.

Misalnya intervensi AS di Libya yang sampai membuat pemimpin negara itu tewas. Tak hanya para koresponden, Trump juga pernah mengatakan kalau Obama akan dikenang sebagai presiden terburuk yang pernah menukangi Amerika.

5. Franklin Pierce, Presiden AS Paling Tidak Kompeten

lensaterkini.web.id - Dari semua presiden AS Franklin Pierce sering dianggap sebagai yang paling tidak kompeten. Alih-alih menggunakan kemampuan dan skill, Pierce lebih suka mengandalkan daya pikat serta wajahnya yang tampan. Dan mungkin karena hal itu juga menjadi sebab Pierce diusung oleh salah satu partai untuk jadi presiden. Pada pemilihan Pierce menang, namun selisih kemenangannya sangat tipis.

Selama menjadi presiden, Pierce dikenal sebagai pribadi yang plin-plan dan gampang dipengaruhi. Ia juga pernah memberikan keputusan kontroversial soal perbudakan. Jadi, ia menyerahkan urusan itu ke masing-masing wilayah sehingga bentrokan pun terjadi. Gara-gara ini pula bibit-bibit perang saudara di AS tumbuh subur.

Trump yang kerap dianggap rasis dan kontroversial, sepertinya mungkin akan benar-benar masuk dalam daftar ini. Bahkan mungkin tidak hanya di Amerika, Trump bisa jadi yang terburuk di dunia. Kita lihat saja bagaimana kiprah presiden nyentrik ini ke depannya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola