5 Peristiwa Besar Terjadi di Tanggal 31 Desember Yang Terlupakan

Dari semua jajaran tanggal yang ada, 31 Desember mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu hari paling unik. Alasannya apalagi kalau bukan karena posisinya sebagai pemungkas atau pengakhir. Makanya, tidak terlalu mengherankan kalau hari ini jadi yang paling ditunggu serta dirayakan besar-besaran bahkan oleh semua orang di berbagai belahan dunia.

31 Desember sendiri sebenarnya spesial bukan hanya karena posisinya sebagai penghujung, tetapi juga lantaran jadi tanggal di mana banyak peristiwa penting terjadi. Ya, mungkin tak banyak yang tahu kalau di 31 Desember ini dulunya pernah terjadi berbagai macam kejadian fenomenal. Bahkan beberapa peristiwa penting yang berhubungan dengan Indonesia juga terjadi di tanggal ini.

Masih soal si tanggal paling buncit, berikut adalah beberapa kejadian yang pernah terjadi di 31 Desember.

1. 31 Desember VOC Gulung Tikar

lensaterkini.web.id - Bagi Indonesia tanggal 31 Desember bisa dibilang adalah hari yang besar. Salah satu alasannya karena di tanggal itu, terjadi kemunduran luar biasa yang dialami oleh VOC yang keberadaannya sangat merongrong Indonesia. Di tanggal 31 Desember tahun 1799, VOC si perusahaan dagang Belanda itu bangkrut alias gulung tikar.

Bubarnya perusahaan itu dikarenakan mereka sudah tidak punya taji lagi dan mengalami kebangkrutan. Diketahui saat kelumpuhan itu, pemerintah Belanda langsung menyita semua aset-aset VOC, termasuk daerah-daerah kepemilikan di Hindia Belanda. Sayangnya, hancurnya VOC belum cukup untuk membuat Indonesia merdeka.

2. Tanggal Diputarnya Film Pertama Indonesia

Bagi para sineas Indonesia yang bukan abal-abal dan tahu sejarah, tanggal 31 Desember adalah hari besar untuk mereka. Alasan utamanya adalah karena di tanggal ini film pertama yang diproduksi di Indonesia ditayangkan perdana. Film ini berjudul Loetoeng Kasaroeng, dirilis tahun 1926.

Film ini disutradarai oleh dua orang Belanda bernama G. Krueger dan juga L. Hauveldorp, sedangkan bintangnya adalah para aktor-aktris pribumi. Cerita Loetoeng Kasaroeng sendiri berkisah tentang legenda Lutung Kasarung yang mungkin sudah kamu ketahui. Film ini pernah diremake dua kali yakni di tahun 1952 dan 1983.

3. Beatles Resmi Bubar

lensaterkini.web.id - Di satu sisi 31 Desember jadi hari yang paling ditunggu, tapi di sisi lain tanggal itu justru merupakan momen yang tak ingin diingat, terutama oleh para penggemar musik. Alasannya, pada tanggal tersebut ada peristiwa besar yang sungguh mengguncang jagat musik dunia. Di tanggal itu, The Beatles, grup musik kesukaan dunia, resmi bubar. Peristiwa itu terjadi di tahun 1970.

Kita takkan membahas alasan kenapa Beatles Bubar karena itu akan jadi satu bahasan yang sangat panjang. Namun yang jelas, bubarnya grup musik ini adalah satu kehilangan besar di dunia musik. Harus diakui mereka ini memberikan sumbangsih karya tak main-main, terbukti dengan pengaruhnya yang masih terasa sampai hari ini. Bukti lain kalau Beatles ini berpengaruh adalah masuknya nama mereka di daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah TIME.

4. Uni Soviet yang Agung Bubar

Ketika orang-orang di seluruh dunia berbahagia dengan datangnya 31 Desember, masyarakat Rusia yang fanatik nasionalis justru membenci hari itu. Alasannya adalah karena di tanggal tersebut Uni Soviet yang agung akhirnya dibubarkan. Ini adalah kejadian besar yang mungkin tak pernah diduga bakal datang.

Soviet adalah negara besar dan hebat. Bahkan mereka inilah yang melibas Jerman di Perang Dunia II dan akhirnya menyandang sebagai pemenang dari konflik terbesar sepanjang zaman tersebut. Sayangnya, di kemudian hari Soviet mengalami banyak cobaan. Mulai dari aksi-aksi kudeta sampai desakan pisah dari negara-negara koloni. Hingga akhirnya di tanggal 31 Desember tahun 1991 negara kuat ini pun resmi bubar.

5. Edison Pertama Kali Mendemonstrasikan Lampunya di Muka Umum

lensaterkini.web.id - Tanggal 31 Desember tahun 1879 mungkin jadi momen paling menggembirakan bagi orang-orang Menlo Park, New Jersey, Amerika. Bukan hanya karena tanggal itu bakal terjadi pergantian tahun, namun di waktu tersebut mereka mendapati kejadian luar biasa yang benar-benar mengubah hidup. Di tanggal itu, untuk pertama kalinya Thomas Alva Edison mendemonstrasikan lampu buatannya.

Konsep lampu sebenarnya sudah ada sejak 40 tahun lalu, namun hanya Edison yang mampu mengemasnya dengan bentuk dan desain terbaik. Itu pun kamu tahu tercipta dari ratusan percobaan ekstrem yang dilakukannya. Pada demonstrasi itu, Edison mencoba menyalakan lampunya di sebuah jalan. Ketika itu, orang-orang yang melihatnya rata-rata tercekat dan sangat antusias.

Lantaran 31 Desember adalah hari penting, maka tak ada salahnya kita memperlakukan tanggal ini dengan agak berbeda. Tidak melulu dengan pesta-pesta, tapi juga mengkaji lebih dalam tentang peristiwa-peristiwa apa yang terjadi di tanggal itu. Tujuannya selain untuk mendapatkan informasi, juga agar kita bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang ada.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading...
Back To Top
Silahkan lanjut baca
Agen Bola